6 Dekorasi Rumah Untuk Perayaan Tahun Baru Imlek dan Maknanya, Nomor 4 Wajib Punya!

6 Dekorasi Rumah Untuk Perayaan Tahun Baru Imlek dan Maknanya, Nomor 4 Wajib Punya!

Selamat Tahun Baru Imlek 2023 bagi seluruh masyarakat Tionghoa di Indonesia yang bertepatan pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023. Perayaan tahun baru imlek menjadi ajang berkumpul dan berdoa bersama dengan sanak keluarga juga kerabat. Harapan-harapan dipanjatkan agar dalam satu tahun kedepan dapat dikaruniai keberuntungan. Seperti halnya harapan dalam setiap dekorasi yang menghiasi tempat berkumpul dengan sanak keluarga seperti rumah. Masyarakat Tionghoa mempercayai ada beberapa dekorasi-dekorasi yang wajib menghiasi rumahnya dikarenakan ada makna-makna dibalik barang-barang tersebut. Apa sajakah itu? Baca sampai habis kalau kamu ingin tahu.

6 Hiasan Rumah Saat Tahun Baru Imlek, Nomor 4 Kamu Wajib Punya!

  1. Lentera Merah
Source : gettyimages.com

Lentera atau lampion berwarna merah memang sangat ikonik sebagai budaya Tiongkok, terlebih untuk dekorasi hari-hari besar seperti salah satunya adalah perayaan tahun baru imlek. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, dengan mengantung lentera di depan pintu maka dianggap dapat menjauhkan dari nasib buruk. Selain itu, dapat juga menjadi simbol kebahagiaan dan keberuntungan jika digantung di tempat lain.

  1. Kuplet Tahun Baru Imlek
Source : @ryanking99

Kuplet tahun baru imlek juga dikenal dengan sebutan “chunlian” yaitu sepasang potongan kertas merah yang berisi frasa puitis yang dibuat dari tinta emas atau hitam. Dengan memajang kuplet ini di pintu atau dinding rumah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kekayaan ke rumah kamu. Adapun frasa yang ditulis memiliki arti tertentu seperti penyampaian harapan-harapan baik di tahun baru, ungkapan-ungkapan lucu, kata-kata insprirasi dan kata cerminan suasana hati dan kekhawatiran masyarakat saat ini.

  1. Potongan Kertas
Source : gettyimages.com

Dekorasi tahun baru imlek lainnya adalah potongan kertas yang bermotif dan berbentuk berbeda-beda. Budaya ini banyak digunakan oleh masyarakat Tiongkok bagian utara dan tengah sejak dahulu kala. Pada tahun baru imlek potongan kertas ini ditempelkan di pintu atau jendela. Adapun maknanya adalah untuk menggambarkan keinginan yang berbeda-beda. Seperti misalnya kertas yang berbentuk gambar dan binatang. Gambar bebek menandakan cinta dan pohon pinus menggambarkan masa mudah abadi.

  1. Lukisan Baru
Source : www.arti.id

Dekorasi yang wajib ada dalam perayaan tahun baru imlek lainnya adalah lukisan. Lukisan yang memiliki makna-makna tertentu. Seperti lukisan dewa-dewi, lukisan pohon-pohon yang dipercaya membawa keberuntungan. Lukisan pohon jeruk melambangkan simbol keberuntungan, panjang umur dan kedekatan hubungan keluarga. Hal itu dikarenakan pohon jeruk memiliki banyak manfaat dan buah jeruk dalam pohonnya selalu berkumpul dan menyata saat berbuah. Adapun lukisan-lukisan tema imlek atau tema lainnya bisa kami temukan di website arti di www.arti.id.

  1. Hiasan Bunga Mekar
Source : romiximage.com

Bunga mekar di tahun baru imlek dipercaya sebagai simbol kelahiran kembali. Seperti karangan bunga yang terbuat dari plum, bunga bambu, cabang pohon pinus, dan bunga-bunga lainnya. Adapun bunga pohon plum melambangkan ketekunan, bambu melambangkan fleksibilitas dan pinus hijau melambangkan umur panjang. Perayaan tahun baru imlek juga berlangsung saat pergantian musim dari musim dingin ke musim semi yang mana musim semi identik dengan bermekarannya bunga. Sehingga hiasan bunga mekar menjadi salah satu dekorasi pada saat perayaan tahun baru imlek.

  1. Pohon Keberuntungan
Source: @hanoiphotography

Dalam masyarakat Tionghoa, pohon berbuah dipercaya dapat membawa keberuntungan. Pohon mandarin, kumquat dan jeruk menjadi dekorasi yang populer untuk perayaan tahun baru imlek. Biasanya pohon jeruk diletakkan. di depan pintu untuk menyambut para tamu. Adapun untuk pohon kumquat melambang emas dan keberuntung. Hal itu sebagai pengharapan tahun baru ini akan dikaruniai keberuntung secara fisik maupun materi.

Demikianlah 6 dekorasi yang biasa digunakan untuk menghiasi rumah pada saat perayaan tahun baru imlek. Dari ke-6 dekorasi tersebut memiliki maknanya tersendiri. Salah satunya adalah lukisan-lukisan tertentu yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. ARTI dapat menyedikan lukisan untuk perayaan imlek atau sekedar untuk menghiasi rumahmu. Lukisan pohon, arsitektur, hewan, pemandangan dan lain-lainnya tersedia lengkap di ARTI. ARTI juga menyediakan jasa konsultasi gratis untuk membantumu mendiskusikan lukisan yang cocok untuk ruanganmu. Segera kunjungi www.arti.id atau hubungi tim Art Consultant kami di nomor whatsapp berikut yuk!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *