Frame Kaca VS Frame Akrilik? Mana Yang Paling Bagus?

Frame Kaca VS Frame Akrilik? Mana Yang Paling Bagus?

 

Frame Kaca VS Frame Akrilik? Mana Yang Paling Bagus?

Kalo teman-teman lagi bingung mempertimbangkan mana yang paling bagus antara frame yang menggunakan kaca atau frame yang menggunakan akrilik, teman-teman dateng ke akrilik yang tepat. Karena bagus itu relatif, jadi kita akan coba memberikan pertimbangan-pertimbangan lainnya, tidak hanya sekedar estetika saja.

Frame Kaca

Kemungkinan besar teman-teman akan menemukan kaca (sering disebut sebagai “kaca museum” atau “kaca konservasi”) di toko bingkai lokal karena sering dianggap sebagai bahan yang lebih “profesional”. Kaca, meski rapuh, umumnya masih kaca tidak rentan terhadap goresan  (lebih mudah dibersihkan), tetapi juga bisa lebih berat secara signifikan daripada akrilik bobotnya.

Untuk bingkai foto yang lebih besar— lebih dari 16 “X 20” misalnya – perbedaan berat antara kaca dan akrilik bisa sangat signifikan, itulah sebabnya kaca lebih sering digunakan untuk bingkai foto yang lebih kecil.

Frame Akrilik

Jenis-jenis frame kaca akrilik. Source : https://www.frameiteasy.com/
Kebanyakan toko online paling sering menggunakan akrilik untuk mengurangi kemungkinan kerusakan selama pengiriman. Menggunakan kaca dapat menimbulkan masalah karena harus mengganti produk rusak dalam jumlah berlebihan, serta kemungkinan masalah ; kaca tajam dan berbahaya jika pecah.

Soal harga, akrilik sebenarnya bisa lebih mahal dari kaca, tapi menawarkan banyak keuntungan. Akrilik seringkali lebih bening daripada kaca (yang dapat memiliki warna hijau sedikit), dan karena bobotnya yang lebih ringan, akrilik juga lebih hemat biaya untuk dikirim.

Akrilik adalah termoplastik yang dikembangkan pada tahun 1933, dan kelemahan utamanya bagi kaca asli adalah kemungkinan tergores yang lebih tinggi. Karenanya, akrilik harus dikirimkan dengan penutup pelindung di setiap sisinya, memastikan potensi goresan hanya akan terjadi pada lembaran pelindung, dan bukan pada akrilik itu sendiri.

Teman-teman sebaiknya hanya membersihkan akrilik dengan kain mikrofiber (menggunakan sabun lembut dalam kasus yang ekstrim). Apa pun di luar ini dapat berisiko merusak akrilik sebagai pelindung lukisan di bagian depan. Akrilik juga fleksibel, sehingga tidak mudah pecah dibandingkan kaca. Ingatlah hal ini saat merencanakan perawatan bingkai lukisan!

Kesimpulan

Bahan mana yang tepat untuk Anda dan karya seni Anda tergantung pada preferensi pribadi, tetapi berikut adalah hal-hal utama yang perlu dipertimbangkan: Akrilik lebih terjangkau dan lebih ringan dari kaca. Ini juga lebih tahan lama, yang membuatnya ideal untuk bingkai yang dipesan secara online. Kaca lebih berat dan lebih rapuh, tetapi beberapa orang lebih memilihnya karena estetika, atau karena tidak terlalu rentan terhadap goresan. Namun masih bisa pecah dengan mudah. Jadi yang mana yang tepat untuk teman-teman semua?

Sekian untuk artikel kaca vs akirilik kali ini. Semoga dengan artikel ini teman-teman dapat menemukan sesuai dengan kebutuhan teman-teman semua. Kalau begitu sampai jumpa di next artikel ya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *