Inilah Ciri Khas Unik Arsitektur Rumah-Rumah di Jepang

Inilah Ciri Khas Unik Arsitektur Rumah-Rumah di Jepang

Menilik dari berita terkini, per 2023 sebanyak 9 Juta rumah di Jepang akan ditarik pemerintah setempat dikarenakan minimnya ahli waris atau ditinggali begitu saja dan menjadi kosong. Rencananya rumah-rumah tersebut akan dibagi secara cuma-cuma atau dijual dengan harga rendah oleh Pemerintah Jepang. Namun apakah kamu tahu bahwasanya rumah-rumah di Jepang memiliki keunikan tersendiri dibanding rumah pada umumnya, kira-kira apa ajakah keunikannya? Yuk simak artikel berikut ini hingga selesai yaah!

5 Ciri Khas Rumah-rumah di Jepang, Unik Banget!

  1. Genkan
Source: @japan.deco

Saat masuk rumah orang Jepang, hal pertama yang akan kamu temukan adalah area genkan. Genkan adalah ruang masuk khusus yang dirancang untuk melepas sepatu, didalamnya terdapat lemari atau kotak menyimpan sepatu. Dianggap unik karena genkan didesain lebih rendah dari ruangan yang ada di dalam rumah tersebut dikarenakan untuk melangkah menuju bagian rumah lainnya. Hal ini menandakan sebagai pemisah antara genkan dengan living space. Selain di rumah-rumah jepang, Genkan ini juga dapat kamu temkan di ruang ganti toko pakaian.

  1. Sliding Door atau Pintu Geser
Source: Getty Image

Sliding door tentunya sudah tidak asing lagi. Rumah Jepang sangat terkenal dengan interior yang menggunakan sliding door atau dalam sebutan bahasa Jepangnya adalah fusuma. Secara historis, pintu-pintu ini terbuat dari kertas atau sutra, dan beberapa dihiasi gambar dan dekorasi artistik. Walau terkesan tradisional, arsitektur pintu geser ini masih kamu temui di rumah-rumah modern di Jeoang saat ini dikarenakan pintu geser gaya jepang tradisional praktik dan dapat menghemat ruang dibanding pintu yang berengsel.

  1. Toilet Modern Jepang
Source: @navamin001

Negara Jepang merupakan negara yang perkembangan teknologi sangat berkembang pesat, oleh karena itu tentunya banyak hal-hal yang dikembangkan dengan modern dan canggih salah satunya adalah toilet yang biasa digunakan sehari-hari. Toilet di Jepang seringkali memiliki beberapa fitur unik. Fitur-fitur ini termasuk fungsi washlet yang menyemprot air hingga opsi pengeringan. Ada juga yang memiliki fitur fungsi untuk mengubah suhu dudukan toilet yang berguna saat musim dingin. Terakhir, sebagian toilet di rumah Jepang memiliki wastafel di atas toilet yang mana kamu dapat mencuci tangan ddengan air bersih yang kemudian dialirkan ke toilet.

  1. Kotatsu
Source: @navamin001

Kotatsu adalah meja yang memiliki pemanas dengan futon atau selimut diatasnya, yang mana dapat membuat orang-orang yang mendudukinya terasa tetap hangat saat musim dingin. Walau sangat tradisional, kotatsu masih banyak ditemukan sampai sekarang dan dapat kamu beli di toko rumahan seperti nitori. Dalam sejarahnya, kotatsu ditemukan sekitar abad ke-14 pada periode Muromachi. Saat musim dingin keluarga dalam rumah di Jepang akan di sekitar meja kotatsu agar tetap hangat.

  1. Floor Storage atau Penyimpanan Lantai
Source: Getty Image

Penyimpanan di rumah Jepang sedikit lebih rumit dari rumah di kebanyakan negara dikarenakan rumah di Jepang memiliki sedikit penyimpanan kecuali oshiire atau lemari futon. Oleh karena itu orang jepang menciptakan suatu ruang penyimpanan yaitu di bawah pijakan kakiny atau di dalam lantai. Penyimpanan lantai ini memiliki pintu kecil yang dapat dilepas dan didalamnya kamu bisa menyimpan bahan makanan seperti beras, sembako dll dalam jangka waktu yang lama. Penyimpanan lantai ini sering ditemukan di rumah-rumah orang Jepand di dapur, kamar mandi, atau di lemari.

Demikianlah 5 ciri khas rumah-rumah di Jepang yang unik dan beda dari rumah-rumah pada umumnya di negara lain. Tentunya diciptakan untuk memudahkan mereka dalam beraktivitas di dalam rumah. Kamu bisa adopsi ciri khas rumah Jepang untuk interior rumahmu lho atau kamu juga bisa menghadirkan nuansa japandi dalam rumahmu menggunakan lukisan-lukisan tema japandi yang bisa kamu beli di www.arti.id. Yuk cekout sekarang selagi ada diskon menarik spesial valentine 10%+14% lhooo… Jangan sampai kehabisan, serbu sekarangggg!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *