Tips Memberikan Pencahayaan Yang Baik Pada Lukisan Dinding

Tips Memberikan Pencahayaan Yang Baik Pada Lukisan Dinding

 

Tips Memberikan Pencahayaan Yang Baik Pada Lukisan Dinding

Hello Artsy Peeps! Setelah membeli beberapa wall art atau lukisan dinding, mungkin ada beberapa dari kalian yang merasa “kok lukisan dinding gue biasa aja ya? kok kayak gak ada seninya ya?” Pssst.. jangan salahkan lukisan dindingnya dulu. Bisa saja hal ini terjadi bukan karena lukisan dindingnya, tapi karena penataannya. Nah, selain penataan lukisan dinding dan dekorasi ruangan, ada hal penting lainnya untuk membuat lukisan dinding terlhiat lebih eye-catching, yaitu pencahayaan pada lukisan itu sendiri. Coba simak beberapa tips di bawah ini untuk membuat pencahayaan yang maksimal pada lukisan dindingmu!

1. Lampu aksen yang terpasang di langit-langit

Source : https://www.architecturaldigest.com/

Manfaatkan lampu yang bisa dipasang di langit-langit ruangan. Contohnya lampu sorot yang mengarahkan cahaya ke masing-masing lukisan dinding adalah cara yang bagus untuk menerangi lukisan dinding. Pencahayaan jenis ini memungkinkan arah cahaya dapat disesuaikan. Pencahayaan ini juga dapat dispesifikasikan dengan rentang penyebaran sinar cahaya, jadi kamu dapat memastikan bahwa cahaya tersebut menutupi sebagian besar lukisan dinding, tidak hanya sebagian kecil saja.

Disini kamu harus bisa menyesuaikan antara sorotan lampu dengan lukisan dindingnya. Jangan sampai yang tadinya ingin memperindah lukisan dindingnya dengan lighting malah jadi gagal karena peletakan sorotan lampu ini tidak pas atau tidak sesuai mengenai lukisan dindingnya. Contoh ketika kamu menaruh sorotannya persis dari depan lukisan dindingnya kamu malah tidak akan bisa menikmati keindahan lukisannya karena ada refleksi cahaya yang berlebihan pada lukisan.

2.) Lampu “Track Lights”

Sistem track-lighting dilengkapi dengan lampu yang tepat, pencahayaan jenis ini sebagian besar sama persis seperti lampu aksen yang dipasang di langit-langit tapi memberikan beberapa keuntungan lebih. Mereka lebih mudah untuk dipasang dan menawarkan fleksibilitas di masa yang akan datang.

Perlengkapan langit-langit tersembunyi tidak dapat dipindahkan tanpa operasi drywall kalo kamu memutuskan untuk memindahkan lukisan, tapi dengan lampu track kamu bisa dengan mudah memindahkan perlengkapan atau melepasnya. Yang menarik adalah bahwa kamu memiliki sesuatu yang mungkin tidak begitu indah dipasang di langit-langit.

3.) Lampu Wall Washer

Source : https://www.widewalls.ch/

Pilihan lainnya adalah menerangi seluruh dinding secara merata dengan pencahayaan wall washer. Ini biasanya dilakukan ketika kamu memiliki karya seni besar yang menutupi sebagian besar dinding kamu, atau ketika kamu memiliki banyak karya seni kecil di dinding yang sama. Jadi, kalo kamu tidak ingin memberi penerangan yang kuat pada setiap lukisan, kamu bisa gunakan wall washer dengan cahaya yang merata, membuat satu dinding terang untuk setiap karya seni yang kamu pilih untuk diletakkan di sana.

4.) Lampu LED

Source : https://www.widewalls.ch/

Lampu LED, meskipun dianggap mahal, tidak memancarkan radiasi UV dan sebagian kecil dari lampu halogen. LED juga tidak memancarkan radiasi IR. Jadi, berinvestasi dengan bijak, dan pergi dengan kualitas, bukan dengan harga. Bagaimanapun, yang menarik buat kamu adalah bahwa lukisan dinding kamu tetap dalam kondisi baik selama kamu memilikinya. Jika kamu menggunakan LED, kamu akan memotong biaya secara signifikan di bidang energi yang terbakar, dan kamu akan memiliki distribusi cahaya yang lebih baik. Tapi, LED ya LED. Kalo kamu memutuskan untuk menggunakan LED, dan kemudian kamu mencari beberapa lampu LED murah, rumah kamu akan mulai terlihat seperti ruang tunggu, dengan semacam pencahayaan yang tampak tidak sehat, dan pastinya kamu tidak mau melakukan itu. LED yang bagus dan berkualitas, dari produsen terkemuka yang sempurna untuk lukisan dinding berwarna dan peka terhadap panas, pastikan untuk memilih suhu warna 2.700,000 dengan indeks render warna (CRI) minimal 95 atau lebih tinggi.

5.) Cahaya dari lukisan dinding

Source : https://www.architecturaldigest.com/

Sumber cahaya yang satu ini berasal dari lukisan itu sendiri yang dimana lampu ini dipasang di dinding atau bingkai karya seni individu. Itu menempatkan sumber cahaya sangat dekat dengan lukisan dindig, biasanya dengan lampu watt yang sangat rendah. Ini memberikan rasa keintiman dengan karya seni, dan mengundang kamu untuk berdiri dekat untuk melihat.

Karena merupakan perlengkapan dekoratif, lampu ini dapat menambah tampilan ruangan. Ada beberapa lampu gambar yang sangat menarik di luar sana. Namun, jenis pencahayaan ini mengingatkan kita, meskipun kamu tidak perlu membuat lubang di langit-langit, kamu perlu menempatkan lampu gambar ini dengan kabel, atau daya untuk model kabel.

Untuk karya seni berskala besar, perusahaan seperti Modulightor dan Academy Light dapat membuat lampu gambar yang sangat besar yang mampu menerangi bentangan besar.

Demikian inspirasi lighting untuk menyinari lukisan dinding kalian. Kamu lebih suka lighting mana? Yang jelas sesuaikan dengan seleramu dan budgetmu ya. Sampai ketemu di blog berikutnya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *