5 Ide Lomba Online Buat 17an dari Rumah Aja

5 Ide Lomba Online Buat 17an dari Rumah Aja

 

5 Ide Lomba Online Buat 17an dari Rumah Aja

 

Wah 17 Agustus sebentar lagi, tidak terasa Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan ke 76. Banyak orang-orang yang merayakan 17an dengan lomba-lomba khas, sebut saja balap karung, lomba memindahkan kelereng dengan mulut, makan kerupuk, memasukan pensil ke dalam botol, sampai dengan lomba paling epik yaitu panjat pinang. Untuk lomba nasional, biasanya pemerintah daerah membuat lomba mengkhias gapura dan daerah RT atau Kelurahan terbersih. Untuk perkantoran dan instansi pemerintahan, biasanya dilakukan upacara di kantor untuk memperingati HUT RI.

Panjat Pinang 17an
Source: Unsplash – Zoraya Project

Tapi kondisi pandemi yang menghantam kita sejak 2020 memaksa kita untuk melakukan kegiatan dari rumah saja. Tujuannya untuk menahan laju mobilitas masyarakat yang bisa meningkatkan resiko penyebaran virus Covid 19. Ditahun kedua kita menyambut HUT RI dalam masa pandemik, kegiatan-kegiatan lomba 17an dihimbau pemerintah untuk tidak dilakukan di ruang terbuka karena beresiko akan menimbulkan kerumunan. Tapi ini bukan berarti kita tidak bisa merayakan 17an ya, kita tetap bisa merayakan 17an dengan ide-ide kreatif lomba dari rumah saja.

Dengan mengandalkan internet dan gadget, muncullah beberapa ide lomba 17an dari rumah aja. Berikut ini 5 ide lomba 17an yang bisa kamu lakukan dari rumah aja:

1. TikTok/Reels Challenge

TikTok Reels Challenge
Source: Unsplash – Amanda Vick

Siapa yang tidak tau Tiktok dan Instagram Reels? Kedua platform ini menjadi tempat dimana oran-orang bisa bebas berkreasi membuat video. Banyak konten-konten viral dan “influencer” yang muncul dari kedua platform ini. Menyambut HUT RI ke 76, kita bisa memanfaatkan TikTok dan Instagram Reels untuk membuat challenge yang bertemakan HUT RI.

Bagaimana caranya? Kita tinggal liat video apa yang sedang FYP untuk TikTok dan video yang banyak di posting di Instagram Reels, lalu modifikasi video-video tersebut dengan video buatan kamu sendiri dan gunakan tema 17an. Siapa tau video kamu bisa viral dan masuk FYP.

2. Kuis Cerdas Cermat Online

Kuis Cerdas Cermat
Source: Unsplash – Annie Spartt

Kuis cerdas cermat memang salah satu lomba yang umum dilakukan selain 17an. Tapi karena pandemi mendorong kita untuk melakukan kegiatan dari rumah aja, kita bisa memanfaat fasilitas internet untuk membuat kuis cerdas cermat secara online.

Bagaimana caranya? Menggunakan aplikasi online adalah cara yang paling mudah, salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Kahoot. Caranya, panitia membuat pertanyaan di aplikasi Kahoot dan peserta tinggal menjawab pertanyaan dalam waktu secepat mungkin. Jumlah poin akan otomatis muncul diakhir permainan.

3. Turnamen Game Online

Turnamen Game Online
Source: Unsplash – Onur Binay

Game online saat ini sedang trend dikalangan masyarakat Indonesia, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Hampir semua orang pernah main game online, sebut saja Mobile Legend, PUBG, AOV, Call of Duty, dan masih banyak lagi. Lomba 17an ini kita bisa memanfaatkan game-game online tersebut untuk membuat sebuah turnamen. Caranya, panita tinggal membuat pendaftaran tim/perorangan yang ingin mengikuti turnamen ini. Buat room untuk memulai battle dan tinggal adu keahlian masing-masing tim/ orang dalam bermain.

4. Lomba Foto

Lomba Foto
Source: Freepik – Pressfoto

Lomba foto adalah lomba yang paling mudah yang bisa kita lakukan. Semua orang pasti punya kamera, bahkan handphone jaman sekarang rata-rata sudah mempunya kamera dengan resolusi tinggi yang menghasilkan foto setara kamera mirrorless. Bagaima caranya? Kita tinggal foto yang berhubungan dengan HUT RI ke 76 dari rumah aja dan upload ke media sosial seperti Instagram atau Facebook. Foto dengan like terbanyak adalah pemenangnya.

5. Lomba Menggambar

Lomba Menggambar
Source: Unsplash – Anita Jankovic

Untuk lomba menggambar memang lebih cocok untuk diperlombakan ke usia anak-anak. Jarak usia bisa ditentukan bebas, tapi lebih seru biasanya untuk anak-anak dibawah 10 tahun. Tema yang digunakan juga berhubungan dengan 17an. Tentukan waktu menggambarnya seperti 2 jam. Selesai 2 jam, gambar harus dikumpulkan dengan mengirim gambar ke panitia. Nah untuk penilaian salah satu caranya bisa dengan upload foto anak sambil memegang gambarnya. Yang mendapatkan like terbanyaklah yang menang. Atau kalau memang ada yang bisa menilai gambar dengan adil dia bisa menjadi juri untuk menentukan pemenangnya.

Itu dia 5 ide lomba yang bisa kamu gunakan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia ke 76. Memanfaatkan teknologi dan kreatif, kita bisa menyiasati lomba-lomba 17an yang harusnya dilakukan bersama-sama dilapangan luas. Tidak ada kata keterbatasan untuk kita ikut merayakan HUT RI, semua umur dan jenis kelamin bisa mengikuti lomba-lomba tersebut. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, semoga Indonesia terus jaya dan pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa kembali beraktivitas secara normal.

 

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *