NUR MUT, ARTIST KEREN DARI BERLIN

NUR MUT, ARTIST KEREN DARI BERLIN

Hallo Artsy Peeps!

Blog kali ini berbeda dari biasanya lho. Karena, kali ini ARTI mendapatkan kesempatan khusus untuk mengulik tentang salah satu artist terbaik kami yaitu Nur Mut dari Berlin, Jerman. Kamu penasaran kan bagaimana sih awal mula Nur Mut menjadi seorang artist? Simak selengkapnya yuk!

 

ARTI : Hi Nur Mut! Tolong tulis bio pendek untuk memperkenalkan diri kamu, seperti nama kamu, dari mana kamu berasal, bagaimana kamu menggambarkan karya kamu, apa yang kamu nikmati, kapan kamu menjadi seorang seniman, gaya seni apa yang kamu gunakan, dan apapun yang berhubungan dengan seni kamu.

Nur Mut : Nama saya Hannes Schulze a. k. Sebuah. Nur Mut. Saya seorang desainer grafis dan fotografer lepas dari Berlin, Jerman.

Sebagai seorang fotografer, saya terutama memotret gambar lanskap dan alam selama perjalanan saya. Ini sangat kontras dengan pekerjaan rutin saya di mana saya kebanyakan duduk di depan komputer. Dualitas ini memungkinkan saya untuk menjaga keseimbangan yang baik.

Saya mulai mengejar fotografi secara serius selama studi saya di tahun 2006. Di sana saya mempelajari semua keterampilan teknis tetapi terutama dengan fokus pada produk dan fotografi komersial. Namun, saya segera menemukan bahwa alam adalah subjek yang saya sukai. Fotografi menjadi cara saya tidak hanya untuk menangkap pemandangan yang menakjubkan tetapi juga kenangan yang saya kaitkan dengan momen-momen ini dalam hidup saya. Saya bukan orang yang memotret ratusan gambar. Kadang-kadang saya bahkan kembali dari lokasi tanpa mengambil. Tapi itu tidak masalah. Bagi saya itu harus datang secara alami dan terasa benar. Dengan cara ini fotografi akan selalu menjadi proses yang menyenangkan dan bagian dari perjalanan saya.

Saya hanya mulai menjual karya saya jauh kemudian karena saya tidak pernah berpikir bahwa seseorang mungkin tertarik untuk membeli foto saya. Tetapi dengan platform e-commerce yang bagus untuk para seniman, saya dapat menjangkau khalayak yang terus bertambah dan dengan demikian orang-orang menyukai pekerjaan saya.

ARTI : Hi Nur Mut! Please write a short bio to introduce yourself, such as your name, where you are from, how would you describe your works, what do you enjoy, when did you became an artist, what modes of art do you use,  anything you want relating to your arts.

Nur Mut : My name is Hannes Schulze a. k. a. Nur Mut. I am a freelance graphic designer and photographer from Berlin, Germany.

As a photographer I mainly shoot landscape and nature images during my travels. It’s a great contrast to my regular job where I mostly sit in front of the computer. This duality allows me to keep a good balance.

I started to pursue photography in a serious way during my studies in 2006. There I learned all the technical skills but mainly with a focus on product and commercial photography. However, I quickly found that nature is my preferred subject. Photography became my way not only to capture stunning views but also the memories I associate with these moments in my life. I am not a person that shoots hundreds of images. Sometimes I even come back from a location without taking any. But that’s ok. For me it has to come naturally and feel right. This way photography will always be an enjoyable process and part of my journey.

I only started to sell my work much later because I never thought that someone might be interested in buying my photographs. But with great e-commerce platforms for artists, I was able to reach a growing audience and thus people that like my work.

ARTI : Bisakah kamu berbicara tentang proses kreatif kamu?

Nur Mut : Nah, satu-satunya persiapan nyata yang saya lakukan adalah selalu memiliki perlengkapan kamera saya dan siap untuk pergi. Saya menjaga baterai terisi, kartu memori diformat dan semuanya sebersih mungkin. Ini memastikan bahwa saya selalu dapat mengambil foto ketika ada kesempatan.

Sejauh perencanaan lokasi berjalan, saya tidak benar-benar melakukannya. Saya bepergian ke tempat-tempat yang ingin saya lihat secara pribadi. Jadi kamu bisa mengatakan bahwa proses saya adalah tentang ‘menemukan’ komposisi hebat daripada merencanakan ke depan.

ARTI : Can you talk about your creative process?

Nur Mut : Well, the only real preparation I do is to always have my camera gear packed and ready to go. I keep the batteries charged, the memory cards formatted and everything as clean as possible. This ensures that I am always able to take a photo when the opportunity arises.

As far as location planning goes, I don’t really do that. I travel to places I personally want to see. When I am there I just roam around and most of the time don’t even intentionally visit the »must see« landmarks. So you could say that my process is about »discovering« great compositions rather than planning ahead.

Touched by light

ARTI : Hasil foto mana yang paling sulit diatur?

NUR MUT : Saya akan mengatakan seri gambar “Balon Ride Over The Alps”. Kami perlu memesan balon, memulai perjalanan sangat pagi untuk berada di udara saat matahari terbit dan juga beruntung dengan cuaca.

Serial “Northern Lights” juga agak sulit diatur. Saya perlu mencoba banyak pengaturan kamera yang berbeda untuk menangkap lampu di malam hari. Mereka juga perlu muncul di tempat pertama dan ketika mereka muncul, mereka juga bergerak di langit sehingga kamu terus-menerus perlu menyesuaikan komposisi kamu untuk mendapatkan bidikan terbaik. Karena mereka sangat memesona dan cantik untuk melihatnya, juga sulit untuk berpaling dan mencari waktu untuk mengambil beberapa foto. 🙂

ARTI : Which shot was the hardest to set up for?

NUR MUT : I would say the image series »Balloon Ride Over The Alps«. We needed to book a balloon, start the trip very early in the morning to be in the air during sunrise and also get lucky with the weather.

The series »Northern Lights« was also a bit tricky to set up. I needed to try a lot of different camera settings to capture the lights during the night. They also need to show up in the first place and when they appear, they are also moving around in the sky so you constantly need to adjust your compositions to get the best shot. Because they are so mesmerising and beautiful to look at it’s also hard to look away and find the time to take some photos. 🙂

Balloon ride 01

ARTI : City Kid, Country Eyes. Bisakah Anda menguraikan apa arti kutipan itu bagi Anda? Juga, sesuatu tentang peternakan domba?

NUR MUT : Saya lahir, tumbuh dan masih tinggal di kota yang sangat menyenangkan. Ibukota Jerman: Berlin. Saya menikmati semua manfaat tinggal di kota yang semarak dengan semua penawaran budaya dan ketersediaan segala sesuatu sepanjang waktu. Ini kehidupan yang sangat nyaman. Namun di sisi lain, saya tidak suka orang banyak. Itu membuat saya tegang dan gelisah. Jadi ketika saya ingin bersantai atau tenang, saya tertarik pada pemandangan yang luas dan terbuka, di mana tidak ada yang lain selain alam sejauh mata memandang. Jadi saya dari kota tetapi saya membutuhkan pedesaan untuk menyeimbangkan negatif dari kehidupan perkotaan. 🙂 Ini mungkin juga mengapa saya menghabiskan satu tahun tinggal dan bekerja di sebuah peternakan domba terpencil di Islandia. Itu adalah waktu yang penting dalam perkembangan pribadi saya dan saya masih memiliki hubungan pribadi yang kuat dengan Islandia dan keluarga angkat saya. Pertanian menjadi rumah kedua saya, tempat untuk mengisi ulang, yang saya coba kunjungi secara teratur.

ARTI : City Kid, Country Eyes. Could you elaborate on what that quote means for you? Also, something about a sheep farm?

NUR MUT : I was born, grew up and am still living in a very exciting city. Germany’s capital: Berlin. I enjoy all the benefits of living in a vibrant city with all the cultural offerings and the around the clock availability of everything. It’s a very comfortable life. On the other hand however, I don’t like big crowds of people. It makes me tense up and become uneasy.

So when I want to relax or calm down I am drawn to the wide and open landscapes, where there is nothing but nature as far as the eye can see. So I am from the city but I need the countryside to balance out the negatives of urban living. 🙂

This is probably also why I spent one year living and working on a remote sheep farm in Iceland. It was a crucial time in my personal development and I still have a strong personal connection to Iceland and my host family. The farm became my second home, a place to recharge, that I try to visit regularly.

Stick together

ARTI : Lokasi atau negara mana yang menjadi favorit kamu untuk fotografi?

NUR MUT : Itu sangat sulit dikatakan. Negara yang memiliki koneksi pribadi terkuat adalah Islandia. Saya telah ke sana berkali-kali dan setiap kali pesawat mendarat, rasanya seperti pulang ke rumah. Karena saya selalu bepergian ke negara yang benar-benar ingin saya kunjungi, saya jarang kecewa. Saya ingin segera kembali ke sebagian besar dari mereka. 🙂 Sorotan saya adalah Kepulauan Lofoten di Norwegia, Pulau Utara Selandia Baru, dan Islandia.

ARTI : Which location or country is your favorite for photography?

NUR MUT : That’s really hard to say. The country I have the strongest personal connection to is Iceland. I have been there many times and whenever the plane touches down it feels like coming home. Since I always travel to countries I really want to visit, I am rarely disappointed. I would like to return to most of them right away. 🙂 My highlights would be the Lofoten Islands in Norway, New Zealand’s North Island and Iceland.

ARTI : Apakah kamu memiliki foto favorit pribadi dan mengapa itu foto favorit kamu?

NUR MUT : Saya pikir gambar favorit saya adalah yang disebut “Stick Together”. Itu diambil selama salah satu saat paling menarik di tahun pertanian Islandia yang disebut “Réttir”. Saya mendorong kamu untuk mencari beberapa gambar dari acara ini. Selama musim panas, semua domba dari suatu daerah berkeliaran di dataran tinggi dengan bebas. Pada awal musim gugur mereka dikumpulkan dan perlu disortir sehingga setiap peternakan mendapatkan kembali domba mereka sendiri. Jadi selama beberapa hari komunitas petani, keluarga dan teman mereka berkumpul untuk memilah ribuan domba. Kedengarannya aneh tapi itu hal yang paling menyenangkan! Memori yang luar biasa.

ARTI : Do you have a personal favorite photograph and why is it your favorite?

NUR MUT : I think my favourite image is the one called »Stick Together«. It was taken during one of the most exciting times in the Icelandic farm year called »Réttir«. I encourage you to look up some images of this event. During summer, all sheep from a region roam the Highlands freely. In early autumn they are gathered and need to be sorted so that every farm gets back their own sheep. So for a couple of days the community of farmers, their families and friends come together to sort thousands of sheep. 😀 Sounds strange but it’s just the most fun thing ever! A great memory.

ARTI : Pernahkah kamu ke Indonesia? Apakah kamu ingin pergi suatu hari nanti? Jika demikian, di mana kamu ada dalam pikiran?

NUR MUT : Sejujurnya, saya belum memikirkan bepergian ke Indonesia. Saya telah bekerja dengan siswa pertukaran pelajar Indonesia sebelumnya dan mereka selalu sangat baik, pintar dan pada umumnya orang baik. Mereka menceritakan kisah-kisah luar biasa tentang kehidupan mereka di rumah dan sangat menarik betapa berbedanya kehidupan saya di sini. Terlepas dari gaya hidup dan budaya kami yang berbeda, kami selalu rukun.

Jadi saya akan menambahkan Indonesia ke daftar perjalanan saya. Dari segi lokasi, tanpa melakukan banyak penelitian, saya ingin melakukan perjalanan melalui hutan hujan nyata. Saya selalu terpesona dengan ukuran murni dan keragaman kehidupan mereka. Pasti terasa seperti melangkah ke dunia lain di mana kamu hanya seorang pengunjung sementara yang kecil

ARTI : Have you ever been to Indonesia? Would you like to go someday? If so where do you have in mind?

NUR MUT : To be honest, I haven’t yet thought about traveling to Indonesia. I have worked with Indonesian exchange students before and they have always been super nice, clever and in general nice people. They told great stories about their lives back home and it’s fascinating how different it is from my life here. Despite our different lifestyles and cultures we always got along very well.

So I will add Indonesia to my travel list. Location wise, without having done much research, I would like to go on a trip through a real rain forest. I have always been fascinated by their pure size and diversity of life. It must feel like stepping into another world where you are just a tiny, temporary visitor.

ARTI : Di luar fotografi, apa yang kamu sukai atau sukai?

NUR MUT : Saya penggemar berat bouldering (panjat tebing dalam ruangan). Karena saya bekerja sebagai desainer grafis freelancer dan sebagian besar dapat mengatur hari saya agar sesuai dengan kebutuhan saya, saya membiasakan diri untuk pergi batu besar 2-3 kali seminggu. Ini latihan yang hebat dan memungkinkan saya menjernihkan pikiran setiap kali saya mengerjakan proyek yang sibuk.

Mengendarai sepeda motor atau sepeda juga sesuatu yang sangat saya sukai. Kadang-kadang saya pergi naik hanya karena itu menyenangkan. Yang saya kira adalah alasan yang cukup bagus untuk melakukan sesuatu.

Mungkin terdengar lucu tapi saya suka menanam tanaman. Baik dari biji atau tanaman yang dikumpulkan dari perjalanan saya. Saya menikmati merawat mereka, melihat mereka tumbuh dan berkembang. Ini ritual pagi saya untuk pergi melalui apartemen, memeriksa tanaman, menyirami mereka dan melihat apa yang mereka lakukan.

ARTI : Outside of photography, what do you enjoy or like to do?

NUR MUT : I am a huge fan of bouldering (indoor rock climbing). Since I am working as a freelancer graphic designer and can mostly organise my day to fit my needs I made it a habit to go bouldering 2–3 times a week. It’s a great exercise and allows me to clear my head whenever I am working on a busy project.

Riding my motorcycle or bicycle is also something I enjoyable very much. Sometimes I go for a ride just because it’s fun. Which I guess is a pretty good reason for anything to do.

It may sound funny but I love to grow plants. Either from seeds or collected plants from my travels. I enjoy to take care of them, see them grow and develop. It’s my morning ritual to go through the apartment, check on the plants, water them and see how they are doing.

ARTI : Apakah kamu  punya saran untuk artis yang bercita-cita tinggi, mungkin fotografer khusus?

NUR MUT : Tembak untuk diri sendiri dan kesenangan kamu sendiri. Jangan lakukan itu karena kamu ingin menghasilkan uang dengan itu. Dalam pengalaman saya, ini menciptakan tekanan dan harapan tertentu yang dapat menyebabkan frustrasi. Abadikan pemandangan dan situasi yang menarik bagi kamu, yang menggerakkan sesuatu dalam diri kamu. Ketika kamu memiliki hubungan pribadi dengan pekerjaan kamu ternyata jauh lebih baik daripada jika kamu hanya melakukannya untuk mendapatkan keuntungan.

Tapi itu hanya sudut pandang saya sebagai fotografer semi-profesional yang senang mengambil foto untuk menangkap kenangan.

Jika kamu kemudian ingin menjual karya seni kamu, tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai selain bekerja dengan perusahaan e-commerce yang mendukung kamu sebagai seniman dan membagikan karya kamu kepada khalayak yang mencintai dan berkembang.

ARTI : Do you have any advice for any aspiring artist perhaps specifically photographers?

NUR MUT : Shoot for yourself and your own enjoyment. Don’t do it because you want to make money with it. In my experience this creates a certain pressure and expectations that can lead to frustration. Capture scenes and situations that interest you, that move something within you. When you have a personal connection with your work it turns out way better than if you solely do it for a profit.

But that’s just my point of view as a kind of semi-professional photographer that enjoys taking photos to capture memories.

If you then want to sell your art, there is no better way to start out than to work with an e-commerce company that supports you as an artist and shares your work with an art loving and growing audience.

Hello sunshine

Kamu dapat mengunjungi karya Nur Mut hanya di https://www.arti.id/artist/nur-mut/

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *