Art Print VS Canvas Print, Mana yang Lebih Baik?

Art Print VS Canvas Print, Mana yang Lebih Baik?

Sebelum membahas terlalu jauh, perlu diketahui sebenarnya keduanya adalah sebutan dari produk lukisan dinding yang dijual di website www.arti.id. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya karena pada dasarnya keduanya sama-sama dicetak (bukan hand-made). Namun yang membedakan keduanya adalah media dari pencetakan lukisannya.

Art Print

Art Print, mungkin kalau diartikan kedalam Bahasa Indonesia menjadi “Seni Cetak”. Yah begitulah makna simpelnya. Seni cetak yang satu ini menggunakan premium photo paper sebagai media pencetakannya. Buat yang masih bingung, premium photo paper adalah salah satu jenis kertas foto namun dengan kualitas premium yang menjanjikan, tidak seperti photo paper pada umunya. Di ARTI, Art Print memiliki lebih banyak pilihan jenis framenya dan warna framenya. Contohnya, jenis frame fiber, kayu dan stainless. Untuk fiber pilihan warnanya ada dua yaitu hitam dan putih, jenis frame kayu juga ada dua yaitu kayu muda dan kayu tua, jenis frame stainless juga ada dua pilihan warnanya yaitu gold dan silver. Tidak ada yang mana yang lebih bagus, semua hanya bicara soal selera saja. Lain hal apabila kita bandingkan ketahanan antara jenis frame fiber dan kayu dengan stainless, jelas berbeda. Jenis frame stainless memiliki ketahanan yang cenderung lebih awet dibandingkan jenis frame fiber dan kayu. Untuk ukurannya sendiri, art print memiliki empat ukuran 20×30, 30×45, 40×60 dan 60×90 dalam sentimeter.

Satu hal lagi, apabila kamu memesan lukisan dinding art print di www.arti.id untuk semua jenis frame itu sudah termasuk kaca. Jadi bagian depan lukisan kamu sangat aman terlindungi oleh kaca tersebut sehingga tidak perlu khawatir terkena air, debu dan segala kemungkinan lainnya. Dan dari segi harga, art print memiliki rentang harga yang lebih murah dibandingkan canvas print.

Canvas Print

Canvas Print, adalah salah satu produk ARTI yang media pencetakannya menggunakan canvas. Disini banyak sekali yang salah persepsi. Pada pameran HOMEDEC 11-14 July kemarin, yang dimana ARTI menerima banyak pertanyaan seputar canvas print dari para pengunjung. Salah satunya pertanyaan mengenai, “apakah ini dilukis langsung oleh artisnya di atas canvas?” Jelas saja, jawabannya tidak.

Memang benar, ARTI telah bekerja sama dengan banyak ARTIS dari dalam dan luar negeri, dan banyak juga dari mereka yang melukis di atas canvas langsung. Namun disini yang perlu diluruskan adalah, mereka memberikan master dari lukisan mereka kepada ARTI dalam bentuk digital, artinya sudah di scan secara digital lalu kami yang mencetak. Kerja sama antara pihak ARTI dan artisnya pun jelas, ARTI punya kontrak dengan mereka. Dan mereka para artis akan mendapatan komisi disetiap hasil penjualan lukisan mereka. Dan untuk perihal transparansinya, itulah mengapa transaksi di ARTI hanya dapat dilakukan melalui website, agar mereka para artis bisa langsung memeriksa hasil penjualan lukisan mereka secara aktual.

Untuk spesifikasinya sendiri, produk canvas print di ARTI ini hanya memiliki tiga ukuran saja yaitu 40×60, 50×75, 60×90 dalam sentimeter. Dan untuk pilihan jenis framenya juga lebih sedikit daripada art print, yaitu fiber warna hitam dan putih selain itu kayu tua dan kayu muda. Canvas print juga tidak menggunakan kaca seperti art print. Saya rasa semua orang juga tahu ya hehehe..

Yang harus diperhatikan dari canvas print ini adalah perawatannya. Karena tidak menggunakan kaca sebagai pelindung lukisannya, ini memiliki risiko tinggi untuk terkena air, debu dll. Jadi apabila kamu memilih canvas print tempatkanlah di tempat yang minim risiko terkena air dan debu. Selain itu kamu juga bisa melakukan perawatan dengan membersihkan canvas print dengan kain lap yang sedikit basah tapi jangan ditekan, sapu dengan halus dan lembut saja. Mengenai harganya, canvas print memiliki rentang harga yang lebih mahal disbanding art print. Tapi kembali lagi semua soal selera hehehe..

Jadi kesimpulannya yang mana yang lebih baik? Apabila dibandingkan kami beranggapan bahwa art print adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mengingingkan lukisan dengan estetika yang cantik, harga yang lebih murah dan tidak mau memusingkan perawatan. Namun apabila kamu lebih mementingkan nilai utuh dari sebuah seni dan tidak masalah dengan perawatannya kamu boleh memilih canvas print.

Jadi, yang mana yang akan kamu beli di www.arti.id? Art Print atau Canvas Print?

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *