Hari Perempuan Internasional; Kesuksesan Perempuan Dalam Dunia Seni Lukis

Hari Perempuan Internasional; Kesuksesan Perempuan Dalam Dunia Seni Lukis

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional, hari dimana sebagai momentum penting untuk merayakan keberhasilan dan perjuangan perempuan dalam berbabagi bidang, diantaranya politik, ekonomi, sosial dan lain-lain. Di Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, kambija, Kuba, Turkmenistan, Uganda, Ukraina menjadikan Hari Perempuan Internasional ini sebagai hari libur nasional, sedangkan Tiongkok dan Nepal hanya menjadi hari libur untuk perempuan saja. Cerita singkat tercetusnya Hari Perempuan Internasional adalah berawal dari tumbuhnya gerakan perempuan internasional yang menjadi titik temu untuk membangun dukungan bagi hak-hak perempuan.

Tidak seperti dulu, saat ini banyak perempuan yang menduduki posisi pemimpin dari berbagai aspek serta banyak perempuan sukses dalam bidang apapun, salah satunya dunia seni. Di era saat ini perempuan memiliki kebebasan untuk mengekspresikan dirinya diantaranya melalui seni. Bermunculan pelukis-pelukis hebat bergender perempuan dengan hasil lukisnya yang memukau. Berikut adalah 5 dari antara berjuta-juta pelukis perempuan dunia yang karyanya harus diapresiasi, yang karyanya tersedia di ARTI:

5 Pelukis Perempuan Dari Berbagai Negara dan Hasil Lukisannya

  1. Pajang Art – Indonesia
source: www.arti.id

Precilia Meirisa adalah nama dibalik project lukisan yang bernama “Pajang Art”. Artist ARTI asal Indonesia ini lahir di Jakarta pada tahun 1989. Precilia Meirisa merupakan seniman otodidak karena pada dasarnya beliau merupakan lulusan jurusan komunikasi. Namun sejak 2019, Precilia Meirisa fokus pada seni untuk mengeksplorasi banyak teknik, passion, dan identity-nya hingga akhirnya beliau membangun sendiri project karyanya yang bernama Pajang Art. Selain itu, saat ini Precilia Meirisa menjalani perannya sebagai guru lukis freelance si sebuah lembaga seni di Jakarta. Media dari karya lukis yang beliau buat adalah menggunakan akrilik dan cat air. Warna-warni keindahan koleksi lukisan Pajang Art bisa kamu temukan di www.arti.id lhoo.

  1. Viviana Gonzales – Chile
source: www.arti.id

Viviana Gonzales dalah seorang seniman asal Chile Colombia yang menempuh studi seni rupa dan estetika dan teori seni. Dengan bekal pendidikan di bidang pendidikan menghantarkan Viviana Gonzales sebagai seorang seniman yang telah mengadakan pameran di negara-negara seperti Swiss, Bolivia, Jerman, dan Kolombia. Karyanya berfokus pada isu-isu seperti ruang perkotaan dan pedesaan dan kartografi eksperimental terutama melalui instalasi. Saat ini beliau adalah kandidat PhD untuk program Fine Arts/Cultural theory of Zurich University of Fine Arts (CH)/University of Art and Design Linz (AT). Waaaah, keren banget yaa seniman ARTI yang satu ini.

  1. Raisa Zwart – USA
source: www.arti.id

Raisa Zwart adalah seniman ARTI yang berasal dari Negara Belanda. Fotografi adalah passion Raisa Zwart, sehingga beliau berkarya lewat fotografi dengan cara mendigitalisasikannya kemudian dikomersialkan. Menurutnya, fotografi adalah alat untuk menunjukkan kepada orang-orang bagaimana ia melihat dunia. Keabadian gambar serta kualitas gambar adalah salah satu titik fokus utama Raisa Zwart. Ia juga merupakan duta besar resmi Fujifilm X fotografer sejak 2019. Wahh keren yah? Yuk segera miliki karya-karya terbaik Raisa Zwart, hanya di www.arti.id!

  1. Dominique Vari – UK
source: www.arti.id

Dominique Vari adalah seniman ARTI asal United Kingdom yang juga merupakan pecinta alam. Oleh karena itu beliau ingin berbagi hal positif mengenai alam melalui seni modern yang penuh warna. Karya Seni yang ia ciptakan berupa ilustrasi, pola, seni motivasi dan permainan sederhana pada warna. Dominique Vari juga menggunakan pendekatan “less is more” untuk menciptakan seni yang khas dan membawa keindahan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Matisse, Paul Klee, dan Niky de St-Phalle adalah inspirator Dominique Vari dalam dunia seni lukis. Ada sekitar 100 koleksi lukisan terbaru dari Dominique Vari yang tersedia di website ARTI yaitu www.arti.id.

  1. Elisabeth Fredriksson – Sweden
source: www.arti.id

Elisabeth Fredriksson adalah seniman  yang berasal dari Sweden. Selain itu, beliau juga seorang pecinta alam. Seni dalam dirinya sudah mengalir saat ia lahir, Elisabeth tumbuh dengan peralatan lukis milik ibunya. Oleh karena itu sedari umur 10 tahun Elisabeth sudah banyak menghasilkan lukisan. Cat minyak dan cat air adalah media lukis yang beliau biasa gunakan. Selain dari melukis, Elisabeth juga mencintai seni fotografi. Pada tahun 2011, Elisabeth menekuni ilmu seni nya dengan belajar di sekolah seni, dan hingga akhirnya kini menjadi seniman.

Dalam kesempatan Hari Perempuan Internasional ini, mari kita merayakan perjuangan perempuan di bidang seni, termasuk di seni lukis. Pelukis perempuan di seluruh dunia telah menciptakan karya-karya indah dan inspiratif, menggambarkan kehidupan dan perjuangan perempuan di berbagai negara dan budaya. Oleh karena itu, selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh perempuan di Dunia terutama di Indonesia, Mari terus berkarya dan saling support untuk karya para perempuan lainnya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *