Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi, Gratis dan Kekinian Banget!

Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi, Gratis dan Kekinian Banget!

Ingin hangout selain di mall? Tapi di Jakarta? Bisa banget dong. Saat ini sudah banyak sekali tempat di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat selain Mall lhooo. Salah satunya adalah galeri seni di Jakarta. Selain sebagai sarana edukasi, galeri seni saat ini sudah sangat berkembang pesat. Tata ruang dan dekorasinya mampu menghasilkan foto yang instagramable. Gak percaya? Simak sampai habis yah!

Pilihan Galeri Seni yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

  1. Galeri Nasional Indonesia
Sources: instagram @galerinasional

Galeri Nasional Indonesia adalah museum seni rupa modern dan komporer yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Wikipedia, adapun fungsi dari Galeri Nasional Indonesia adalah melaksanakan pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, pengamanan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Galeri Nasional Indonesia dibuka untuk umum setiap harinya dan Gratissssss lho. Berikut informasi detail mengenai Galeri Nasional Indonesia :

  • Alamat: : Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
  • Jadwal: Senin-Minggu Pukul 09.00-16.00 WIB, (Senin dan hari Libur Nasional Tutup)
  • Harga tiket masuk: Gratis
  1. ROH Project
Sources: instagram @rohprojects

ROH Project adalah art space yang berkonsep nomaden atau berpindah-pindah tempat. Dalam setiap pangelarannya akan menampilkan karya-karya dari berbagai seniman. Saat ini ROH project membuka galeri baru berbarengan dengan pameran yang berjudul 1 yang terdiri dari karya-karya seniman-seniman diantaranya adalah Aditya Novali, Arin Dwihartanto Sunaryo, Bagus Pandega, Davy Linggar, Faisal Habibi, Kei Imazu, Luqi Lukman, Maruto, Mei Homma, Mella Jaarsma, Nadira Julia, Nadya Jiwa, Syagini Ratna Wulan, Syaiful Aulia Garibaldi, Tromarama, dan Uji. Berikut informasi detail mengenai ROH Project:

  • Alamat: Jl. Surabaya No.66, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10310
  • Jadwal: Senin-Minggu pukul 11.00 – 19.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Gratis
  1. Galeri Hadiprana
Sources: instagram @hadipranagallery

Galeri Hadiprana adalah galeri seni rupa tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1962. Di tahun 2006. Galeri Hadiprana resmi menempati ruang yang lebih besar dan lebih modern. Karakteritik ruang baru yaitu dinding bergerak yang memungkinkan tata letak dan ukuran ruangan yang fleksibel. Ada beberbagai macam acara yang disediakan di Galeri Hadiprana untuk masyarakat umum. Ketahui informasinya di instagram @hadipranagallery. Dan berikut informasi detail mengenai Galeri Hadiprana:

  • Alamat: Mitra Hadiprana Boutique Mall, Jl. Kemang Raya No.30, RT.11/RW.5, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
  • Jadwal: Senin-Sabtu Pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket:  Rp 50.000 untuk orang dewasa, Rp 40.000 untuk pelajar atau lansia, dan Rp 30.000 untuk anak-anak.
  1. Dia.lo.gue

 

 

Sources: dialogue-artspace.com

Dia.log.ue adalah art space yang terdapat restoran dan space work di dalamnya. Bangunan dia.lo.gie didesain oleh Arsitektur ternama indonesia yaitu Andra Martin. Dekorasi didalamnya didominasi oleh unsur kayu dan warna-warna calm seperti abu-abu, putih, hitam dan tentunya coklat. Dan berikut informasi detail mengenai Dia.lo.gue:

  • Alamat: Kemang Sel. No.99A, RT.1/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
  • Jadwal: Senin-Minggu Pukul 11.00 – 20.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis
  1. Art:1 New Museum
Sources: instagram @art1newmuseum

Art: 1 New Museum adalah sebuauh museum yang berada pusat kota Jakarta. Pada awalnya museum ini hanya berupa galeri seni pribadi yang bernama Mon Decor. Adapun pendirinya adalah Martha Gunawan. Kemudian pada tahun 2011, Galeri tersebut diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu yaitu Fauzi Bowo dengan nama baru Art:1 New Museum. Dan berikut informasi detail mengenai Art: 1 New Museum:

  • Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720
  • Jadwal: Selasa-Minggu pukul 10.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Untuk orang dewasa, WNI atau pemegang KITAS yaitu Rp75.000 per orang
  1. Arti Seni Indonesia
Sources: arti.id

Dan terakhir adalah Arti Seni Indonesia. Arti Seni Indonesia bukanlah sebuah artspace atau galeri seni. Namun Arti Seni Indonesia adalah marketplace seni lukisan terbesar di Indonesia yang menjual 5000+ karya lukisan seniman lokal dan internasional. Produknya bisa di beli COD untuk barang ready stock, di Ecommerce kesayangan kamu seperti shopee, tokopedia, ataupun zalora. Atau bisa langsung check out lewat website arti.id.

Arti Seni Indonesia juga menyediakan jasa konsultasi gratis untuk para Artlovers lho. Hubungi nomor tim salem kami disini ya 08111177333 atau 08111010037.

  • Alamat: KMO Building, Jl. Kyai Maja No.1, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120
  • Jadwal : Senin-Jumat 08.00 – 17.00 WIB

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai galeri seni yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Semoga bermanfaat. See you next!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *