5 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa dan Berpotensi Membatalkan Puasa

5 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa dan Berpotensi Membatalkan Puasa

5 Hal yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa dan Berpotensi Membatalkan Puasa

 

Kembali lagi ke artikel edisi yang membahas tentang puasa. Seperti yang kita ketahui, puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan hawa nafsu. Selama kita berpuasa banyak hal yang bisa mengancam pahala ibadah puasa, mahalahan berpotensi bisa membatalkan puasa. Padahal selama bulan Ramadan, umat muslim dijanjikan pahala yang berlimpah dan berkali-kali lipat dari hari-hari biasanya. Ini adalah kesempatan kita untuk memaksimalkan ibadah dan jangan melewatkan kesempatan ini begitu saja.

young women - yellow - wow
Source: freepik – tirachardz

Hakikat dari puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Nah, kita sering mendengar nih, selama bulan puasa setan dan iblis dibelenggu. Jadi manusia terbebas dari godaan selama bulan puasa. Faktanya? Masih banyak tuh umat muslim yang dengan sadar malas berpuasa dan tidak bisa menahan hawa nafsu selama berpuasa. Padahal kan setan dan iblis dibelenggu selama bulan Ramadan. Jangan-jangan manusianya itu sendiri lagi yang memang kelakuannya kaya setan dan iblis.

Nggak ya teman-teman, memang iblis dan setan dibelenggu selama bulan Ramadan. Tetapi kembali lagi, manusia itu sendiri yang mengontrol hawa nafsu dan emosi dengan akal dan pikirannya. Semua kontrol itu semua dikembalikan lagi ke manusianya. Bagaimana iman dia kuat dari cobaan-cobaan selama bulan Ramadan. Terkadang kita nggak sadar loh hal-hal yang dianggap sepele padahal bisa mengurangi pahala puasa, malahan berpotensi membatalkan puasa.

Tim ARTI sudah merangkum 5 Hal yang bisa mengurangi pahala puasa dan berpotensi membatalkan puasa.

1) Tidur

Sleeping too much
Source: Unsplash – Tara Raye

Loh kok tidur masuk ke daftar ini? Kan katanya tidurnya orang selama bulan puasa berpahala. Bukan gitu esensi artinya! Jadi, orang yang tidur selama bulan puasa akan lebih baik nilainya dibandingkan orang yang beraktivitas tapi mengurangi pahala. Inilah makna sebenarnya dari tidurnya orang berpuasa itu berpahala. Jadi jangan mentang-mentang tidur aja berpahala jadinya tidur seharian sampe lupa solat dan ibadah lainnya. Yang ada itu padahala puasanya berkurang dan malahan dapat dosa.

2) Buka Puasa Bersama

Breakfasting with friends
Source: Freepik – Wayhomestudio

Buka Puasa Bersama adalah ajang silaturahmi dengan berkumpul bersama pas waktu buka puasa. Nah seperti yang kita tau nih, acara buka puasa bersama adalah ajang berkumpul teman lama, teman sekantor, teman geng, atau teman sekolah. Biasanya nih, pas kumpul selain ngobrolin update kehidupan, ngomongin juga teman lain atau gibah sampe nyinyir. Disini nih letak dosa bermunculan dan hilangkanya pahala berpuasa. Alangkah baiknya ketika kita berbuka puasa kita tidak usah membicarakan hal-hal negatif. Atau malahan lebih baik lagi kalau kita berbuka di rumah saja bersama keluarga untuk menghindari dari perbuatan dosa yang bisa mengurangi pahala puasa. Lagi pula kondisi sekarang yang menghimbau masyarakat untuk tidak berkerumun agar mengurangi potensi tertular virus Covid-19.

3) Nongkrong Siang-Siang bareng Teman

Many Cats
Source: Unsplash – Jari Hytonen

Sebenarnya nongkrong bareng teman sih tidak ada salahnya. Tapi terkadang ada saja teman yang tidak puasa dan menawarkan rokok ke kita. Sepele sih, tapi beberapa orang masih ada aja yang menganggap merokok itu tidak membatalkan puasa. Karena merokok kan tidak memasukan benda ke dalam tubuh. Tapi cuma memasukan sebagian lalu dikeluarkan lagi, jadi tidak membatalkan kan? Pada umumnya merokok mempunyai rasa yang bisa dirasakan pada lidah. Inilah yang menyebabkan merokok itu bisa membatalkan puasa.

4) Nonton Film yang Memancing Sahwat

Couple Watching Movies
Source: Freepik

Ini nih yang udah paling harus dihindari, menonton film yang ada adegan memancing sahwat. Walaupun dianggap biasa atau sepele, tapi kita sebagai manusia bisa saja khilaf. Apalagi kalau kita menonton dengan lawan jenis. Tanpa sadar pelukan lah, dari pelukan terus tatap-tatapan, terus…….. ya you know lah. Niatnya cuma mau mengisi waktu luang, eh bablas jadi batal puasa dan mengurangi pahala puasa. Ini yang harus kita hindari. Lebih baik nggak usah nonton film-film yang mengandung adegan menjurus dan lebih baik mengisinya dengan hal-hal positif.

5) Bertemu Mantan

love-triangle-two-men-woman
Source: Freepik – Wayhomestudio

Terakhir adalah ketemu mantan. Bukan apa-apa nih, buat beberapa orang, moment ketemu mantan adalah moment yang paling harus dihindari. Apalagi buat orang yang mempunyai masa lalu kelam dengan si mantan. Emosi bisa meningkat, mulut mau menghujat, mata melihat dengan sinis. Pokoknya penuh dengan dendam dan emosi. Yang ada puasa kita kurang pahalanya dan batal karena hal-hal yang nggak penting. Kalau kita tidak sengaja ketemu mantan pas puasa, lebih baik langsung tinggalkan tempat itu dan berwudhu. Berwudhu dipercaya bisa meredam emosi dengan efektif. Emosi terjaga dan pahala puasa tidak berkurang.

Itu dia 5 hal yang bisa mengurangi pahala puasa dan berpotensi membatalkan puasa. Masih banyak hal lain yang bisa membatalkan puasa, tapi 5 hal tersebut adalah hal umum yang bisa kita temukan sehari-hari. Coba comment di bawah, hal apa lagi yang bisa mengurangi pahala dan membatalkan puasa.

Visit blog.arti.id untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya seputar lukisan dan dekorasi ruangan. Whatsapp ke nomor 0811-1177-333 untuk konsultasi mengenai lukisan yang cocok untuk ruangan kamu. Oh iya, selama bulan Ramadan, ARTI mempunyai program Ramadan Sale, yaitu diskon 15% untuk semua produk plus potongan harga 5% yang akan digunakan untuk donasi ke yayasan yatim piatu. Ayo tunggu apa lagi, kesempatan terbatas loh!

See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *