6 Tips Menata Rumah ala Feng Shui agar Rumah Nyamah dan Menambah Chi Positif

6 Tips Menata Rumah ala Feng Shui agar Rumah Nyamah dan Menambah Chi Positif

 

6 Tips Menata Rumah ala Feng Shui agar Rumah Nyamah dan Menambah Chi Positif

Rumah adalah tempat di mana kita bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga. Banyak cara digunakan untuk membuat suasana rumah menjadi nyaman dan aman, salah satunya dengan menata rumah sebaik mungkin. Ilmu Feng Shui seringkali dijadikan pedoman ketika mendesain dan menata rumah. Walaupun tidak semua orang percaya, tapi beberapa konsep Feng Shui Rumah cukup logis dan bisa dipraktikan.

Ilmu Feng Shui sendiri pada awalnya digunakan oleh orang China untuk mendapatkan keseimbangan unsur kehidupan. Keseimbangan unsur kehidupan digambarkan seperti Yin dan Yang, artinya tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Tujuannya adalah mendapatkan energi chi positif.

Dalam menata rumah, filosofi Feng Shui juga digunakan agar memberikan chi positif bagi penghuninya seperti rezeki dan nasib baik. Berikut ini 7 tips menata rumah menggunakan Feng Shui yang bisa menambah energi chi positif:

1) Pintu

Feng Shui for Door
Source: https://id.pinterest.com/

Dalam Feng Shui, pintu adalah jalan masuk energi ke dalam rumah. Cukup vital fungsi dari pintu ini di dalam Feng Shui. Ukuran pintu harus disesuaikan dengan ukuran rumah, pintu yang terlalu kecil akan menghambat aliran energi masuk sedangkan pintu yang terlalu besar akan menarik energi berlebih. Pintu utama harus lebih besar dibandingkan pintu lainnya karena merupakan gerbang masuknya energi positif.

Jangan meletakan pintu depan sejajar dengan pintu belakang, karena menyebabkan energi chi positif yang masuk langsung keluar melalui pintu di hadapannya. Posisikan bukaan pintu ke arah dalam agar menarik chi positif ke dalam rumah.

2) Jendela

Feng Shui for Window
Source: https://id.pinterest.com/

Jendela memiliki fungsi yang penting dalam Feng Shui. Selain sebagai tempat keluar dan masuk sirkulasi udara, jendela juga memiliki fungsi memberikan keseimbangan energi. Jangan sembarangan meletakan jendela, karena jendela membuka jalan masuk keberuntungan ke dalam rumah. Posisikan menghadap ke pemandangan yang indah, seperti taman atau balkon rumah.

3) Warna Interior

Feng Shui Interior Color
Source: https://id.pinterest.com/

Warna memiliki pengaruh dalam menarik energi dan mempengaruhi energi yang berada di dalam rumah. Di dalam Feng Shui, setiap warna memiliki artinya masing-masing. Warna hijau, ungu, dan biru dipercaya dapat mendatangkan kemakmuran, kesehatan, dan pertumbuhan ke dalam rumah. Warna merah dan coklat memiliki aura positif. Warna putih dianggap warna yang paling netral dan dapat menstimulasi energi positif di rumah.

4) Tangga

Feng Shui for Stairs
Source: https://id.pinterest.com/

Tangga merupakan penghubung tiap lantai di rumah. Dalam Feng Shui, tangga juga memiliki aturan yang dapat mempengaruhi energi positif di dalam rumah. Jangan menaruh tangga langsung menghadap pintu depan, karena energi positif yang masuk melalui pintu depan akan langsung naik ke lantai atas tanpa dibawa ke ruangan di lantai dasar. Hindari anak tangga yang berbentuk tajam karena dipercaya dapat memotong rezeki penghuninya. Secara logika, hal ini masuk akal karena beresiko untuk keselamatan penghuni rumah.

5) Cermin

Feng Shui for Mirror
Source: https://id.pinterest.com/

Meletakan cermin di dalam rumah juga diatur dalam Feng Shui. Posisi terbaik penempatan cermin adalah di ruang tamu dekat pintu masuk atau ruang keluarga karena akan memaksimalkan energi yang masuk ke dalam rumah. Tetapi jangan meletakkan cermin berhadapan langsung dengan pintu masuk karena akan memantulkan energi positif yang kan masuk.

6) Lukisan

Feng Shui for Wall Art

Yang terakhir adalah lukisan. Jangan sembarangan menaruh lukisan di dalam rumah karena akan mempengaruhi keberuntungan dan keharmonisan keluarga. Lukisan dengan tema ikan, bunga atau taman bisa jadi pilihan karena memiliki unsur pengharapan, keberuntungan, dan kemakmuran. Memajang lukisan sesuai shio dari penghuni rumah juga bisa menjadi pilihan karena dianggap bisa meningkatkan kharisma si pemilik rumah.

Sekian artikel mengenai 7 tips dekorasi rumah menggunakan ilmu Feng Shui. Apakah rumah kamu sudah di desain sesuai dengan ilmu Feng Shui? Atau kamu berencana untuk membangun rumah sesuai dengan Feng Shui? Tujuan dari penggunakan Feng Shui ini selain untuk meningkatkan energi positif di dalam rumah juga menjadikan rumah kamu menjadi lebih nyaman. Nantikan artikel menarik lainnya di blog Arti, See You !

 

 

Share this:

1 comment

Hallo selamat pagi

Saya tertarik untuk memajang karya saya di Arti, bagaimana caranya?
Apakah ada kriteria tertentu sehingga karya saya bisa diterima di Arti?
Karya seperti apa yang banyak diminati orang?

Terimakasih sebelumnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *