KARYA-KARYA CANTIK ALA THEFLOWDESIGN YANG TERINSPIRASI DARI TUMBUHAN

KARYA-KARYA CANTIK ALA THEFLOWDESIGN YANG TERINSPIRASI DARI TUMBUHAN

Hallo Artsy Peeps!

Kali ini kita interview salah satu artis dari Paris, yang mayoritas hasil karyanya adalah ilustrasi! Siapa lagi kalo bukan TheFlowDesign! Seperti biasa, dia akan mencoba untuk berbagi inspirasi tentang karya-karyanya, proses kreatif yang Ia lakukan dan pesan untuk kamu yang mau memulai perjalanan karir di bidang seni. Menarik kan? Oke, langsung aja yuk kita tanya-tanya! ?

1. Silahkan perkenalkan dirimu.

Hai! Saya Roxane, seorang seniman dari Paris, Prancis. Setelah bekerja beberapa tahun sebagai Desainer Grafis, saya menghubungkan kembali pada tahun 2017 dengan cinta pertama saya: Ilustrasi. Dalam mengejar keseimbangan dan aliran dalam kehidupan, saya telah menjelajahi ilustrasi sebagai cara untuk berhubungan kembali dengan diri sejati saya, alam dan keajaiban kehidupan dan alam semesta.
Karya-karya saya adalah penghargaan untuk Ibu Pertiwi dan sifatnya yang indah, mistis, dan magis! Meskipun alat utama saya adalah tinta dan cat air, saya menggunakan berbagai media untuk mengeksplorasi kreativitas seperti pensil, guas, pastel, dan alat digital. Melalui proses menciptakan dan berbagi, misi saya tidak hanya untuk menginspirasi secara visual tetapi juga untuk berbagi pesan cinta, kasih sayang dan pertumbuhan dengan dunia.

1. Please introduce yourself.

Hi! I’m Roxane, an artist from Paris, France. After working several years as a Graphic Designer, I reconnected in 2017 with my first love: Illustration. In a pursuit of balance and flow in life, I have explored illustration as a way to reconnect with my true self, nature and the magic of life and the universe. My pieces are a tribute to Mother Earth and its beautiful, mystical, magical nature! Although my main tools are inks and watercolors, I use a variety of mediums to explore creativity such as pencils, gouache, pastels and digital tools. Through the process of creating and sharing, my mission is not only to inspire visually but also to share messages of love, compassion and growth with the world.

TheFlowDesign

2. Apa yang Anda cinta sebelum 2017 dan ilustrasi? Bagaimana menemukan cinta ini untuk seni?

Seni dalam banyak bentuk dan bentuk selalu menjadi cintaku, sejak aku masih kecil! Sebagai seorang anak, saya pikir saya sudah mencoba semua kerajinan: menulis cerita dan musik (piano), menggambar, melukis, patung, keramik, menjahit, membuat perhiasan, semua kerajinan yang bisa dicoba oleh seorang anak, saya mencobanya, saya pikir haha! Saya tidak menguasai mereka, tetapi saya memiliki hasrat untuk menciptakan dan mengekspresikan diri melalui seni. Saya tahu suatu hari nanti saya akan mengeksplorasi lebih jauh dan menjadikannya pekerjaan saya untuk sementara waktu, tetapi saya sangat mencintai seni sehingga saya memutuskan sebagai remaja untuk mengesampingkannya dari segi karier terlebih dahulu, untuk menjaga sisi kreatif saya keluar dari tekanan untuk mencari nafkah dari itu. Begitulah cara saya mengejar karir di bidang seni arah dan desain grafis terlebih dahulu. Saya menemukan hal yang menarik untuk memahami dunia pemasaran dan komunikasi, bagaimana perusahaan besar menggunakan alat-alat itu dan bagaimana menggunakannya sendiri untuk membuat yang baik di dunia. Saya bekerja sebagai pekerja lepas, hanya memilih proyek yang selaras dengan nilai-nilai saya (yang tidak mudah dalam hal ini!) Tetapi setelah beberapa tahun, saya tahu sudah waktunya untuk menempatkan waktu dan energi saya ke dalam proyek saya sendiri dan itulah bagaimana saya menciptakan The Flow Design pada 2017. Sudah waktunya untuk kembali ke seni, pergi untuk itu dan lihat apa yang akan terjadi!

2. What was your love before 2017 and illustration? How did find this love for art?

Art in many shapes and forms has always been my love, ever since I was a very little kid ! As a kid, I think I tried all the crafts: writing stories and music (piano), drawing, painting, sculpture, ceramics, sewing, jewelry making, all the crafts a kid could try, I tried them I think haha! I didn’t master any of them but I had a passion for creating and expressing myself through art. I knew someday I would explore it further and make it my job for a while but I loved art so much that I decided as a teenager to put it aside career-wise first, in order to keep that creative side of me out of the pressure to make a living from it. That’s how I instead pursued a career in Art Direction and graphic design first. I found it fascinating to understand the world of marketing and communication, how big firms used those tools and how to use them myself to make good in the World. I worked as a freelancer, only choosing projects that aligned with my values (which isn’t that easy in this field!) but after a few years, I knew it was time to put my time and energy into my very own projects and that’s how I created The Flow Design in 2017. It was time to get back to art, go for it and see what would happen!

TheFlowDesign Wall Art Set

3. 2017 sangat baru, bagaimana Anda belajar cara menggambar karya luar biasa begitu cepat?

Baik sekali, terima kasih! Keterampilan menggambar saya sejujurnya tidak begitu baik ketika saya mulai walaupun saya sudah memiliki beberapa latihan dan pembelajaran ketika saya masih muda dan selama studi. Jadi saya memiliki dasar pada 2017 tetapi saya benar-benar mengembangkan keterampilan dan gaya saya dengan menggambar dan memposting 6 hari seminggu di akun IG saya selama berbulan-bulan. Itu memaksa saya untuk banyak berlatih, meningkatkan setiap waktu dan tidak terlalu banyak berpikir! Sampai hari ini saya masih belum mengikuti kelas atau mengikuti kursus atau tutorial (walaupun saya akan merekomendasikan semua orang untuk mengambil kelas!!), saya hanya membuat banyak sketsa, kemudian mencoba melakukan hal-hal baru, membuat sayap dan melakukan kesalahan, dan itu banyak mengajarkan saya, dan saya tingkatkan 🙂

Saya pikir dengan cara ini saya menghindari membandingkan diri saya dengan orang lain, saya hanya mencoba hal-hal yang muncul di kepala saya dan saya tidak dibatasi oleh satu set di ide kaku tentang bagaimana sesuatu seharusnya ditarik atau bagaimana kita seharusnya menggunakan tertentu bahan. Saya sudah melakukan pendekatan pada tinta dan cat air dengan improvisasi total dan saya masih melakukannya dengan setiap bahan baru yang saya coba. Saya tidak tahu bagaimana saya seharusnya menggunakannya dan saya hanya mencoba berbagai hal dengan mereka, yang mengarah pada hasil yang menarik, efek dan tekstur! Saya mencoba untuk bekerja dalam aliran, bersenang-senang, dan percaya diri. Dan seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk maju cepat, saran tradisional tetapi oh benar: latihan, latihan, latihan. Aku tahu, membosankan, tapi BENAR! 😉

3. 2017 is very recent, how did you learn how to draw amazing work so fast?

That is very kind thank you! My drawing skills honestly weren’t very good when I started although I had had some practice and learning when I was younger and during my studies. So I had some basis in 2017 but I truly developed my skills and style by drawing and posting 6 days a week on my IG account for many months. It forced me to practice a lot, improve every time and not overthink!
To this day I still haven’t taken a class or followed a course or tutorial (although I would recommend everyone to take classes!!), I just sketch a lot, then try to do new things, wing it and make mistakes, and it teaches me a lot, and I improve 🙂

I think this way I avoid comparing myself to others, I just try things that pop in my head and I’m not limited by a set in stone idea of how something is supposed to be drawn or how we’re supposed to use a certain material. I’ve approached ink and watercolor with total improvisation and I still do with each new material I try. I don’t how I’m supposed to use them and I just try things with them, which leads to interesting results, effects and textures! I try to work in flow, have fun, and trust myself. And like I said earlier, to progress quickly, the traditional but oh so true advice: practice, practice, practice. I know, boring, but TRUE ! 😉

TheFlowDesign Instagram

 

 

4. Anda memiliki banyak pekerjaan bunga yang indah! Kami melihat dari instagram Anda bahwa Anda adalah pecinta tanaman terbuka – ceritakan lebih lanjut tentang cinta ini!

Cintaku pada tanaman baru lahir tahun lalu, dan itu mengejutkanku sama seperti semua orang di sekitarku! Saya sangat dikenal untuk tidak merawat tanaman, tidak terlalu menyukai tanaman, bunga lebih sedikit, dan saya memiliki “ibu jari yang paling hitam”. Hari ini, tanaman adalah salah satu gairah obsesif saya, saya memiliki dan merawat lebih dari 30 tanaman di kamar saya dan mereka membawa saya semua kegembiraan di dunia serta banyak inspirasi seni! Jadi bagaimana ini bisa terjadi?

Yah, saya kira seni dan spiritualitas keduanya bekerja sama untuk mewujudkannya. Ketika saya berevolusi dalam beberapa tahun terakhir dalam perjalanan spiritual saya, saya mulai terhubung kembali dengan alam dan dipanggil untuk itu, mengagumi bahkan lebih dari sebelumnya semua keajaiban dan ciptaannya. Sebagai orang Paris yang lahir dan besar, Anda bisa mengatakan saya tidak tumbuh dekat dengan alam! Tapi saya mulai menginginkan koneksi ke sana.

Satu-satunya bunga yang pernah saya cintai adalah Poppy. Dan beberapa minggu setelah memulai akun IG saya pada tahun 2017, saya memiliki visi tentang poppy emas, membuatnya malam itu, dan itu adalah posting baru dan pribadi pertama yang saya unggah. Karya seni botani dan bunga pertama juga. Kemudian saya memiliki visi bunga abstrak dan membuatnya juga (koleksi SAGFT saya) dan itulah bagaimana saya mulai menggambar dan memposting lebih banyak seni botani. Setelah beberapa bulan mempelajari tumbuhan dan menggambarnya, saya merasakan perasaan! Saya masih enggan memiliki tanaman karena saya selalu menjadi “ibu jari hitam”, tetapi saya memutuskan untuk mengubah identitas ini tentang saya dan mengubah “ibu jari hitam saya menjadi hijau”. Saya belajar tanaman secara online dan dalam kehidupan nyata selama puluhan jam, dan sekarang saya cukup berpengetahuan dan baik dalam merawatnya 🙂 Saya sangat mengagumi dunia tanaman! Dan saya sangat senang bahwa tanaman menjadi tren karena saya pikir itu semua menghubungkan kita dengan alam dan mendekatinya dengan lebih hormat.

4. You have a lot of beautiful floral work! We saw from your instagram that you are an open plant lover – tell us more about this love!

My love for plants only was born last year, and it surprised me as much as everyone around me ! I was very much known to not give a care for plants, not particularly like them, flowers even less, and I had the blackest thumb. Today, plants are one of my obsessive passion, I own and care for over 30 plants in my room and they bring me all the joy in the world as well as tons of inspo for art! So how did this happen?

Well, I guess art and spirituality both teamed-up to make that happen. As I evolved in the past few years on my spiritual journey, I started reconnecting with nature and being called to it, admiring even more than before all of its wonders and creations. As a born and raised Parisian, you can say I didn’t grow up close to nature! But I started craving a connection to it.

The only flower I had ever loved was the Poppy. And a few weeks after starting my IG account in 2017, I had a vision of a golden poppy, made it that night, and it was my first new and personal post I uploaded. The first botanical and floral artwork too. Then I had visions of abstract flowers and made them too (my SAGFT collections) and that is how I started drawing and posting more botanical art. After a few months studying botanicals and drawing them, I caught feelings! I was still reluctant to own plants because I had always been a black thumb, but I decided to change this identity about me and turn my black thumb green. I studied plants online and in real life for dozens of hours, and now I’m quite knowledgeable and good at caring for them 🙂 I have lots of admiration for the plant world !  And I am so happy that plants are trending because I think it all connects us to nature and to approach it with a lot more respect

TheFlowDesign II

 

5. Juga, berapa besar tanaman menginspirasi Anda? Apa proses kreatif Anda?

Mereka menginspirasi saya BANYAK. Saya harus mengakui bahwa saya tidak sulit untuk terinspirasi, tidak pernah haha dan itu hal yang baik, tetapi karena saya suka tanaman, apa pun tentang mereka dapat menginspirasi saya saat ini! Bentuk, tekstur, warna, pola, kadang-kadang detail terkecil pada tanaman akan menginspirasi sepotong! Proses kreatif saya untuk karya seni botani jarang sama di setiap waktu, terutama karena saya sering melakukan pekerjaan abstrak, jadi saya tidak terbatas pada standar realistis dan itu membuat imajinasi saya menjadi liar. Kadang-kadang saya akan terinspirasi oleh bentuk tanaman dan membuatnya dalam gaya saya, kadang-kadang saya akan memiliki warna atau tekstur dalam pikiran dan menemukan tanaman / bunga untuk bekerja dengannya, dan banyak waktu saya hanya akan memiliki gambar pop di kepala saya sambil bersantai atau bermeditasi dan membuat sketsa untuk nanti. Seringkali, saya akan memiliki perasaan dan memikirkan bagaimana saya bisa mengubahnya botani di atas kertas, di lain waktu saya hanya akan menemukan tanaman / bunga yang menakjubkan dan melukisnya dengan gaya saya 🙂

5. Also, how much do the plants inspire you? What is your creative process?

They inspire me A LOT. I have to admit that I’m not hard to inspire, never been haha and it’s a good thing, but since I love plants, anything about them can inspire me currently! Shapes, textures, colors, patterns, sometimes the tiniest detail on a plant will inspire a piece! My creative process for a botanical artwork is rarely the same each time, especially since I often do abstract work, so I’m not limited to realistic standards and it lets my imagination run wild. Sometimes I will get inspired by a plant shape and make it in my style, sometimes I’ll have a color or texture in mind and find a plant/flower to work with it, and lots of time I’ll just have an image pop in my head while chilling or meditating and sketch it for later. Often, I’ll have a feeling and think of how I can turn it botanical on paper, other times I will simply find a stunning plant/flower and paint it in my style 🙂

Plant

6. Selain dari tanaman, kami juga mencatat Anda menyukai kosmos – beri tahu kami apa arti kosmos bagi Anda?

Ya, Cosmos adalah inspirasi besar bagi saya juga. Saya pikir bagi saya itu mewakili semua keajaiban, mistis, yang tidak diketahui, kemungkinan di dunia dan realitas kita! Ini misterius dan tidak terbatas, melamun dan puitis, luas dan tidak terdefinisi. Ini sihir murni 😉

6. Aside from plants we also note you love the cosmos – tell us what the cosmos means for you?

Yes, the Cosmos is a big inspiration to me as well. I think to me it represents all the magic, the mystical, the unknown, the possibilities in the world and our realities! It’s mysterious and unlimited, it’s dreamy and poetic, it’s vast and undefined. It’s pure magic 😉

COSMIC 3

 

7. Selain seni dan tanaman, apa lagi yang Anda sukai?

Saya orang yang sangat ingin tahu, jadi saya memiliki banyak hobi dan minat yang berbeda! Saya suka berlatih musik, yoga, meditasi, berkunjung, memasak, menulis. Saya sekarang berusia 30 tahun dan dalam usia dua puluhan saya belajar berbagai bidang di luar pekerjaan saya dan “studi resmi” seperti nutrisi, psikologi, kesehatan fisik dan mental. Saya bersemangat tentang spiritualitas dan bagaimana dunia dan manusia bekerja sehingga saya menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan berbicara tentang topik ini dan masalah sosial dan lingkungan. Saya rasa saya hanya bergairah tentang dunia di sekitar saya dan semua yang ada di dalamnya sehingga saya terus-menerus memberi energi pada pemahaman, mengalaminya, dan memperbaikinya! Saya kira sisi saya yang belum terlalu terlihat online adalah sisi aktivis saya, itu adalah bagian yang dengan malu-malu saya pisahkan dari seni tetapi akan berubah 🙂

7. Besides art and plants, what else do you like to do?

I’m a very curious person, so I have lots of different hobbies and interests! I love practicing music, yoga, meditation, traveling, cooking, writing. I am now 30 and in my twenties I studied various fields outside of my work and “official studies” such as nutrition, psychology, physical and mental health. I am passionate about spirituality and how the world and humans work so I spend a lot of time researching and talking about these topics and social and environmental issues. I guess I’m just passionate about the world around me and everything in it so I constantly put energy into understanding, experiencing it and fixing it! I guess the side of me that’s not very visible online yet is my activist side, that’s a part I’ve shyly separated from art but it’s going to change 🙂

8. What advice do you have for people who want to start drawing?

Do it, just do it. Don’t overthink it. If you feel like sketching a lot of abstract stuff, practice that and enjoy the process of discovering the fun things that pop onto paper, if you feel like studying realistic subjects, get focused, practice, never judge yourself and keep practicing to improve.  Take classes (there are tons of free and great options online) if you want to speed-up the learning process. Get inspired but don’t copy, find in yourself your personal style by listening to your inner-voice without any limitations. Art is fun, so have fun with it! Keep practicing in all the ways you wish and the magic will happen 😉

8. Nasihat apa yang Anda miliki untuk orang yang ingin mulai menggambar?

Lakukan, lakukan saja. Jangan terlalu memikirkannya. Jika Anda merasa ingin membuat sketsa banyak hal abstrak, berlatihlah dan nikmati proses menemukan hal-hal menyenangkan yang muncul di atas kertas, jika Anda ingin belajar mata pelajaran yang realistis, fokus, berlatih, jangan pernah menilai diri sendiri dan terus berlatih untuk meningkatkan. Ambil kelas (ada banyak pilihan gratis dan bagus online) jika Anda ingin mempercepat proses pembelajaran. Dapatkan inspirasi tetapi jangan menyalin, temukan dalam diri Anda gaya pribadi Anda dengan mendengarkan suara hati Anda tanpa batasan. Seni itu menyenangkan, jadi bersenang-senanglah dengannya! Teruslah berlatih dengan semua cara yang Anda inginkan dan keajaiban akan terjadi;)

Sekian interview kita dengan TheFlowDesign. Jadi bisa kita simpulkan bahwasanya banyak sekali barang-barang dan makhluk hidup di sekitar kita yang sangat bisa untuk dijadikan inspirasi dalam membuat sebuah karya. Namun perlu diketahui juga bahwa karya yang indah bukan hanya ditentukan oleh sebuah objek, namun juga ditentukan oleh hati. Apakah kamu sudah menggunakan hati dalam membuat karya senimu?

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *