Indonesia Juara Dunia: 5 Cabang Olahraga Dan Para Atlet Berprestasi di Laga Dunia

Indonesia Juara Dunia: 5 Cabang Olahraga Dan Para Atlet Berprestasi di Laga Dunia

Akhir-akhir ini banyak sekali pagelaran ajang kejuaraan olahraga yang sedang atau sudah diselenggarakan, yang mana menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Asean Football Federation (AFF) Cup. Dengan adanya ajang-ajang tersebut masyarakat semakin menambah literasi terkait olahraga. Terlebih saat kabar kekalahan Indonesia dari Vietnam di AFF Cup. Namun tahukah kamu ada beberapa cabang olahraga Indonesia yang sudah mendunia lhoo, berikut adalah cabang-cabang olahraga yang sudah berprestasi di ajang kejuaraan dunia. Simak sampai habis yuk!

Cabang-Cabang Olahraga dan Para Atlet Indonesia Yang Berprestasi di Laga Dunia

  1. Panjat Tebing
Art by arti.id

Pada tahun 2018, cabang olahraga panjat tebing Indonesia pernah meraih gelar juara dunia di ajang bergengsi dunia yang bernama International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup yang bertempat di Negara Tiongkok. Adapun atlet yang meraih kejuaraan tersebut adalah Aries Susanti Rahayu yang memiliki julukan Spiderwoman karena kelihaiannya dalam memanjat tebing. Aries juga memecahkan rekor dunia terbaru sebagai rekor speed putri tercepat dalam kurun waktu 6,995 detik untuk dinding yang tingginya 15 meter. Berkat keahliannya, Aries mampu mengharumkan nama Indonesia kekancah dunia, wah keren yah!

  1. Tinju
Art by arti.id

Olahraga tinju Indonesia sudah harum namanya sejak kemenangan atlet bernama Chris John ajang kejuaraan dunia  yaitu World Boxing Association (WBA) dari kelas bulu yang melawan Oscar Leon mewakili Kolombia. Per 2020, Chris John juga telah meraih 18 kali gelar juara dunia sehingga termasuk Super Champion. Di sisi lain, saat ini juga banyak orang yang memilih olahraga tinju untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Tentunya dengan didampingi pelatih yang ahli di bidang tinju. Adapun manfaat dari olahraga tinju yaitu membakar kalori, menguatkan otot-otot tubuh, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, mengurangi stress, dan lain-lain.

  1. Bulu Tangkis
Art by arti.id

Bulu Tangkis Indonesia merupakan salah satu cabang olahraga yang paling disorot dunia dikarenakan prestasi-prestasi atletnya. Seperti Atlet Liliyana Natsir yang pada tahun 2022 tercatat dalam Hall of Fame BWF. Namanya semakin terkenal mulai dari kemengannya dengan pasangan mainnya bernama Tontowi Ahmad pada tahun 2016 di Olimpiade Rio karena telah meraih medali emas.  Selain itu pada periode sebelumnya sudah banyak atlet bulutangkis yang terkenal karena prestasinya seperti Taufik Hidayat, Susi Susanti, dan Rudy Hartono. Rudy Hartono sendiri adalah atlet generasi 60-an yang sudah mendunia sejak 1965 yang meraih gelar juara dunia All England sebanyak 8 gelar dan tercatat dalam Guinness World Records.

  1. Angkat Besi
Art by arti.id

Olahraga angkat besi adalah adalah cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban berat. Eko Yuli Irawan membuat harum nama Indonesia di mata dunia pada tahun 2020. Eko Yuli Irawan mendapat medali perak pada Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya Eko juga telah meraih kemenangan 4 olimpiade berturut-turut. Seperti di Olimpiade Beijing 2008 meraih medali perunggu di kelas 56 kg, di Olimpiade London 2012 meraih medali perunggu, dan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Selain Eko, ada beberapa atlet angkat besi yang meraih kejuaraan dunia lainnya seperti Windy Cantika Aisha, Luluk Diana, Rahmat Erwin dan lain-lain.

  1. Wushu
Art by arti.id

Wushu adalah olahraga seni bela diri yang berasal dari Negara Tiongkok. Adapun atlet wushu Indonesia yang mendunia salah satunya adalah Edgar Xavier Marvelo. Edgar meraih emas pertama untuk indonesia di perhelatan Asian Games 2018 dan meraih dua medali emas di SEA Games 2019. Pada tahun yang sama, Edgar juga mengumpulkan poin tertinggi di Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Shanghai, Tiongkok. Selain wushu, ada olahraga bela diri yang kita ketahui sejak jaman dahulu yang bernama kungfu, namun ternyata selama ini kita keliru karena di Tiongkok yang dimaksud kungfu yaitu lebih mengarah pada penguasaan seni/keahlian yang umum bukan semata-mata seni bela diri saja. Sedangkan wushu adalah nama cabang olahraga karena secara harfiah berasal dari kata “wu” artinya perang dan “shu” artinya seni dan disimpulkan wushu berarti seni bela diri.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 cabang olahraga berprestasi dari Indonesia yang banyak meraih kejuaraan dunia. Walaupun dunia persepakbolaan Indonesia belum mampu menembus kejuaraan dunia tetapi banyak cabang olahraga lainnya yang sudah berprestasi di kancah dunia. Maju terus dunia olahraga indonesia! Nah buat kamu yang hobi dengan dunia olahraga atau senang berolahraga, kini kamu bisa menaruh hiasan dinding bertema olahraga yang ada di arti.id lhoo, atau kamu juga bisa membuat semangat baru dengan mendekorasi ruangan olahragamu dengan lukisan dari arti.id. Penasaran koleksi tema olahraga yang tersedia di ARTI? yuk kepoin langsung aja di www.arti.id!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *