[ARTIST INTERVIEW] DOMINIQUE VARI : MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN DOMINIQUE VARI

[ARTIST INTERVIEW] DOMINIQUE VARI : MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN DOMINIQUE VARI

Dominique Vari adalah seniman ARTI asal United Kingdom yang juga merupakan pecinta alam. Oleh karena itu beliau ingin berbagi hal positif mengenai alam melalui seni modern yang penuh warna. Karya Seni yang ia ciptakan berupa ilustrasi, pola, seni motivasi dan permainan sederhana pada warna. Dominique Vari juga menggunakan pendekatan “less is more” untuk menciptakan seni yang khas dan membawa keindahan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Matisse, Paul Klee, dan Niky de St-Phalle adalah inspirator Dominique Vari dalam dunia seni lukis.

Nah pekan kemarin tim ARTI berkesempatan mewawancarai langsung Dominique Vari. Baca artikel ini sampai habis ya untuk tahu lebih banyak seputar Dominique Vari!

Siapakah Dominique Vari?

PERTANYAAN PERTAMA:

  • Sangat senang mengenal Anda lebih jauh, ceritakan kepada kami mengenai tentang diri Anda? 

Dominique Vari: “Hidupku adalah semua tentang passion. Saya bersemangat tentang semua hal yang saya lakukan. Saya suka menyebut diri saya ‘penjelajah Kreatif’ dan suka berbagi hal positif melalui Seni modern dan penuh warna. Saya berkarya setiap hari, kadang-kadang muncul dengan ide-ide baru, dan selanjutnya memvisualisasikannya. Ketika saya masih muda, saya sangat sporty dan ini membantu saya untuk menjadi bertekad, fokus dan kompetitif bukan dengan orang lain, tetapi dengan diri saya sendiri. Secara tidak sengaja, saya memulai kursus desain grafis, awal dari perjalanan kreatif saya. Berasal dari Brussel, Belgia, saya telah tinggal di London selama 27 tahun. Misi saya adalah berbagi kepositifan melalui kreasi modern, penuh warna dan minimal. Seni eklektik saya bervariasi dari tipografi, ilustrasi, desain pola, fotografi, seni abstrak & digital. Sering terinspirasi oleh Alam, saya memiliki minat khusus pada gaya modern Abad Pertengahan dan Alam tropis. Bahan favorit saya adalah warna. Saya membuat koleksi seputar tema yang penting bagi saya, seperti Pemberdayaan Wanita, Kesehatan dan Kesejahteraan, Kepositifan, dan seni abstrak sederhana yang membuat Anda merasa nyaman!”

  • Super thrilled to get to know you more, tell us as much or as little as you want about yourself?

Dominique Vari:  “My life is all about passions. I’m passionate about everything I do. I like to call myself a ‘Creative explorer’ and love sharing positivity through modern and colourful Art. I create everyday, some days coming up with new ideas, some others visualising them. When I was young, I was very sporty and this helped me to become determined, focussed and competitive not with others, but with myself. Totally by accident, I started a course in graphic design, the beginning of my creative journey. Originally from Brussels, Belgium, I have been based in London for 27 years. My mission is to share positivity through modern, colorful and minimal creations. My eclectic art varies from typography, illustrations, pattern designs, photography, abstract & digital art. Often inspired by Nature, I have a particular interest in Mid-Century modern style and tropical Nature. My favorite ingredient is color. I create collections around themes that matter to me, such as Women’s empowerment, Health and Well Being, Positivity and simple abstract art that makes you feel good!”

PERTANYAAN KEDUA:

  • Kapan Anda mulai menciptakan seni, dan bagaimana Anda melakukannya?

Dominique Vari: “Saya telah berkreasi selama yang saya ingat tetapi ketika saya masih muda, saya dengan jelas diberitahu bahwa itu bukan pilihan.
Saya biasa menggambar sejak usia sangat muda dan sejak saya remaja, saya memiliki keinginan untuk membuat kartu ucapan untuk berkontribusi pada acara-acara khusus dalam kehidupan orang-orang. Ini adalah mimpi Namun, karir saya dimulai di Brussels dalam domain perusahaan. Terlatih sebagai desainer grafis dan tipografer, saya mendirikan studio saya pada usia 22 tahun, dan ketika saya pindah ke London 8 tahun kemudian, saya bekerja sebagai senior creative untuk agensi branding terkemuka. Pengalaman ini membantu saya mengembangkan perspektif yang saya gunakan untuk membuat desain saya, menggunakan pendekatan ‘kurang lebih’ dan membuat setiap proyek menjadi menarik. Saya menjadi ahli dalam Branding dan Kemasan, yang tidak sama dengan menjadi ‘Artis dan Desainer’. Saya menemukan Lisensi sekitar 10 tahun yang lalu dan menyadari bahwa saya dapat membuat koleksi saya sendiri sambil mempertahankan pekerjaan saya. Saya mulai dengan koleksi kartu ucapan dan sejak itu, terus mengeksplorasi gaya dan teknik baru untuk menemukan suara kreatif saya yang sebenarnya. Sesuatu yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Saya sekarang melisensikan karya seni saya pada berbagai macam produk di Amerika Utara, Inggris, Prancis, dan di toko-toko Print on demand.”

  • When did you start creating art, and how did you get into it?

Dominique Vari: “I’ve been creating for as long as I can remember but when I was young, I was clearly told that it was not an option…
I used to draw from a very young age and since I was a teenager, I had the desire to create greetings cards to contribute to special occasions of people’s lives. These were dreams however, my career began in Brussels in the corporate domain. Trained as a graphic designer and typographer, I set up my studio aged 22, and when I moved to London 8 years later, I worked as senior creative for leading branding agencies. This experience helped me to develop the perspective that I used to craft my designs, using a ‘less is more’ approach and making every project exciting. I became an expert in Branding and Packaging, which is not the same as being an ‘Artists and Designer’. I discovered Licensing about 10 years ago and realised that I could create my own collections whilst keeping my day job. I started with a greetings card collection and since, have continued exploring new styles and techniques to find my true creative voice. Something that will keep evolving with time. I now license my art on a great variety of products in North America, the UK, France and on Print on demands shops.”

PERTANYAAN KETIGA:

  • Siapa / apa inspirasi Anda untuk seni?

Dominique Vari: “Inspirasi datang dari apa yang saya lihat, baca, cium dan dengar. Dan Alam akan selalu menjadi sumber inspirasi yang hebat. Tentu saja, saya juga terinspirasi oleh artis favorit saya, seperti H. Matisse dan Niki de Saint Phalle, dan tema-tema seperti Empowering Women, Mental health, dan lebih umum lagi, apa pun yang dapat menunjukkan kepositifan dan optimisme. Menjual di toko ‘Print-on-demand’, saya menjadi lebih sadar tentang tren saat ini yang dapat memengaruhi pilihan saya dalam warna dan tema saat ini. Menggulir melalui IG saya, dan Pinterest memberi saya lebih banyak visual daripada yang bisa saya impikan. Saya ingat hari-hari awal tanpa SM, ketika saya harus membuat moodboard, butuh waktu berhari-hari. Sekarang Anda hampir mendapatkan terlalu banyak citra di internet, itu bisa membuat Anda kewalahan.”

  • Who/what are your inspirations for art?

Dominique Vari: “Inspiration comes from what I see, read, smell and hear. And Nature will always be a great source of inspiration. Naturally, I’m also inspired by my favourite artists, such as H. Matisse and Niki de Saint Phalle, and themes, such as Empowering Women, Mental health and more generically, anything that can suggest positivity and optimism. Selling on ‘Print-on-demand’ shops, I became much more aware about the current trends which can influence my choice in colour and current themes. Scrolling through my IG, and Pinterest is giving me more visually than I could dream of. I remember the early days without SM, when I had to create a moodboard, it was taking days. Now you nearly get too much imagery on the net, it can be overwhelming.”

PERTANYAAN KEEMPAT:

  • Anda memiliki banyak gaya seni yang berbeda, gaya apa yang menurut Anda adalah favorit pribadi Anda untuk dibuat?

Dominique Vari: “Meskipun saya sangat menikmati berkreasi dalam gaya yang berbeda, saya harus mengakui bahwa bermain dengan bentuk dan warna mungkin adalah hal favorit saya. Saya suka membuat kolase abstrak, lanskap minimal, dan komposisi geometris, yang selalu berkembang selama proses kreatif. Tapi… Saya harus bangga dengan seni yang menginspirasi perubahan.”

  • You have a lot of different styles of art, what style would you say is your personal favorite to create?

Dominique Vari: “Whilst I really enjoy creating in different styles, I must admit that playing with shapes and colours is probably my favourite thing. I love creating abstract collages, minimal landscapes and geometric compositions, which always evolve during the creative process to. But… I am must proud of art that inspires change.”

PERTANYAAN KELIMA:

  • Anda tidak hanya memiliki banyak gaya, tetapi Anda memiliki banyak karya seni. Apa saran Anda untuk membuat karya seni sebanyak itu? Apakah Anda berkreasi saat Anda menginginkannya atau selalu memaksakan diri untuk membuat karya seni?

Dominique Vari: “Saya berharap bisa membuat lebih banyak. Saya memiliki begitu banyak ide tetapi tidak dapat menghasilkan sebanyak yang saya inginkan karena waktu dan komitmen lainnya. Tidak ada dua orang yang memiliki sidik jari yang sama sehingga tidak ada dua orang yang akan membuat dengan cara yang sama. Beberapa karya seni yang saya buat sangat spontan. Beberapa lebih menantang yaitu saya mencoba untuk berpartisipasi dalam tantangan desain mingguan di @Spoonflower, yang memaksa saya untuk menjawab brief yang sering berada di luar zona nyaman saya. Saya juga mengeksplorasi cara-cara baru, tema dan teknik baru bila memungkinkan. Tidak ada resep tentang menciptakan sejumlah besar seni. Ciptakan saja apa yang Anda sukai untuk dikomunikasikan, terus kembangkan seni Anda dan ciptakan sesering mungkin untuk maju. Selama Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda berada di perjalanan yang benar. Kuantitas tidak wajib karena juga tergantung pada gaya artis. Bekerja secara digital itu nyaman dan memungkinkan saya untuk mengeksplorasi lebih banyak dan menciptakan lebih banyak.”

  • Not only do you have many styles, but you have a lot of artworks. What is your advice to create such a large amount of art? Do you create when you feel like it or always push yourself to make art?

Dominique Vari: “I wish that I could create more. I have so many ideas but cannot produce as much as I wish because of time and other commitments. No two people have the same fingerprints so no two people will create the same way. Some of the art I create is very spontaneous. Some is more challenging i.e I try to participate to a weekly design challenge on @Spoonflower, which forces me to answer briefs that are often outside of my comfort zone. I also explore new ways, new themes and techniques whenever possible. There is no recipe about creating a large amount of art. Just create what you love to communicate, keep evolving your art and create often to progress. As long as you love what you do, you are on the right journey. Quantity is not mandatory as it will also depends on the artist style. Working digitally is convenient and allows me to explore more and to create more.”

PERTANYAAN KEENAM:

  • Seni Anda sangat positif dan pengangkat suasana hati. Adakah tips atau kebiasaan harian yang Anda miliki untuk membawa getaran ini?

Dominique Vari: “Menurut saya, menjaga pikiran positif adalah kunci sukses hidup. Ketika saya masih muda, saya sering khawatir tentang hal-hal kecil yang tidak terlalu penting, sangat mudah kehilangan perspektif … Seiring waktu, saya belajar bahwa memprioritaskan itu penting, menginvestasikan energi seseorang dalam pertempuran yang tepat adalah wajib dan melepaskan hal-hal yang kurang penting adalah sikap terbaik yang dapat Anda miliki. Ini tidak berarti bahwa perjalanan saya setiap hari mudah, tetapi itu berarti saya ‘melatih’ diri saya untuk fokus pada hal-hal kecil yang membuat saya tersenyum, yang membuat perbedaan, yang membuat hari saya menyenangkan. Kita semua memiliki pilihan untuk fokus pada yang baik atau yang buruk dan pepatah umum ‘apakah gelas Anda setengah penuh atau setengah kosong’ adalah contoh sempurna. Situasi yang sama dapat dirasakan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Kita semua punya pilihan. Saya memutuskan untuk fokus pada kepositifan dan optimisme dengan pesan dan pilihan warna karena saya percaya bahwa terkadang, sedikit pengingat yang terlihat bagus secara visual bisa sangat membantu. Jika Anda bangun setiap hari dengan mengatakan, ‘Saya bisa melakukan hal-hal besar’, Anda akan melakukan hal-hal besar. Ini semua tentang pola pikir.”

  • Your art is very positive and such a mood lifter. Any daily tips or habits you have to carry this vibe?

Dominique Vari: “In my opinion, keeping a positive mind is the key to a successful life. When I was younger, I used to worry a lot about little things that don’t really matter so much, it is so easy to lose perspective… With time, I learned that prioritising is important, investing one’s energy in the right battles is mandatory and letting go of the less important things is the best attitude you can have. This doesn’t mean that my journey is easy everyday, but it means that I ‘trained’ myself to focus on the little things that make me smile, that make a difference, that make my day. We all have the choice to focus on the good or the bad and the common saying ‘is your glass half full or half empty’ is a perfect example. A same situation can be perceived differently by different people. We all have a choice. I decided to focus on positivity and optimism with messages and colour choices because I believe that sometimes, a little reminder that looks good visually can become a great help. If you wake up each day by saying, ‘I can do great things’, you will do great things. It’s all about mindset.”

PERTANYAAN KETUJUH:

  • Jika Anda hanya bisa melukis dengan 3 warna untuk menciptakan seni yang mewakili Anda, apakah itu dan mengapa? Merah muda, oranye, dan perona pipi 
Image from arti.id

Dominique Vari: “Lukisan ini terinspirasi dari Nude Matisse Saya merasa bahwa warna-warna ini penuh energi dan membawa sedikit sinar matahari. Saya suka harmoni dalam hidup saya.”

  •  If you could only paint with 3 colors to create an art that represents you, what would they be and why?Pink, orange and blush 

Dominique Vari: “Nude Matisse inspired. I feel that these colours are full of energy and bring a little ray of sunshine. I love harmony in my life.”

PERTANYAAN KEDELAPAN:

  • Saran untuk artis baru yang ingin masuk ke pasar Print on Demand?

Dominique Vari: “Ada banyak toko POD. Lihatlah gaya masing-masing dan lihat mana yang lebih relevan dengan gaya Anda.
Terlihat sedapat mungkin selalu merupakan hal yang baik. Jangan berharap untuk berhasil pada POD dalam semalam. Cobalah untuk terhubung dengan artis lain, dukung mereka dan mereka akan mendukung Anda kembali. Ini adalah proses yang lambat tetapi seiring waktu, Anda akan menemukan ‘POD ideal’ Anda.”

  • Advice for newer artists looking to get into the Print on Demand market?

Dominique Vari: “There are many POD shops. Look at the style of each one and see which is more relevant to your style.
Be visible wherever possible is always a good thing. Do not expect to succeed on a POD overnight. Try to connect with other artists, support them and they will support you back. It is a slow process but with time, you’ll find your ‘ideal PODs’.”

PERTANYAAN TERAKHIR:

  • Adakah yang ingin Anda sampaikan untuk pendukung/pembeli karya seni Anda di Indonesia?

Dominique Vari: “Saya hanya bisa berharap bahwa pembeli dan pendukung Anda akan menikmati karya seni saya seperti saya menikmati negara Anda.
Saya mengunjungi Bali sekitar 4 setengah tahun yang lalu untuk pertama kalinya dan kagum dengan kebaikan dan kemurahan hati orang-orang, keindahan alam tropis di tempat-tempat yang saya kunjungi. Saya berharap bahwa seni saya akan membawa beberapa hal positif dan ketenangan.”

  • Anything you want to say for supporters/buyers of your art here in Indonesia?

Dominique Vari: “I can only hope that your buyers and supporters will enjoy my art as much as I enjoyed your country.
I visited Bali about 4 and a half years ago for the first time and was amazed by people’s kindness and generosity, the beauty of tropical Nature in the places I visited. I hope that my art will bring some positivity and tranquillity.”

Demikianlah hasil wawancara dengan Dominique Vari, Wah sangat adorable person sekali yah. Nantikan Artist Interview ARTI selanjutnya. Kalau kamu mau request kepoin siapa lagi nih nextnya? Bisa kirimkan melalui dm di @arti.id.art yah!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *