DIGITAL ART VS CONVENTIONAL ART, MANAKAH YANG LEBIH UNGGUL?

DIGITAL ART VS CONVENTIONAL ART, MANAKAH YANG LEBIH UNGGUL?

Teknologi telah berkembang menjadi sebuah terobosan dalam banyak hal, salah satunya dalam hal lukisan. Dahulu kala banyak sekali lukisan yang dibuat secara konvensional, tentunya menggunakan canvas sebagai medianya, kuas dan cat, yang disebut Conventional Art. Namun, dengan berkembangnya teknologi, melukis sudah dapat digabungkan dengan proses pembuatan digital, atau yang sering kita sebut Digital Art. Secara kasar prosesnya sama dengan yang konvensional hanya media yang digunakan jauh berbeda. Digital Art dibuat dengan perangkat terkini yang didukung oleh software yang mumpuni. Memang tidak dapat dipungkiri, hasil karya yang dibuat secara digital memiliki daya tariknya sendiri, bukan berarti Digital Art dan Conventional Art bersaing. Melainkan keduanya memiliki target marketnya masing-masing. Meski tergolong sudah ketinggalan, art yang dibuat dengan cara konvensional masih banyak diminati, bahkan dengan harga yang fantastis, 10juta? 50juta? Atau bahkan 100juta? Belakangan saya dengar bahkan lukisan konvensional dilelang bisa sampai diharga 500juta – 1M. Angka yang fantastis bukan?

Saat ini Digital Art tidak kalah dengan Conventional Art, model dan design yang dibuat memiliki keindahan tersendiri yang berbeda daripada konvensional. Selain itu, hasil karya digital juga memiliki kesan yang kekinian, tidak ketinggalan jaman, minimalis, sehingga membuat interior rumah lebih fresh. Tapi jangan salah kaprah ya, bukan berarti Conventional Art tidak bikin ruangan menjadi lebih segar, kembali lagi, ini hanya soal selera saja ?

Di Arti.Id, kami menjual keduanya, baik yang dibuat secara konvensional maupun lukisan yang dibuat pure dengan digital. Namun, metode yang kita gunakan adalah metode cetak atau print. Sebagai contoh lukisan Irina Petrova ini dibuat secara manual, dilukis dengan kuas dan cat namun discan, lalu kami mencetaknya diatas media sesuai selera pelanggan kami, yaitu canvas ataupun premium photopaper.

Now, lets do some fun! Coba tebak, kalo gambar di bawah ini Digital Art atau Conventional Art? Atau kombinasi antara keduanya? ?

Jadi, mana yg lebih kamu minati? Digital Art atau Conventional Art? ?

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *