CERITA SERU DHIKA ANJANI, ARTIS TANAH AIR YANG MENGAMBIL STUDI ART DI JEPANG

CERITA SERU DHIKA ANJANI, ARTIS TANAH AIR YANG MENGAMBIL STUDI ART DI JEPANG

Hallo Artsy Peeps!

Kali ini kita interview salah satu artis dari tanah air, yang mayoritas hasil karyanya memiliki gaya ilustrasi! Siapa lagi kalo bukan DHIKA ANJANI! Seperti biasa, kita akan mencoba untuk tanya-tanya segala hal tentang seni, mulai dari pengalamannya sejak Ia memulai sebagai Artist sampai ke pengalaman unik lainnya! Menarik kan? Oke, langsung aja yuk kita tanya-tanya! 😊

1. Silahkan perkenalkan dirimu.

Hai, nama saya Triandhika Anjani, dari Jakarta, Indonesia. Saya tumbuh di Jakarta, dan pindah ke Jepang setelah sekolah menengah untuk belajar seni dan juga bahasa Jepang. Setelah melalui sekolah bahasa dan universitas, saya bekerja di Jepang selama beberapa tahun sebelum kembali ke Indonesia tahun ini. Jurusan saya selama kuliah adalah ilustrasi, dengan ilustrasi buku bergambar sebagai spesialisasi. Maka saya terus menggambar ilustrasi setelah lulus, sampai sekarang.

1. Please introduce yourself.

Hi, my name is Triandhika Anjani, from Jakarta, Indonesia. I grew up in Jakarta, and moved to Japan after high school to study art and also the Japanese language. After going through language school and university, I worked in Japan for a few years before returning to Indonesia this year. My major during university was illustration, with picture book illustration as the specialization. And so I continued drawing illustrations after graduating, until now.

Dhika Anjani

2. Buku Anak-anak! Jepang?! Wow ... ok mari kita mulai dari awal. Ceritakan lebih banyak tentang ketertarikan Anda pada ilustrasi anak-anak, ingatkah Anda bagaimana ini dimulai, dan apa yang paling Anda sukai tentang itu?

Saya ingat memiliki banyak buku bergambar anak-anak ketika saya masih kecil. Kebanyakan buku adalah "Saya bisa membaca buku" yang merupakan buku bergambar untuk anak-anak yang baru mulai membaca. Ini adalah buku bergambar dasar yang sangat pendek dengan cerita-cerita lucu, yang saya sukai. Karena saya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, saya menghibur diri dengan melihat gambar-gambar itu, dan membaca buku-buku bergambar itu. Mungkin minat saya pada buku bergambar anak-anak tumbuh dari sana. Saat ini, ada juga buku bergambar dengan nada yang lebih gelap dan cerita yang kompleks, yang saya percaya dimaksudkan untuk orang dewasa. Sesuatu yang saya sangat tertarik karena saya mengembangkan minat ini pada warna nada yang lebih gelap saat tumbuh dewasa.

2. Children's books! Japan?! Wow...ok let's start at the beginning. Tell us more about your fascination with children's illustrations, do you remember how it started, and what do you love most about it?

I remember having lots of children’s picture books when I was little. Most of them are "I can read books" which are illustrated books for children who are just starting to read. These are very short, basic picture books with amusing stories, which I love. Because I spent more of my time indoors, I entertained myself by looking at the drawings, and reading those picture books. Perhaps my interest in children's picture books grew from there. Nowadays, there are also picture books with a more darker tone and complex stories, which I believe are meant for adults. Something which I am very interested in because I developed this interest in darker tone colours while growing up.

Dhika Anjani with her Sketchbook

3. Apakah Anda memiliki buku favorit atau mungkin artis buku favorit?

Ada banyak artis yang saya suka dan kagumi. Tugas akhir kelulusan saya sangat dipengaruhi oleh "Arrival" yang ditulis dan diilustrasikan oleh Shaun Tan. Dunia yang ia ciptakan sangat fenomenal dan sangat khas. Karya-karya Arnold Lobel dan Dr. Seuss adalah yang paling saya nikmati selama masa kanak-kanak. Arthur Rackham mengilustrasikan banyak buku dongeng yang saya sukai, dan Quentin Blake membuat ilustrasi buku yang sangat jenaka, menyenangkan, dan cerah. Juga, dengan bantuan instagram sekarang ada begitu banyak artis hebat di luar sana yang karyanya saya nikmati online juga.

3. Do you have a favorite book or perhaps a favorite book artist?

There are lots of artists that I adore and look up to. My graduation work was heavily influenced by “Arrival” written and illustrated by Shaun Tan. The world he create is very phenomenal and very distinctive. Arnold Lobel and Dr. Seuss ‘s works are the ones I enjoyed a lot during childhood. Arthur Rackham illustrated a bunch of fairytale books which I love, and Quentin Blake makes very witty, fun, bright book illustrations. Also, with the help of instagram there are now so many wonderful artist out there whose work I enjoy online as well.

Arrival by Shaun Tan

 

 

 

4. Jadi kecintaan ini yang membawamu ke Jepang! Ceritakan lebih banyak tentang pengalaman itu kepada kami!

Pada awalnya, saya selalu ingin pergi ke sekolah seni tetapi tidak pernah berpikir untuk mengkhususkan diri dalam ilustrasi. Dengan belajar di Jepang, saya pikir itu bisa menjadi nilai tambah, karena selain pendidikan seni, saya bisa mendapatkan keterampilan bahasa baru, yaitu bahasa Jepang. Pengalaman belajar di Jepang sangat bagus. Meskipun saya kebanyakan berfokus pada studi saya selama dibangku universitas, saya mulai bergabung dengan pameran setelah lulus, sambil bekerja pada saat yang sama. Pameran sebagian besar berskala kecil, tetapi memiliki karya seni Anda di luar sana dan berinteraksi dengan para tamu dan artis lain adalah pengalaman hebat yang sangat saya nikmati. Ini seperti cara jaringan lainnya, dan membangun kehadiran Anda, tetapi lebih cocok untuk artis atau pencipta. Saya bahkan berkesempatan menjual karya seni saya selama pameran. Rasanya sangat memuaskan.

4. So this love brought you to Japan! Tell us a bit more about that experience!

At first, I always wanted to go to an art school but never thought of specializing in illustration. By studying in Japan, I thought it could be a plus, as beside the art education, I could earn a new language skill as well, which is Japanese. The experience of studying in Japan was great. Although I mostly focused on my studies during university year, I started joining exhibitions after graduating, while working at the same time. The exhibitions are mostly small scale, but having your artworks out there and interacting with guests and other artists was a great experience that I enjoyed very much. It's just like another way of networking, and building your presence, but more suited to artists or creators. I even had the opportunity of selling my artworks during the exhibition. It felt very fulfilling.

5. Bagaimana dunia seni di Jepang, apakah Anda merindukannya?

Saya pikir dunia seni di Jepang memiliki genre dan gaya yang sangat luas. Anda memiliki pertunjukkan besar dan populer seperti Tokyo Fashion Week, atau Comicon, atau Setouchi Art Triennale, yang mengubah seluruh pulau menjadi ruang galeri besar. Pameran lukisan yang dikuratori dari Eropa cukup sering, dan struktur mirip Seni ada di banyak tempat. Tetapi pada saat yang sama, bagi orang-orang yang menyukai seni sebagai hobi, mereka dapat bergabung dengan beberapa pameran terbuka oleh galeri-galeri kecil di sekitar kota dan memiliki tempat untuk menunjukkan karya mereka dan terhubung dengan orang lain. Ada sesuatu untuk semua orang.

5. How is the art scene in Japan, do you miss it?

I think that the art scene in Japan has a very wide range of genre and style. You have the big and popular shows like Tokyo Fashion Week, or Comicon, or Setouchi Art Triennale, which turns the whole island into a huge gallery space. Curated painting exhibitions from Europe are quite frequent, and Art-like structures are in many places. But at the same time, for people who enjoy art as a hobby, they could join some of the open exhibitions by smaller galleries around town and have a place to show their work and connect with others. There’s something for everyone.

6. Karya-karya Anda sangat ajaib dan pasti membawa kembali kenangan masa kecil. Ceritakan kepada kami tentang proses kreatif Anda, atau lebih khusus bagaimana Anda menghasilkan beberapa komposisi magis?

Gagasan awal tentang jenis karya seni bervariasi, tetapi saya sebagian besar dipengaruhi oleh perasaan saya sendiri, dan lanskap alam. Yang ingin saya lakukan adalah membuat ilustrasi adegan / momen yang tidak ada di dunia nyata. Misalnya, ketika saya melihat pemandangan danau yang indah, saya kemudian akan terinspirasi untuk membuat sesuatu berdasarkan pandangan itu tetapi cukup longgar (fleksibel). Paling sering saya akan mengubahnya agar terlihat digambar tangan, dan meningkatkan warna sepanjang jalan. Saya suka melapisi banyak warna untuk pekerjaan saya.

6. Your works are very magical and definitely brings back childhood memories. Tell us abour your creative process, or more specifically how do you come up with some magical compositions?

The initial idea of an artwork kind of varies, but I am mostly influenced by my own feelings, and nature landscapes. What I like to do is create illustrations of a scene/moment that doesn’t exist in the real world. For example, when I see a view of a pretty lake, I will then become inspired to create something based on that view but quite loosely. Most often I will alter it to look hand drawn, and enhancing the colours along the way. I love layering a whole bunch of colors for my work.

Wall Art Set Dhika Anjani

 

7. Alat apa yang Anda gunakan untuk membuat karya Anda?

Pensil, pena, kertas untuk sketsa dan garis seni. Yang kemudian dipindai untuk diwarnai dalam Photoshop. Saya menggunakan Wacom Intuos dengan Macbook saya untuk mewarnai. Akhir-akhir ini saya juga mulai mencoba digital penuh untuk garis seni dan warna.

7. What tools do you use to create your work?

Pencil, pen, paper for the sketch and line art. Which is then scanned to be colored in Photoshop. I use the Wacom Intuos with my Macbook for colouring. Lately I have also started trying full digital for the line art and color.

8. Kami menyukai kemampuan Anda untuk menghadirkan "kilau" dan cahaya, misalnya dalam "Wonder" karya Anda. Apa teknik ini disebut atau di mana Anda mengembangkan ini? Sekarang saatnya mematenkan ini sebagai milik Anda - apa yang Anda sebut 🤣?

Terima kasih banyak! Saya senang jika orang menikmati apa yang saya buat. Awalnya, saya selalu tertarik pada warna layering. Misalnya, ketika Anda menempatkan dua warna opacity rendah yang berbeda di atas kertas berdekatan satu sama lain, tempat di mana dua warna ini bertemu, menciptakan warna baru ketiga. Jadi dengan melapisi banyak warna berbeda, Anda bisa membuat kedalaman warna yang cukup rumit dan dalam ini. Selama di universitas, saya melakukan ini dengan cat akrilik, tetapi beralih ke digital pada tahun terakhir saya setelah menemukan bahwa lebih efisien untuk melakukan teknik ini secara digital. Dengan layering warna, nada keseluruhan juga akan menjadi sangat gelap. Saya masih suka nada gelap, tetapi pada saat yang sama saya tidak ingin itu terlihat terlalu berat atau memiliki suasana gelap. Saya rasa saya mencoba menciptakan kehangatan pada warna-warna gelap dan itulah sebabnya saya mulai menambahkan "kilau" itu. "Kilau" ini menciptakan efek bercahaya yang sangat bagus, sehingga saya merasa mengekspresikan perasaan saya dengan baik.

Sayangnya, saya belum memiliki nama untuk itu. Mungkin seseorang dapat membantu merekomendasikan nama untuk saya? Saya akan sangat senang jika orang dapat langsung mengenali karya seni saya dengan melihat "kilau" ini.

8. We love your ability to bring "sparkles" and light, for example in your work "Wonder". What is this technique called or where did you develop this? Now its time to patent this as your own - what would you call it 🤣?

Thank you very much! I’m glad if people enjoy what I made. Originally, I always had interest in layering colours. For example, when you place two different, low opacity colours on paper close to each other, the place where these two colours meet, creates a third new colour. So by layering a lot of different colours, you could create this depth of colour which is quite complex and deep. During university, I did this with acrylic paint, but switched to digital on my final year after discovering that it's more efficient to do this technique digitally. By layering colours, the overall tone will also become quite dark. I still like the dark tone, but at the same time I don’t want it to be seen as too heavy or having a dark atmosphere. I guess I was trying to create warmth on dark colors which is why I started adding those ”sparkles". These "sparkles" thus creates a really nice glowing effect, that I feel expresses my feelings well.

Unfortunately, I do not have a name for it yet. Perhaps somebody could help recommend a name for me? I would be very happy if people could recognize my artwork straight away by seeing these "sparkles".

Wonder by Dhika Anjani

 

9. Biarkan orang tahu apa yang Anda lakukan hingga hari ini di Jakarta?

Saat ini saya sedang bekerja dalam tim untuk membuat instalasi seni untuk acara-acara. Sebagian besar brainstorming ide dan membuat ilustrasi konsep awal. Saya merasa seperti masih dalam proses untuk mengenal dunia seni di Jakarta, jadi kebanyakan tentang mengumpulkan lebih banyak informasi tentang pameran atau acara. Saya kagum pada betapa kerennya acara seni di sini. Memamerkan ilustrasi saya di Jakarta juga akan menjadi sesuatu yang saya sangat senang untuk dilakukan di masa depan.

9. Let the people know what you are up to these days in Jakarta?

Currently I'm working in a team to create art installations for events. Mostly brainstorming ideas and creating initial concept illustrations. I feel like I'm still in the process of getting to know the art scene in Jakarta, so it is mostly about gathering more information about exhibitions or events. I'm amazed at how cool the art events are here. Exhibiting my illustrations in Jakarta would also be something I'm very excited to do in the future.

Dhika Anjani

 

10. Seni Anda sangat menginspirasi, terutama jika itu dapat memberdayakan anak-anak kita dan generasi berikutnya untuk mulai berpikir lebih kreatif dan tentang seni. Apa pesan Anda kepada anak muda Indonesia?

Saya menemukan bahwa ilustrasi dan seni, sangat berguna dalam mengekspresikan apa yang tidak dapat dikatakan dengan kata-kata. Mungkin itulah sebabnya buku bergambar kebanyakan ditujukan untuk anak-anak, yang hanya memiliki kemampuan terbatas dengan kata-kata. Sementara itu, orang dewasa lebih mampu mengekspresikan diri mereka dalam kata-kata atau tulisan, sehingga gambar dan gambar menjadi terlupakan sepanjang jalan. Tetapi dengan cara berpikir yang kompleks dan perasaan mendalam yang dialami orang dewasa, tidak semuanya mampu diucapkan, atau ditulis dengan kata-kata. Melalui seni saya, saya ingin mengungkapkan pentingnya mengekspresikan diri Anda melalui ilustrasi dan seni, bahkan setelah tumbuh dewasa dan menjadi dewasa. Dengan seni, kemungkinan penciptaan tidak terbatas, dengan hanya imajinasi Anda sebagai batas.

10. Your art is very inspiring, especially if it can empower our kids and next generation to start thinking more creatively and about art. What is your message to the youth of Indonesia?

I find that illustration and art, are very useful in expressing what can’t be said with words. Which is probably why picture books are mostly aimed for children, who have only limited capability with words. Meanwhile, adults are more capable of expressing themselves in words or writing, thus images and drawings became forgotten along the way. But with the complex ways of thinking and deep feelings that adults experience, not everything is capable to be spoken, or written in words. Through my art, I would like express the importance of expressing yourself through illustration and art, even after growing up and becoming an adult. With art, the possibilities of creating are endless, with only your imagination as the limit.

"The Little Prince" by Dhika Anjani

11. Apa saran Anda untuk calon seniman Indonesia yang ingin belajar dan mulai menggambar?

Anda mungkin sudah sering mendengar ini, tetapi saran terbaik adalah mulai menggambar atau menggambar sebanyak mungkin. Hanya dengan menggambar sebanyak mungkin Anda bisa mengembangkan dan menemukan gaya atau minat Anda, lebih memahami diri sendiri. Tidak perlu terburu-buru, jadi luangkan waktu untuk bereksperimen dan melakukan kesalahan. Jika ragu, jangan ragu untuk melihat referensi foto atau objek, atau bahkan karya seni yang Anda sukai. Ingatlah untuk memberikan kredit saat menggunakan referensi atau menggambar ulang karya seni yang ada.

11. What is your advice for aspiring Indonesian artists who want to learn and start illustrating?

You might have heard this a lot, but the best advice is to start drawing or doodling as much as possible. Only by drawing as much as possible you could develop and discover your style or interest, understand yourself more. No need to rush, so make time for experimenting and mistakes. When in doubt, don’t hesitate to look at photo references or objects, or even artworks you like. Just remember to give credit when using reference or redrawing an existing artwork.

Sekian interview kita dengan Dhika Anjani, salah satu artis dari tanah air yang mencoba menggali minat dan bakatnya di Jepang. Bagaimana pendapatmu, apakah negeri tempat kita belajar sesuatu memiliki suatu pengaruh dalam karya yang kita ciptakan kelak? Dan apabila bisa memilih, negara mana yang akan menjadi inspirasimu dalam membuat sebuah karya?  😊

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *