4 Tips Membersihkan Canvas Print yang Aman

4 Tips Membersihkan Canvas Print yang Aman

 

4 Tips Membersihkan Canvas Print yang Aman

 

Dengan membeli sebuah barang artinya kita harus siap untuk merawatnya agar tidak cepat rusak dan terlihat bersih. Ini berlaku untuk semua barang, tidak terkecuali dengan lukisan yang di dalamnya termasuk dengan canvas print. Membersihkan lukisan atau canvas print terhitung mudah tapi cukup tricky dalam prakteknya. Seperti yang kita tau, air adalah musuh terbesar dari sebuah lukisan dan canvas print. Selain dapat merusak karya, air juga identik dengan lembab yang bisa menyebabkan jamur.

Canvas Print - SisiandSeb - Desert Landscape
SisiandSeb – Desert Landscape

Dengan membersihkan canvas print, umur canvas print akan panjang dan terlihat selalu baru karena bersih. Sayangkan kalau kita tidak merawat canvas print, apa lagi canvas printnya ada di ruang tamu atau ruang keluarga. 2 Tempat itu merupakan sentral dimana banyak orang yang akan melihat canvas print. Kalau canvas printnya kotor dan kusam, bukannya mempercantik ruangan malahan menurunkan keindahan ruangan.

Terus bagaimana dong cara kita membersihkan canvas print? Tenang, tim ARTI sudah merangkum tips bagaimana cara membersihkan canvas print. Ini dia tips nya:

1. Selalu Turunkan Canvas Print Sebelum Dibersihkan

Woman with white canvas
Source: freepik – Azerbaijan stockers

Jangan pernah membersihkan canvas print tanpa menurunkannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita bisa melihat lebih dekat dan meneliti bagian-bagian yang kotor dari canvas print. Siapa tau kita menemukan spot kotoran di canvas print, jadi kita bisa membersihkan dengan lebih ekstra. Alasan lainnya agar kita bisa membersihkannya lebih makasimal tanpa harus jinjit atau menggunakan bantuan tangga.

2. Gunakan Alat Pembersih yang Halus dan Lembut

Microfiber
Source: pexels – Karolina

Selalu gunakan alat pembersih yang berbahan halus dan lembut seperti kemoceng dari microfiber dan lap microfiber. 2 Bahan ini sangat bersahabat dengan canvas print karena tidak beresiko untuk menggores tinta dan kertas canvas print. Menggunakan bahan yang kasar untuk membersihkan canvas print tidak direkomendasikan, selain bisa menggores ada juga resiko kertas canvas bisa robek. Inilah hal-hal yang ingin kita hindari.

3. Jangan Gunakan Air, Kecuali Kotoran yang Sulit Dibersihkan

Water for cleanning
Source: pexels – Jill

Air merupakan musuh terbesar dari canvas print, oleh karena untuk membersihkan canvas print selalu utamakan dengan bahan yang kering tanpa air. Membersihkan debu-debu yang menempel di canvas print bisa menggunakan kemoceng microfiber atau kain microfiber sudah cukup. Debu-debu akan menempel dilapisan kain microfiber. Untuk spot kotoran ringan, bisa menggunakan sedikit air di kain microfiber. Usap halus spot kotoran dengan kain microfiber yang sudah dicelupkan sedikit air agar mempermudah proses pembersihkan. Lap kering setelah spot kotoran dibersihkan.

4. Jangan Menggunakan Semprotan yang Berbahan Kimia Keras

Woman Holding Cleaning Stuff
Source: freepik – Mega-studio

Semprotan juga merupakan musuh terbesar dari canvas print karena bisa masuk kepori-pori dari kertas canvas dan merusak tinta. Partikel kecil dari semprotan akan dengan mudah masuk ke kertas canvas. Apalagi yang mengandung bahan kimia keras. Bukan bersih yang kita dapat, malahan canvas print kita bisa rusak. Oleh karena itu untuk kotoran yang agak berat disarankan dibersihkan menggunakan kain microfiber menggunakan sedikit air yang sudah dicampurkan dengan sabun. Jangan lupa keringkan setelah dibersihkan.

Itu dia tips membersihkan canvas print dari ARTI. Tujuan dari membersihkan canvas print adalah agar umur dari canvas print panjang dan selalu terlihat bersih. Inilah kenapa kita harus rutin membersihkan canvas print agar tidak ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Cukup debu-debu ringan saja yang bisa kita bersihkan menggunakan kemoceng microfiber atau kain microfiber.

Memasang canvas print di ruangan bertujuan untuk mempercantik ruangan dan membawa suasana ruangan lebih nyaman. ARTI memiliki lebih dari 1500 karya dari seniman lokal dan internasional yang bisa kamu pilih. Di ARTI Kamu bisa memesan canvas print disini atau art panel yang terdiri dari 3 panel atau 5 panel disini.

Visit www.arti.id untuk melihat koleksi karya kami atau Whatsapp ke nomor 0811-1177-333 dan 0811-1010-037 untuk konsultasi mengenai lukisan. Jangan lupa follow Instagram ARTI dan Youtube ARTI.

See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *