Tips Memilih Art Print Untuk Ruangan Kamu

Tips Memilih Art Print Untuk Ruangan Kamu

Tips Memilih Art Print Untuk Ruangan Kamu

 

Sebagai seseorang yang awam dalam bidang seni, kita sering kali bingung dalam memilih lukisan atau art print yang cocok untuk dipasang diruangan. Sering muncul pertanyaan, “bagus nggak ya?”, “cocok nggak ya?”, atau “mending mana nih?”. Well, itu hal yang sangat wajar terjadi ketika kita memilih suatu karya yang tidak ada standartnya. Ketika kita menilai suatu karya seni, tidak ada angka yang menjadi standart bahwa itu bagus atau jelek. Hanya bagaimana setiap individu melihat dan berpendapat akan karya seni tersebut.

Alhasil, setiap individu memiliki pandangan masing-masing dalam menilai karya seni. Ada orang yang menilai bahwa karya seni ini bagus banget, ada yang menilai kurang, malahan mungkin ada yang menilai jelek. Padahal tidak ada sebuah karya seni yang jelek. Karya seni merupakan ekspresi yang dikeluarkan oleh seorang seniman dan dituangkan ke dalam sebuah karya. Banyak elemen-elemen yang mempengaruhi seniman tersebut dalam membuat sebuah karya, bisa mood, referensi, pengalaman, atau malahan khayalan. Tapi yang pasti, there is no bad or wrong in art.

Living Room Design

Nah di Arti kita sering nih mendapatkan pertanyaan mengenai “kak, lukisan yang bagus yang mana ya?” atau “kak, ini cocok nggak ya sama ruangan aku?”. Pada akhirnya jawabannya tergantung. Tergantung apa nih? Tergantung pada tema ruangan kamu dan tema atau warna pilihan kamu. Kita sering bertanya kembali kepada customer mengenai tema ruangan dan warna pilihan agar menyesuaikan dengan lukisan atau art  print yang kita pilih. Tapi tetap ya, itu semua kembali ke kamu, kita di Arti bisa memberikan referensi lukisan yang cocok dengan ruangan kamu. Tapi pada akhirnya kamulah yang menentukan apakah lukisan ini cocok atau tidak.

Kita mau memberikan tips untuk kamu dalam memilih lukisan atau art print yang sesuai dengan ruangan kamu. Tips ini bisa bermanfaat untuk kamu yang masih bingung dalam memilih lukisan yang cocok. Ini dia tipsnya:

1. Cek Warna yang Dominan di Ruangan Kamu

Coba kamu lihat warna yang dominan diruangan kamu, apakah coklat, hitam, pastel, putih, atau gold. Dari warna yang dominan diruangan, kamu bisa menjadikan warna itu menjadi warna yang dipilih untuk lukisan atau art print. Atau pilih dua warna yang ada diruangan kamu, lalu kombinasikan dua warna tersebut di lukisan. Contoh pastel dan coklat. Kamu bisa mencari karya dengan warna pastel dan frame atau bingkai dari kayu.

Shop by Color

Di Arti kamu bisa loh mencari art print berdasarkan warna, caranya setelah kamu masuk ke www.arti.id, kamu pilih Tab Style dan pilih Shop by Color.

2. Tentukan Tema Lukisan Kamu

Nah ini yang biasanya banyak orang yang masih bingung, menentukan tema lukisan. Memang menentukan tema lukisan itu gampang-gampang susah karena terkadang kita mau temanya apa, eh pas di fitting di ruangan kok kaya nggak cocok ya. Pastikan dulu kamu tahu tema art print yang kamu mau, karena itu menentukan warna yang akan kamu pilih. Dua hal ini merupakan satu kesatuan yang krusial dalam memilih lukisan atau art print. Banyak tema yang bisa kamu pilih seperti abstrak, landscape, hewan, love, olahraga, dan lain-lain.

Shop by Style and Theme

Di Arti, kamu bisa memilih lukisan berdasarkan tema dari lukisannya. Caranya, setelah kamu masuk ke website arti, pilih Tab Style dan pilih Shop by Style atau Shop by Theme.

3. Pilih Canvas untuk Gambar yang Lebih Hidup.

Arti.id Canvas Print

Semua bentuk lukisan baik art print atau canvas print itu bagus hasilnya. Tetapi ketika kita melihat hasil di atas canvas, warna yang dikeluarkan lebih hidup. Hal ini karena bahan kertas canvas yang lebih bertekstur dan menjadikan warna yang dihasilkan lebih keluar. Kesan warna yang lebih hidup ini juga menambah nilai dari lukisan menjadi lebih mewah. Tidak aneh kalau harga lukisan canvas print lebih tinggi dibandingkan dengan art print. Tidak begitu jauh memang selisih harganya, tapi hasil yang didapat memang sebanding.

4. Sesuaikan Ukuran Ruangan

Ukur dinding atau tempat dimana lukisan mau dipajang. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam menentukan dimensi lukisan. Tema sudah oke, warna sudah oke, eh pas menentukan ukuran lukisan ternyata salah. Sayang banget kan. Jangan sampai lukisan terlihat tidak proporsional karena terlalu kecil atau terlalu besar. Tidak ada salahnya kita mengukur terlebih dahulu sisa space untuk memajang lukisan, jadi ukuran yang dipesan sesuai dengan ruangan.

Ukuran wallart print

Di Arti kamu bisa memiliki ukuran 20×30, 30×45, 40×60, dan 60×90. Kamu juga bisa loh custom ukuran di Arti.

5. Jangan Takut Bereksperimen

Arts by SisiAndSeb - Black and Bike, SisiAndSeb - People on the Beach, Andreas Lundskog - Organic Power

Ini yang terpenting, jangan takut bereksperimen dalam memilih lukisan. Ingat, tidak ada yang salah atau benar dalam memilih karya seni. Lukisan sebagai salah satu produk dari karya seni. Jadi kamu memiliki kebebasan dalam memilih dan berkesperimen. Kamu bisa mengkombinasikan tema lukisan, warna lukisan, frame lukisan, sampai dengan bahan dari lukisan itu. Semua itu dilakukan demi untuk mendapatkan sebuah lukisan yang cocok untuk dipasang di ruangan sesuai dengan selera kamu.

Itu dia tips dari kami dalam memilih lukisan untuk ruangan kamu. Mau melihat contoh inspirasi untuk ruangan kamu bisa cek disini. Di Arti, kamu bisa mendapatkan kebebasan dalam memilih  karya-karya seni dari seniman lokal dan internasional, linknya disini. Kamu juga bisa filter karya-karya tersebut berdasarkan warna dan tema. Jadi jangan takut ya untuk terus bereksperimen dan berkespresi dalam memilih lukisan. Untuk konsultasi dengan tim di Arti via whatsapp ke nomor 0811-1177-333 mengenai pilihan lukisan. Kami akan senang untuk membantu anda dalam memilih lukisan yang cocok untuk ruangan anda.

Sekian artikel ini, yuk baca-baca juga artikel menarik lainnya di blog Arti disini. Semoga kamu mendapatkan manfaat setelah membaca artikel ini. See you and Good bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *