Ayo Puasa dan Dapatkan 6 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Ayo Puasa dan Dapatkan 6 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

 

Ayo Puasa dan Dapatkan 6 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

 

Eating Ramadan
Source: Unsplash – Ali Inay

Puasa secara umum adalah suatu kegiatan menahan makan, minum, dan hawa hafsu selama periode tertentu. Puasa yang kita kenal biasanya dilakukan oleh umat muslim selama bulan ramadan. Padahal tidak hanya umat muslim yang menjalankan puasa, diagama lain juga ada yang menjalankan kegiatan puasa dengan ketentuannya tersendiri. Jadi sebenarnya puasa tidak terbatas hanya dilakukan oleh umat muslim, tapi bisa juga dilakukan oleh semua orang karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpuasa.

Di Islam diajarkan bahwa berpuasa dimulai sebelum matahari terbit sampai dengan matahari terbenam atau yang mudah sebelum adzan subuh sampai dengan adzan maghrib. Selama periode itu kita diharuskan menahan haus dan lapar serta hawa nafsu. Itu merupakan patokan yang paling mudah bagi setiap orang yang ingin menjalankan puasa. Lama berpuasa di Indonesia sekitar 13 jam dan bisa lebih atau kurang.

Breakfast family
Source: freepik – tirachardz

Yang kita tidak sadari adalah manfaat dari berpuasa itu sendiri. Ternyata ada banyak manfaat dari berpuasa bagi tubuh yang bisa kita dapatkan apabila kita menjalankannya secara teratur. Tim ARTI sudah merangkum 6 manfaat dari berpuasa bagi kesehatan, yaitu:

1) Membantu menurunkan berat badan

Fork roll meter
Source: Unsplash – Diana Polekhina

Nah, ini biasanya menjadi alasan utama orang-orang ingin berpuasa yaitu menurunkan berat badan. Alasan ini tidak salah karena dengan mengurangi dan membatasi asupan kalori artinya kadar lemak dan ditubuh kita akan berkurang secara bertahap. Selain itu metabolisme tubuh akan meningkat karena kadar neurotransmitter norepinefrin juga meningkat. Inilah yang akan membantu kita menurunkan berat badan.

2) Proses detoksifikasi tubuh

Detox on woman
Source: freepik – master1305

Banyak peneliti yang berpendapat bahwa ketika melakukan kegiatan puasa, tubuh melakukan detoksifikasi atau membuang zat-zat atau racun didalam tubuh secara optimal.

3) Mengurangi peradangan

Man gesturing isolated
Source: freepik – 8photo

Peradangan adalah hal yang wajar terjadi ditubuh kita ketika terjadi infeksi dalam keadaan normal. Yang bahaya adalah ketika terjadi peradangan kronis karena ini dapat memicu penyakit kronis sepert sakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis. Penelitian dengan mengambil subjek sebanyak 50 orang dewasa dan melakukan puasa intermiten selama satu bulan menujukan penurunan level peradangan dan memperbaiki tingkat kesehatan.

4) Meningkatkan fungsi otak

Brain
Source: Unsplash – Robina Weermeijer

Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan produksi sel saraf dan melindungi kesehatan otak. Selain itu fungsi dan kemampuan kognitif otak juga akan meningkat. Selain itu, karena puasa dapat mengurangi peradangan, resiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dapat dihindari.

5) Mengontrol gula darah

Blood sugar test kit set
Source: Freepik – jcomp

Dengan berpuasa artinya kita mengontrol asupan kalori dalam tubuh yang artinya mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. Penurunan resistensi insulin dalam tubuh dapat meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel lebih efektif.

6) Menurunkan tingkat stres

Source: Unsplash – Sydney Sims

Terakhir dengan berpuasa kita dapat menurunkan tingkat stres. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga hawa nafsu. Artinya kita harus bisa mengontrol emosi dalam bertindak. Tujuannya adalah agar kita bisa lebih mengontrol diri dan lebih sabar. Selain itu puasa juga dapat meningkatkan hormon endofin, yaitu hormon yang mempengaruhi kebahagiaan kita. Dengan meningkatnya hormon endofin, kita akan merasa lebih bahagia dan kesehatan mental yang lebih baik.

Itu dia 6 manfaat dari berpuasa bagi kesehatan tubuh kita. Diharapkan sebelum menjalankan puasa, kita mengkonsumsi makanan bergizi atau biasa disebut sahur. Hal ini bertujuan agar tubuh mendapatkan asupan energi ketika menjalankan puasa. Faktanya tubuh membutuhkan waktu sekita 8 jam untuk menyerap nutrisi dari makanan yang terakhir kita konsumsi. Jadi dengan mengkonsumsi makanan sebelum berpuasa kita bisa menghidari tubuh merasa lemas yang menyebabkan kita tidak fokus dalam menjalankan aktifitas seharian.

Sekian artikel blog singkat ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Oh iya jangan lupa selama bulan ramadan, ARTI mempunyai program Ramadan Sale. Jadi kamu akan mendapatkan diskon 15% untuk semua produk di ARTI plus potongan 5% lagi yang akan digunakan untuk sumbangan amal ke anak yatim.

See you in the article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *