Informasi Seputar PPKM Darurat dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM Darurat?

Informasi Seputar PPKM Darurat dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM Darurat?

 

Informasi Seputar PPKM Darurat dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM Darurat?

 

Angka Positive Rate Covid-19 di Indonesia meningkat tajam terutama di Pulau Jawa. Pertanggal 4 Juli 2021 positive rate di Indonesia mencapai 31,5% jauh di atas ambang aman WHO yaitu 5%. Tes yang digunakan menggunakan metode rapid tes antigen dan PCR (Polymerase Chain Reaction). Angka positive rate terus naik hingga hari ini dan ini yang menjadikan pemerintah mengambil kebijakan darurat yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali karena banyak kasus positif Covid yang ditemukan didua pulau ini.

PPKM Darurat dilaksanakan pada tanggal 3-20 Juli 2021 di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Target dari penerapan PPKM Darurat adalah penururan penambahan kasus positif harian hinggal 10.000 per hari. Berikut 14 aturan dari PPKM Darurat:

  1. Sektor non esensial menerapkan 100% WFH
  2. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online
  3. Sektor esensial maksimum 50% staf WFO dengan protokol kesehatan dan untuk sektor kritikal diperbolehkan 100% WFO dengan protokol kesehatan.
  4. Kegiatan pusat perbelanjaan/mal tutup.
  5. Tempat makan diperbolehkan buka dengan sistem take-away dan tidak boleh makan di tempat.
  6. Kegiatan konstruksi boleh beroperasi 100% dengan protokol kesehatan ketat.
  7. Tempat ibadan tutup sementara, seluruh kegiatan ibadah dilakukan di rumah dan secara
  8. Fasilitas umum seperti taman, tempat wisata, dan area publik tutup sementara.
  9. Kegiatan seni budaya, olahraga, dan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan tutup sementara.
  10. Transportasi umum maksimal kapasitas 70% dan menerapkan protokol kesehatan ketat.
  11. Kegiatan pernikahan maksimal 30 orang dan tidak diperbolehkan makan ditempat.
  12. Pelaku perjalanan wajib memperlihatkan kartu vaksin dan hasil tes PCR atau antigen.
  13. Wajib menggunakan masker ketika keluar rumah
  14. PPKM Mikro tetap dilakukan di RT/RW zona merah.

 

Melihat seluruh peraturan dari PPKM Darurat, pemerintah menekankan kita untuk tetap di rumah dan jangan keluar kecuali untuk hal yang mendesak. Seluruh kegiatan belajar, bekerja, dan olahraga akan dilakukan di rumah. Apalagi sekarang ada penyekatan jalan-jalan yang semakin menutup ruang gerak masyarakat. Disini kita harus berfikir, apa yang bisa kita lakukan selama rumah saja. 18 Hari di rumah bukanlah waktu yang singkat. Akan banyak orang yang merasa bosan di rumah saja.

Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di rumah agar tidak bosan:

1. Olahraga Online dari Rumah

Young Woman Online Yoga Class
Source: Freepik – Teksomolika

Olahraga adalah salah satu cara kita untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Tapi dengan adanya PPKM Darurat, masyarakat dituntut untuk melakukan seluruh kegiatan dari rumah. Sarana olahraga dan fasilitas umum yang biasa digunakan oleh masyarakat berolahraga tutup sementara. Tapi jangan takut, kamu tetap bisa olahraga dari rumah. Sudah banyak kelas-kelas olahraga online yang dibuka baik yang gratis ataupun berbayar. Beberapa influencer juga banyak yang memberikan tantangan gerakan olahraga yang bisa kita lakukan dari rumah. Jadi, nggak ada alasan yang untuk tidak olahraga selama PPKM Darurat.

2. Conference Call atau Video Call dengan Saudara dan Teman

Conference Call
Source: Unsplash – Compare Fibre

Duh, 2 minggu lebih kita akan di rumah saja dan tidak bisa bertemu dengan teman, sahabat, keluarga jauh, ataupun pacar. Kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka karena adanya PPKM Darurat dan penyekatan jalan dibeberapa titik. Tapi tenang, dengan kemajuan teknologi, kita tetap bisa berkomunikasi lancar dengan mereka. Adanya aplikasi Whatsapp, Line, Google Meet, Zoom, Skype, dan lainnya memudahkan kita untuk tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita. Paling tidak kita bisa mengabarkan kabar terkini, kondisi keluarga, sampai dengan gosip-gosip.

3. Melakukan Hobby yang Tertunda

Painting Hobbies
Source: Freepik

Dengan padatnya kegiatan kita sehari-hari, terkadang kita lupa dengan hobby yang kita suka. Memasak, bercocok tanam, melukis, sampai dengan membaca adalah beberapa hobby yang banyak orang sukai. Kegiatan sehari-hari yang padat dari bangun tidur hingga malam menyebabkan kita tidak bisa meluangkan waktu untuk hobby kita, belum lagi banyak waktu yang terbuang sia-sia di jalan karena macet. PPKM Darurat memaksa kita untuk di rumah saja, dan ini bisa menjadi kesempatan kita untuk melakukan hobby. Kita bisa menyelipkan beberapa hobby kita sehari-hari tanpa harus mengorbankan pekerjaan dan waktu. Dengan seperti ini, kita tidak akan bosan selama PPKM Darurat di rumah.

4. Belajar Online

Student Online Course
Source: Freepik

Manusia tidak boleh berhenti belajar hingga kapan pun, begitu pula pada saat adanya PPKM Darurat. Jangan jadikan PPKM Darurat sebagai alasan untuk tidak belajar. Banyak platform digital yang membuka kelas untuk belajar skil tambahan. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Ada yang mengeluarkan sertifikat bukti dan adapula yang yang tidak ada. Platform besar seperti Google dan Facebook sampai dengan Linkedin membuka kelas online course dan ada sertifikatnya juga. Cara lain adalah dengan join grup di Telegram dan Discord, disana banyak banget yang menawarkan kelas kursus dan diskusi untuk menambah skil kamu.

5. Dekorasi Ulang Ruangan

Room Decoration

Mungkin dengan adanya PPKM Darurat memang kamu ditakdirkan untuk di rumah saja dan mulai mendekor ruangan kamu agar tidak bosan. Coba kamu cek, sudah berapa lama dekorasi ruangan kamu bertahan? Apakah kamu tidak ingin memiliki suasana baru? Ini saat yang tepat loh kalau kamu mau mendekorasi ulang ruangan kamu. Selain merubah susunan barang-barang yang ada di ruangan kamu, menambah wall art print atau canvas print mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu agar suasana di ruangan kamu lebih ceria dan fresh. Ruangan yang nyaman bisa mempengaruhi mood kamu juga loh.

Yuk cek di arti.id, ada banyak karya-karya dari seniman lokal dan internasional yang tergabung di ARTI menjual karya-karyanya dengan beragam tema. Kamu juga bisa menentukan ukuran dan frame yang kamu suka. Masih bingung juga memilih lukisan art print dan canvas print yang cocok untuk ruangan kamu? Tenang tim ARTI siap membantu. Kamu tinggal Whatsapp ke nomor 0811-1177-333 atau 0811-1010-037. Tim kami akan membantu kamu dan merekomendasi karya-karya dan ukuran sampai dengan frame yang cocok untuk ruangan kamu.

Discount 10% ARTI

Yang spesial nih, lagi ada diskon 10% untuk semua produk! Ayo tunggu apa lagi visit www.arti.id, follow Instagram ARTI di @arti.id.art, dan subscribe YouTube ARTI di ARTI TV. Mau belanja di marketplace juga bisa di Tokopedia: Arti Official Store dan Shopee: Arti Seni Official Store.

See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *