Color Palette dalam Mendekor Rumah dan Ruangan

Color Palette dalam Mendekor Rumah dan Ruangan

 

Kita pasti sering mendengar istilah color palette dalam ilmu desain dan warna. Sebenarnya apa itu color palette? Color palette adalah sekumpulan warna yang disusun dan di mix sehingga mendapatkan kombinasi warna yang menarik mata. Apakah ada teori untuk color palette? Ada teori yang mengatur bagaimana warna itu dikombinasikan, apa arti dari sebuah warna, dan hubungan antara warna. Tapi tidak ada teori yang menyatakan sebuah kombinasi warna itu salah atau benar.

Color palette sebenarnya dibuat dari kombinasi warna yang dibuat. Bagaimana kombinasi warna itu dibuat didasari oleh selera masing-masing dari kita. Bisa saja kombinasi dari si A berbeda dengan si B padahal untuk desain ruangan yang sama. Kembali lagi itu adalah selera masing-masing. Makanya tidak ada yang salah atau benar dalam mengkombinasikan warna.

Dari color palette ini bisa menjadi dasar kita untuk memilih lukisan menghiasi dinding ruangan. Kita bisa memilih warna lukisan yang sesuai dengan warna yang ada di color palette. Kalau ingin memilih warna lain juga boleh, tapi disarankan kita memilih lukisan yang memiliki elemen warna mirip dengan color palette ruangan yang ada.

Oh iya sebagai tambahan juga, warna dari furniture bisa masuk ke dalam color palette ruangan. Lukisan biasanya menjadi aksesoris terakhir yang dipasang di dalam ruangan, makanya color palette ruangan bisa menjadi dasar menentukan warna lukisan.

Berikut ini beberapa contoh color palette ruangan dan juga pilihan lukisan ARTI yang cocok untuk ruangan tersebut:

Limed Spruce – Jet Grey – Coral Reef – Soft Peach

Limed Spruce – Jet Grey – Coral Reef – Soft Peach

Color Palette ini cukup menggambarkan kombinasi warna gelap dengan warna muda dengan menggunakan tipe warna yang soft. Secara sekilas kita melihat perpaduan warna hijau kebiru-biruan tua, warna coklat muda, dan warna pink muda. Tapi pas disesuai dengan warna nama color palette ternyata kita menemukan nama-nama warna yang sangat asing didengar.

Disini kita bisa menggunakan lukisan dengan warna biru muda atau biru tua dan warna krem karena masih masuk dengan kombinasi warna yang ada di dalam ruangan.

Black – Woody Brown – Potters Clay – Pearl Bush

Black – Woody Brown – Potters Clay – Pearl Bush

Desain ruangan ini sendiri classic dengan banyak menggunakan elemen kayu. Tidak heran kita akan banyak menemukan kombinasi warna yang mengarah kepada kayu seperti coklat dan hitam. Agar ruangan tidak terasa gelap maka masuk juga warna pearl. Ini berfungsi agar ruangan terasa lebih luas dan terang.

Untuk lukisan yang cocok, kamu bisa memilih lukisan dengan warna hitam atau coklat. Warna lain yang masih cocok dengan color palette yang ada diruangan ini adalah emas dan kuning tua.

Black – Brown – Grey – Albescent White

Black – Brown – Grey - Albescent White

Tidak jauh berbeda dengan color palette dari ruangan sebelumnya, ruangan ini juga banyak menggunakan elemen kayu untuk furniture dan lantai. Bedanya gaya desain ruangan ini lebih condong ke modern. Penggunaan warna abu-abu diruangan ini juga menghilangkan kesan ruangan yang terlalu classic.

Lukisan dengan kombinasi warna-warna gelap cocok untuk ruangan ini. Dengan warna dinding putih, lukisan dengan warna gelap tidak akan tenggelam ketika dipasang. Frame gold juga masih oke untuk menambah kesan mewah dan modern.

French Beige – Cotton Seed – Bone – Mercury

French Beige – Cotton Seed – Bone - Mercury

Untuk kamu pecinta warna-warna soft beige, color palette ruangan ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Agak asing memang untuk nama-nama warnanya, tapi banyak cat-cat sekarang yang sudah bisa dikombinasikan untuk mendapatkan warna yang sesuai. Desain dan dekorasi ruangan ini terasa sangat calm karena memang sama sekali tidak menggunakan warna gelap dan pekat.

Dalam pemilihan lukisan juga kamu memiliki kebebasan karena warna beige sifatnya netral. Warna yang mencolok seperti kuning terang atau yang gelap seperti hitam masih bisa digunakan di ruangan dengan color palette beige.

 

Itu dia tips bagaimana cara memilih lukisan berdasarkan dari desain ruangan dengan color palette yang berbeda. Kamu bisa mencobanya mempraktekan di ruangan kamu. Untuk kamu yang ingin konsultasi dengan tim ARTI seputar ruangan dan lukisan bisa Whatsapp 0811-1177-333 atau 0811-1010-037.

Sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *