5 Macam Aliran Seni Lukis, Mana Yang Paling Kamu Sukai?

5 Macam Aliran Seni Lukis, Mana Yang Paling Kamu Sukai?

Pada setiap lukisan yang dihasilkan para seniman di seluruh dunia pasti memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya dari aspek aliran yang mereka terapkan. Ada berbagai macam aliran seni yang diaplikasikan para seniman dalam pembuatan karya seninya. Diantaranya 5 aliran seni yang kali ini dibahas di artikel Arti. Mau tahu apa saja? Baca sampai habis yaah!

Berikut Penjelasan terkait 5 Aliran Seni Lukis Beserta Tokohnya

  1. Aliran Romantisisme
Wall Art by ARTI

Istilah romantisisme berasal dari Bahasa Perancis, yaitu roman yang artinya cerita.  Aliran seni romantisisme populer di seluruh dunia pada abad ke -18 sampai abad ke-19. Aliran romantisisme adalah aliran seni yang mengedepankan unsur emosi pada suatu karya dengan cara pembangunan citra yang dramatis, teatrikal, dan suasana seperti yang ada di dalam mimpi. Adapun ciri-ciri aliran romantisisme yaitu imajinatif, subjektif, menggunakan intensitas emosional yang cukup tinggi, suasana dan pencitraan mempunyai kualitas seperti mimpi dan menggambarkan perasaan yang kuat serta tidak harfiah atau menggunakan simbol dan perumpamaan. Selain itu, Tokoh terkenal yang menggeluti seni lukis aliran romantisme diantaranya adalah Henry Fuseli, Raden Saleh, Tomas Cole, William Blake, dan lain-lain.

  1. Aliran Naturalisme
Wall Art by ARTI

Aliran naturalisme dipopulerkan oleh John Amos Comenius pada abad ke-16. Aliran seni yang mengedepankan keakuratan dan kemiripan objek dengan yang digambar. Tujuannya adalah supaya terlihat lebih natural dan juga realistis. Mengusung tema lukisan yang indah sesuai keasliannya adalah salah satu ciri-ciri aliran naturalisme. Selain itu ciri-ciri lainnya adalah teknik dan kemampuan para seniman menjadi senjata utama, mengusung tema keindahan alam dan pemandangan yang ada di sekitar seniman. Aliran Naturalisme juga merupakan bentuk apresiasi seniman terhadap keindahan alam sekitar. Adapun tokoh aliran naturalisme yaitu Abdullah Suriosubroto, Basuki Abdullah, Amaldus Nielsen, Bela Ivanyi-Grunwald, dan lain-lain.

  1. Aliran Impresionisme
Wall Art by ARTI

Aliran seni impresionisme adalah aliran yang menonjolkan kekuatan pencahayaan dengan cara memainkan warna-warna. Dalam lukisan aliran impresionisme, palet warna yang digunakan cenderung kontras dan cerah. Adapun ciri-ciri lukisan aliran impresionisme yaitu pantulan cahaya menjadi suatu variasi objek sekunder. Objek yang ada di lukisan tidak menampilkan detail yang tajam dan hanya menampilkan impresi dan menunjukkan kesan yang cerah. Claude Monet, Pierre-Auguste Renoir, Edouard Manet, dan Paul Cezanne merupakan seniman seni lukis beraliran impresionisme.

  1. Aliran Ekspresionisme
Wall Art by ARTI

Aliran Ekspresionisme adalah aliran seni yang menonjolkan ungkapan dari dalam jiwa. Asal-usul aliran ekspresionisme berawal dari tanggapan terhadap kecemasan yang tersebar luas mengenai hubungan manusia yang semakin tidak harmonis dengan alam dunia. Peristiwa tersebut terjadi di berbagai kota di Jerman. Vincent van Gogh, Edward Munch, James Ensor adalah tokoh seniman-seniman aliran ekspresionisme. Adapun salah satu ciri lukisan ekspresionisme yaitu lukisan yang menunjukkan idealisme seni yang cukup kuat dan berkarya, seperti contohnya penggunaan warna-warna pada lukisan menunjukkan sebuah simbol atau arti tentang sebuah perasaan, bukan untuk menunjukkan pewarnaan yang merupai warna asli objek.

  1. Aliran Kubisme
Wall Art by ARTI

Aliran Kubisme muncul pada tahun 1908 saat seniman yang bernama Pablo Picasso menggunakan aliran kubisme dalam karyanya yang berjudul “Demoiselles D’Avigno”. Aliran Kubisme adalah Aliran yang mempunyai sudut pandang dari suatu objek yang ada di dalam gambar tersebut sehingga membuat gambar seperti terpisah atau terfragmentasi. Adapun fragmentasi terdapat di aliran kubisme akan membentuk suatu geometris seperti kubus, segitiga, silinder, lingkaran dan lain-lainnya. Selain Pablo Picasso, tokoh seniman aliran kubisme diantaranya Mochtar Apin, Ahmad Sadali, Gregorius Sidharta, Oesman Effendi, dan-lain-lain.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 macam aliran seni lukis yang diaplikasikan para seniman di seluruh dunia. Keunikan masing-masing aliran seni tersebut membuat hasil lukisan menjadi semakin terlihat menarik bukan? Koleksi lukisan yang Arti punya terdapat 5 macam aliran seni lukis tersebut lho. Mau Lihat? Cek sekarang disini ya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *