Kenapa Harus Art Print dan Canvas Print?

Kenapa Harus Art Print dan Canvas Print?

 

Kenapa Harus Art Print dan Canvas Print?

 

Art print merupakan revolusi dari sebuah karya seni. Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin berkembang, masyarakat semakin mudah dapat membuat sebuah karya seni. Dengan batuan alat-alat canggih yang mempermudah proses  pembuatan karya seni, sekarang hampir semua orang bisa berkarya. Seni yang dimaksud disini adalah seni dalam bentuk digital atau biasa disebut Digital Art.Lalu bagaimana dengan seni kontemporer yang masih mengandalkan keahlian skil dalam membuat karya seni lukis?

Digital Art
Source: Pexels – Anthony

Oh tenang, dengan bantuan teknologi yang semakin canggih, karya seni yang dibuat di atas kertas bisa dikonversi menjadi sebuah digital art. Ada proses yang disebut scanning yang bisa menangkap gambar/sebuah karya diatas sebuah bidang datar lalu diproyeksikan menjadi sebuah digital art. Proses inilah yang akhirnya banyak digunakan oleh seniman-seniman diseluruh dunia untuk memasarkan karyanya.

Painting With Brush
Source: Freepik

Dengan adanya digital art, apakah ini mempengaruhi dari lukisan konvensional? Sedikit banyak dengan adanya digital art mempengaruhi perkembangan dari lukisan konvensional. Kita ambil sebuah sample satu lukisan tangan yang dibuat oleh seniman. Proses pembuatan satu lukisan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi lukisan itu sulit untuk diduplikasi. Walaupun bisa, itu membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Ini juga yang menjadikan lukisan konvensional harganya lebih tinggi dibandingkan art print atau canvas print. Penghargaan atas skill melukis, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan memang lebih besar dibandingkan digital art.

Proses untuk menjadikan digital art menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati dalam bentuk fisik salah satunya dengan menggunakan metode art print dan canvas print. Kedua metode ini pada dasarnya adalah mencetak digital art di atas kertas. Lalu apa bedanya antara art print dan canvas print? Kertas yang digunakan untuk art print menggunakan kertas foto dan canvas print menggunakan kertas canvas. Untuk hasilnya tergantung dari printer, tinta printer, dan kualitas kertas yang digunakan.

Beberapa keuntungan dari art print dan canvas print:

Menghilangkan Batasan Jarak

Orara Studio RAW Scetch
Orara Studio

Ini salah satu keuntungan yang paling utama dari menggunakan art print dan canvas print yaitu siapa pun bisa menikmati karya seni. Jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk seseorang menikamati karya digital art.

Ukuran yang Bisa di Custom

Painting Custom Size
Custom Size 100x200cm

Ketika kita membeli lukisan tangan yang sudah jadi, kita tidak bisa mengubah ukurannya. Kecuali kita melakukan pemesanan sebelum lukisan itu dibuat. Berbeda dengan art print dan canvas print, semua orang bisa memilih ukuran yang dimau. Proses pencetakan akan dilakukan setelah ada kesepakatan transaksi.

Harga yang Lebih Murah

Harga Lukisan yang lebih murah

Harga yang lebih murah karena proses produksi yang dilakukan lebih singkat. Berbeda dengan lukisan tangan, karya yang dibuat langsung dituangkan diatas kertas. Jadi membutuhkan skill dan ketelitian yang lebih tinggi serta resiko yang lebih besar.

Hasil yang Hampir Setara dengan Lukisan Tangan

Hasil yang Hampir Setara dengan Lukisan Tangan
Fernando Viera – Canvas Koi

Ini juga salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang sangat mutakhir. Secara kasat mata, hasil dari canvas print saat ini sudah hampir mendekati dari lukisan tangan. Kalau dilihat dari jauh, hasil keduanya sangatlah mirip. Yang membedakan adalah guratan-guratan dari cat air yang timbul dari lukisan tangan yang sampai saat ini masih belum bisa diduplikasi oleh printer canvas print.

Itu dia beberapa keuntungan dari menggunakan metode art print dan canvas print. ARTI sebagai salah satu marketplace art print dan canvas print di Indonesia menyediakan art print dan canvas print dengan berbagaimacam ukuran. ARTI memiliki lebih dari 50 seniman baik dari Indonesia maupun internasional yang sudah bergabung sebagai seniman.

Semua karya seni di ARTI original karena ARTI sudah melakukan kerjasama dan mendapatkan lisensi dari senimannya untuk memasarkan karyanya. Oh iya, setiap seniman mendapatkan komisi dari setiap karya yang terjual loh.  So, dengan kamu membeli karya di ARTI artinya kamu ikut mendukung seniman untuk terus berkarya.

Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan memberikan wawasan mengenai art print dan canvas print. Yuk follow Instagram ARTI, Facebook ARTI,  dan subscribe YouTube ARTI TV. Untuk kamu yang mau berbelanja bisa visit www.arti.id atau Whatsapp kenomor 0811-1177-333 untuk konsultasi mengenai lukisan dan ruangan.

See you in the next blog, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *