Tips Membuat Rumah Menjadi Lebih Sehat, Wajib Dicoba!

Tips Membuat Rumah Menjadi Lebih Sehat, Wajib Dicoba!

Rumah sehat itu apasih? Rumah sehat adalah rumah yang terbebas dari kuman dan sarang penyakit. Namun bagaimana menciptakan rumah menjadi lebih sehat? Artikel Arti pekan ini akan membahas seputar tips-tips seputar rumah sehat. Mau tahu apa saja? Baca sampai habis yah!

6 Tips Membuat Rumah Menjadi Lebih Sehat

  1. Perhatikan Sirkulasi Udah dan Ventilasi Rumah
Wall Art by ARTI

Pertama-pertama hal yang paling penting dalam menciptakan rumah sehat yaitu memerhatikan sirkulasi udah dan ventilasi yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik maka udara segarpun akan terasa. Untuk mengurangi penggunaan AC, buatlah interior ruangan dengan bukaan ventilasi yang cukup agar udara bisa masuk dengan leluasa. Salah satu cara mengoptimalkan sirkulasi udara secara alami yaitu arahkan jendela menghadap ke selatan agar tidak terkena sinar matahari langsung namun udara tetap dapat bisa masuk dengan baik.

  1. Letakkan Tanaman Pada Sekitar Rumah
Wall Art by ARTI

Perbanyaklah penghijauan di sekitar rumah. Kamu bisa membuat space khusus di luar ruangan untuk area hijau di rumahmu karena tanaman mengeluarkan oksigen untuk kita hirup. Namun kamu juga bisa membuat area dalam rumahmu terkesan hijau dengan menaruh tanaman hias yang baik untuk di dalam rumah diantaranya anggrek atau tanaman jenis kaktus. Bunga anggrek dan tanaman kaktus menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen walaupun pada malam hari. Untuk area hijau di luar ruangan kamu bisa menanam berbagai macam jenis tanaman sayuran dan buah-buah. Tidak hanya menghasilkan oksigen, hasil panennya juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Pastikan Rumah Mempunyai Pencahayaan yang Baik
Wall Art by ARTI

Selain dari segi sirkulasi udara, pencahayaan yang baik juga dapat mempengaruhi indikator rumah sehat atau tidak. Pencahayaan dalam rumah terdiri dari 2 sumber, yaitu pencahayaan alami dari sinar matahari dan pencahayaan buatan dari lampu. Jendela menjadi poin penting dalam pencahayaan alami dalam rumah. Oleh karena itu, pastikan pada setiap ruangan dalam rumah memiliki jendela agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.

  1. Pengelolan Limbah dan Sampah yang Memadai
Source Image: Pexels.com

Dalam setiap kehidupan sehari-sehari tentunya kita tidak akan lepas dari namanya sampah. Sampah makanan, sampah barang, dan lain-lain. Oleh karena itu dalam setiap rumah tentu menghasilkan sampah setiap harinya. Pengelolaan sampah menjadi krusial dalam menciptakan rumah sehat. Jika tidak dapat ditangani dengan baik, sampah akan menimbulkan kekacauan di dalam rumah. Maka dari itu, bijaklah dalam mengelola sampah. Pisahkan mana yang bisa di daur ulang dan tidak di daur ulang. Sediakan kantong plastik khusus untuk memisahkan 2 tipe sampah tersebut. Pada setiap ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, toilet dan lain-lain letakkanlah tempat sampah agar sampah pada ruangan tersebut tidak berserakan. Setelah itu jangan biarkan sampah menumpuk, buanglah sampah ke pembuatan utama di luar rumah setiap hari. Dan Jangan lupa cuci tempat sampah secara berkala.

  1. Bersihkan Perabotan Secara Berkala
Source Image: Pexels.com

Dalam setiap aktivitas di rumah tentunya menggunakan alat-alat untuk mempermudah aktivitas kita. Namun setelah digunakan wajib kita bersihkan untuk mengantisipasi timbulnya penyakit. Bersin-bersin dan alergi dapat timbul dari perabotan atau furniture yang jarang dibersihkan alias berdebu. Oleh karena itu rajinlah dapat membersihkan perabotan rumah agar terhindari dari kuman yang mengendap di barang-barang yang ada di rumah.

  1. Jangan Merokok di dalam Rumah
Source Image: Pexels.com

Terakhir, Jadikan ruangan rumah menjadi bebas rokok agar udara di dalam rumah tidak terkontaminasi oleh asap rokok. Jika memang ingin merokok, sebaiknya merokok di luar ruangan rumah. Kamu bisa sediakan tanda informasi untuk keluarga atau tamu yang ingin merokok hendaklah merokok di luar ruangan. Dikarenakan resiko penyakit dari rokok tidak hanya dari perokoknya saja namun juga dari orang yang tidak sengaja menghidup udara yang sudah tercampur asap rokok.

Demikianlah 6 tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat rumahmu menjadi lebih sehat. Mulai dari memperhatikan sirkulasi dan ventilasi rumah, meletakkan tanaman di setiap sudut rumah, memastikan pencahayaan rumah yang memadai, pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga, membersihkan perabotan rumah sehabis dipakai, dan terakhir jadikan ruangan dalam rumah bebas dari asap rokok. Dengan indikator-indikator tersebut terciptalah rumah yang sehat.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *