Perang Bukanlah Solusi, Make Love Not War!

Perang Bukanlah Solusi, Make Love Not War!

 

“Make Love, Not War”. Slogan ini muncul sekitar tahun 1960an atas aksi protes terhadap kebijakan perang di Vietnam dan interbensi militer Amerika Serikat di Asia Tenggara. Protes atas perang ini diinisiasi oleh puluhan ribu pemuda karena kebijakan perang Vietnam yang mengirim pemuda Amerika Serikat untuk ikut perang dan alokasi anggaran besar yang berasal dari potongan pajak masyarakat.

Perang bukanlah solusi terakhir dari sebuah permasalahan. Rasa haus ingin menguasai suatu wilayah dan membuktikan bahwa negara merekalah yang lebih kuat adalah pemicu dari perang itu sendiri. Semua rasa ini menghilangkan akal sehat kita terhadap dampak dari perang itu sendiri. Seperti yang kita tau, dampak terburuk dari peperangan adalah kematian masyarakat sipil wilayah tertentu. Banyak masyarakat yang tidak bersalah menjadi korban dari peperangan.

Dampak lain yang pasti akan kita rasakan adalah hancurnya perekonomian dunia. Mau tidak mau negara-negara lain di dunia pasti merasakan langsung dampak dari peperangan disektor ekonomi. Harga minyak dunia dan saham adalah 2 hal yang bisa kita lihat cepat terpengaruh dengan adanya peperangan. Selain itu, biaya perang yang sangat mahal dan memaksa negara yang ikut berperang mengeruk uang kas negara.

Melihat dampak dari peperangan kita bisa menyimpulkan bahwa lebih banyak sisi negatif dan tidak ada hal positif yang bisa kita ambil dari suatu peperangan. Kita bisa belajar dari Perang Dunia I dan II bahwa hasil dari perang hanyalah kematian jutaan manusia. Perang barulah selesai ketika salah satu negara yang perang sudah terpojok dan menyerah tanpa syarat. Apakah setiap perang harus berakhir setelah jutaan manusia meninggal? Apakah kita tidak bisa menggunakan yang namanya negosiasi atau “ngobrol” untuk memecahkan suatu konflik?

ARTI disini ingin memberikan beberapa karya-karya yang mungkin bisa menggambarkan peperangan atau paling tidak apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari peperangan.

83Oranges – Indescrimination

83Oranges – Indescrimination

Cinta itu tidak memandang warna kulit, ras, dan agama. Siapa pun berhak untuk merasakan cinta. Perang adalah lawan dari cinta. Ketika suatu negara mendeklarasikan perang artinya pemimpin negara tersebut sudah hilang rasa cintanya. Apakah dia tidak mencintai rakyat negaranya atau pasukan perangnya? Apakah dia tidak kasihan dengan masyarakat sipil dari negara yang ditargetkan perang?

Buko2 – Memento 22

Buko2 – Memento 22

Tidak ada hal positif yang bisa kita petik dari sebuah perang. Menang dan kalah bukanlah hasil akhir yang ingin kita dapatkan. Mencegah perang itu terjadi merupakan hal terindah yang bisa dapatkan dari pada perang itu harus terjadi. Gambar tengkorak terbalik dengan bunga diatasnya seperti menggambarkan kemenangan perang yang didapatkan merupakan hasil dari kematian jutaan manusia.

Ninhol – Pale Blue Dot

Ninhol – Pale Blue Dot

Mengapa kita sebagai manusia tidak berusaha untuk menjaga bumi yang umurnya sudah tua ini dari pada harus perang. Biaya besar yang dikeluarkan untuk membiayai perang lebih bermanfaat ketika digunakan untuk membuat suatu program untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan globar. Belum lagi akan banyak nyawa masyarakat lokal yang selamat dan bisa hidup dengan tenang dan bahagia.

Mr A – Mr A8

Mr A – Mr A8

Rasa haus akan kekuasaan dan kemenangan sudah menutupi akal sehat. Seperti gambar ini, iblis sudah menguasai hati nuraninya dan tidak peduli akan dampak yang ditimbulkan. Tapi kembali lagi bahwa setiap manusia pasti memiliki rasa humanis di dalam dirinya. Sejahat apapun seseorang, sifat baik pasti ada di dalam lubuk hatinya. Tapi sifat baik dan rasa humanisnya sudah tertutupi dan sifat negatif sudah menyelimuti dirinya.

Jonas Loose – Praying For Flowers

Jonas Loose – Praying For Flowers

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai manusia dan masyarakat biasa? Berdoa adalah jawaban yang paling tepat ketika kita melihat suatu peperangan. Kita bisa berdoa semoga masyarakat lokal negara yang terdampak perang diberi kekuatan dan keselamatan dari segala serangan senjata. Dan yang terpenting adalah semoga orang-orang dibalik terjadinya perang dibukakan pintu hatinya untuk tidak melanjutkan peperangan. Diberikan ketenangan hati dan pikiran untuk berfikir jernih bahwa tidak ada hal positif yang bisa diambil dari peperangan.

 

Itulah beberapa karya yang bisa menggambarkan peperangan dan apa yang bisa kita lakukan. Semoga perang dunia tidak akan terjadi sekarang dan kedepannya karena tidak ada hal positif yang bisa kita ambil. Lebih banyak dampak negatif yang akan dirasakan baik oleh masyarakat lokal maupun dunia.

Untuk kamu yang sedang mencari karya-karya yang unik untuk menghiasi dinding rumah ataupun ruangan, bisa cek di website ARTI www.arti.id atau Whatsapp ke 0811-1177-333 atau 0811-1010-037 untuk konsultasi seputar ruangan dan lukisan.

Follow juga Instagram ARTI di @arti.id.art , sampai jumpa diartikel menarik lainnya, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *