5 Tips Mengelompokkan Lukisan Agar Terlihat Aesthetic

5 Tips Mengelompokkan Lukisan Agar Terlihat Aesthetic

 

5 Tips Mengelompokkan Lukisan Agar Terlihat Aesthetic

 

Lukisan adalah satu satu bentuk aksesoris yang bisa gunakan untuk mempercantik sebuah ruangan. Fungsi dari lukisan itu sendiri adalah sebagai pelengkap dan tidak wajib untuk digunakan, jadi tidak ada kewajiban untuk sebuah rumah memasang lukisan agar rumahnya menjadi cantik. Secara harfiah, lukisan dipasang di dinding, bisa digantung atau ditempel menggunakan lem. Tapi banyak desainer dan masyarakat yang mulai memasang lukisan dengan hanya diletakkan di lantai atau diatas meja. Tujuannya agar dinding ruangan tetap clean tapi tetap ada aksesoris lukisan di dalam ruangan.

Beberapa orang ada yang suka dengan hanya memasang satu lukisan, baik dengan ukuran besar ataupun kecil. Tapi ada juga yang senang dengan memasang beberapa lukisan yang dikelompokan lalu dipasang di satu dinding. Pengelompokan beberapa lukisan ini bisa menjadi sebuah tantangan untuk beberapa orang karena kalau salah dalam mengelompokkan lukisan maka hasilnya akan kurang enak dilihat.

Banyak elemen yang bisa mempengaruhi bagaimana kita mengelompokan sebuah lukisan. Tim ARTI sudah membuat 5 tips untuk kamu yang ingin mengelompokkan lukisan. Ini dia tipsnya:

1. Tentukan Warna yang Menjadi Dasar Pengelompokan

ARTI Wall Art Set - Red-Homes-and-Roses
Red-Homes-and-Roses

Ketika kamu mau mengelompokan beberapa lukisan, warna merupakan satu elemen paling mudah yang bisa menjadi dasar kamu memilih lukisan. Sebuah lukisan yang memiliki beragam warna pasti memiliki satu warna yang bisa kamu jadikan patokan untuk mengelompokan lukisan. Satu warna itulah yang akan menjadi dasar kamu memilih lukisan lain yang memiliki warna yang sama. Kalau di contoh gambar ini, warna apa ya yang menjadi dasar pengelompokkan lukisan?

2. Tentukan Tema Lukisan

ARTI Wall Art Set - Abstract-Allahu-Akbar
Abstract-Allahu-Akbar

Selain warna, tema lukisan juga bisa menjadi dasar mengelompokkan lukisan. Warnanya mungkin bisa tidak terlalu sama, tapi tema yang diangkat sama. Contoh lukisan dengan tema islami. Menggabungkan beberapa lukisan islami mungkin menjadi tantangan tersendiri. Lukisan islami tidak selalu memiliki warna yang sama walaupun temanya sama. Tema yang sama ini yang akhirnya menjadi dasar dalam mengelompokkan lukisan.

3. Gunakan Ukuran Lukisan yang Sesuai

ARTI Wall Art Set - We-Are-Elegant
We-Are-Elegant

Ukuran menjadi pertimbangan yang penting ketika melakukan pengelompokkan lukisan. Ketika kamu memilih 4 gambar yang ingin dikelompokkan, komposisi ukuran harus sesuai. Akan terasa janggal ketika ada satu lukisan yang besar sendiri dan tiga lainnya kecil. Komposisi ukuran yang baik akan menghasilkan kelompok lukisan yang proporsional.

4. Gunakan Satu Jenis Frame

ARTI Wall Art Set - Rainbow-Travels
Rainbow-Travels

Ini juga salah satu elemen penting ketika kita akan mengelompokkan lukisan. Menggunakan satu jenis frame ketika mengelompokkan lukisan akan menghasilkan sebuah kelompok lukisan yang enak untuk dipandang. Frame bisa dibilang adalah sebuah tempat dimana lukisan bisa diletakkan yang berfungsi untuk melindungi lukisan dan juga memperindah lukisan itu sendiri. Frame bisa menjadi penghubung antara beberapa lukisan. Walaupun lukisannya berbeda, paling tidak frame bisa menyatukan perbedaan itu. Apa yang terjadi ketika lukisan berbeda dan frame juga berbeda? Yang ada akan terlihat ramai dan belang belentong.

5. Tentukan Jumlah Lukisan yang Dikelompokan

ARTI Wall Art Set - There-is-Beauty-in-Everything
There-is-Beauty-in-Everything

Berapa jumlah ideal lukisan yang akan dibisa dikelompokkan? Jawabannya tergantung. Ukuran dinding dan ukuran lukisan yang dikelompokkan menjadi dasar jumlah lukisan. Ketika ukuran dinding yang ingin dipasangkan lukisan besar, maka kita memiliki kebebasan untuk menentukan jumlah lukisan. Tapi pada dasarnya, semakin besar lukisan yang dikelompokkan maka semakin sedikit juga jumlah lukisannya. Sebaliknya, semakin kecil ukuran lukisan maka memiliki kebebasan untuk menentukan jumlah lukisan.

Memasang lukisan memang terlihat mudah tapi terkadang kita masih suka ragu ketika mengelompokan beberapa lukisan ke dalam satu kelompok. Dengan tips yang sudah kami berikan semoga bisa membantu kamu dalam mengelompokkan lukisan. Dari tips yang sudah kami berikan, mungkin kamu bisa mengembangkannya lagi dan menghasilkan sebuah kelompok lukisan yang luar biasa.

Di ARTI pengelompokkan ini disebut dengan wall art set. Kami mengelompokan wall art set untuk art print dengan jumlah 2, 3, 4, dan lebih dari 5. Ada banyak elemen yang kami pakai ketika kami mengelompokan art print, antara lain warna, tema, sampai dengan seniman yang membuat karya. Semua ini kami lakukan untuk membantu anda dalam menentukan wall art set yang sesuai dengan selera anda. Untuk kamu yang ingin membeli lukisan wall art set bisa klik disini.

Sekian artikel untuk hari ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada kamu semua. See you in the next article, bye bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *