6 Trik Mengatur Keuangan Yang Baik dan Bersahabat Untuk Semua Orang

6 Trik Mengatur Keuangan Yang Baik dan Bersahabat Untuk Semua Orang

 

6 Trik Mengatur Keuangan Yang Baik dan Bersahabat Untuk Semua Orang

 

Supreme Money Gun
Source: Unsplash – Erik Mclean

Siapa yang disini suka kehabisan uang seketika setelah gajian? Atau tengah bulan sudah mulai mengirit makan? Atau malahan tengah bulan sudah mulai mencari pinjaman-pinjaman untuk bertahan hidup sampai akhir bulan atau sampai gajian? Fenomena ini sering kita ketemukan disekitar kita, atau malahan kita yang mengalami kondisi ini. Sebenarnya hal ini bisa kita minimalisir atau lebih baik lagi kita hindari dengan cara mengelola dan mengatur keuangan yang kita punya dengan baik.

Sifat dasar manusia sebagai makhluk yang tidak pernah puas bisa mempengaruhi bagaimana seseorang mengatur keuangannya. Banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Orang yang berbelanja barang karena nafsu, ini biasa disebut dengan keinginan. Membeli barang karena keinginan sifatnya tidak urgent atau bisa kita tunda. Sedangkan sesuatu yang kita beli karena keadaan, ini disebut dengan kebutuhan.

Tidak peduli berapa besar gaji kamu, kalau kamu bisa mengelola dan mengatur keuangan dengan baik maka kamu bisa bertahan hidup hingga akhir bulan. Sebaliknya, kalaupun gaji kamu besar tapi kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik, maka pertengahan bulan kondisi keuangan kamu akan sekarat.

Cash Management
Source: Unsplash – Austin Distel

Berikut ini beberapa trik dalam mengatur keuangan yang bisa dilakukan oleh semua orang:

1.) Pisahkan Rekening untuk Simpanan dengan Pengeluaran

Jangan samakan antara rekening gaji dengan tabungan. Lebih baik lagi kalau kita bisa membagi lagi lebih rinci rekening untuk simpanan, gaji, dan kebutuhan. Rekening gaji adalah tempat dimana uang gaji kita masuk. Rekening ini bisa kita gunakan untuk berbelanja keinginan kita. Rekening simpanan adalah rekening yang khusus kita gunakan untuk menyimpan uang termasuk untuk dana darurat dan investasi. Terakhir rekening kebutuhan yang kita gunakan untuk pengeluaran yang bersifat kebutuhan seperti membayar kosan, bayar pajak, membayar bensin dan tol dan membayar KPR. Dengan begini kita sudah bisa membagi-bagi pos keuangan.

2.) Pastikan 20% dari Pendapatan Ditabung

Ketika kamu mendapatkan gaji atau pendapat lainnya, pastikan minimal 20% dari pendapatan kamu ditabung. Tabungan yang dimaksud bisa berupa dana darurat atau investasi. Jangan pernah mengambil uang dari tabungan ini kalau tidak sangat urgent, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan. Anggap tabungan ini sebagai investasi untuk masa depan.

3.) Rencanakan Anggaran Pengeluaran

Selalu buat anggaran pengeluaran setiap bulan, lebih baik lagi kalau bisa perhari. Lebih detail lebih baik lagi. Tujuan dari membuat rencana anggaran adalah kita bisa mengetahui berapa kira-kira pengeluaran bulan ini. Jadikan ini target pengeluaran kamu, kalau bisa jangan melebihi rencana anggaran ini kecuali ada sesuatu yang sangat mendesak.

4.) Buat Catatan Pengeluaran

Setelah kamu membuat rencana anggaran pengeluaran, jangan lupa catat setiap pengeluaran kamu. Kalau malas mencatat dikertas, kamu bisa menggunakan aplikasi dihandphone yang sudah banyak sekarang. Tujuan dari mencatat pengeluaran ini adalah kamu bisa mengetahui apakah pengeluaran kamu sudah sesuai dengan rencana pengeluaran yang sudah kamu sebelumnya. Wajarlah namanya manusia, suka khilaf kalau belanja. Jadi dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa mengeceknya.

5.) Hindari Berhutang

Inilah yang musuh dari pengelolaan keuangan, yaitu hutang. Bukan tidak boleh berhutang, tapi berhutanglah untuk hal-hal yang bisa memberikan nilai lebih untuk kita, seperti KPR, mobil, tanah, atau barang-barang yang bisa memberikan uang lebih. Contoh apabila kamu fotorgrafer kamu berhutang untuk membeli peralatan fotorgrafi yang bisa mendukung pekerjaan kamu. Yang tidak boleh adalah kita berhutang untuk membeli barang-barang karena nafsu, tidak memiliki nilai lebih, dan hanya untuk terlihat oke didepan orang-orang.

6.) Manfaatkan Diskon dan Promo

Tidak bisa dipungkiri lagi, diskon dan promo sangat menarik kita untuk berbelanja. Apalagi kalau tulisannya “Diskon 90%”. Padahal ada tanda bintang kecilnya yang tidak kita baca. Ketika kita ingin berbelanja, usahakan yang ada diskon dan promonya, selain lebih murah ini juga bisa menekan pengeluaran bulanan. Cek-cek di marketplace karena biasanya suka ada diskon dan promo dadakan.

Itulah beberapa trik dalam mengelola keuangan yang kamu bisa lakukan. Satu lagi hal penting yang harus kamu lakukan, ketika gaji atau pendapatan kamu naik maka yang harus kamu tingkatkan adalah tabungan kamu bukan pengeluaran kamu. Bukannya tidak boleh belanja apa yang kamu inginkan, self reward itu penting tapi sesuaikan dengan kemampuan. Jangan keinginan malahan membebani keuangan kamu.

Best-Sellers-2021-juli-2021

Nah, sekarang ARTI sedang ada diskon 10% untuk semua produk. Manfaatkan diskon ini untuk kamu yang ingin membeli art print dan canvas print. Ada lebih dari 1500 karya seni dari seniman lokal dan internasional yang tergabung di ARTI. Yuk cek di website www.arti.id dan follow Instagram @arti.id.art. Untuk konsultasi dan pemesanan bisa melalui Whatsapp 0811-1177-333 dan 0811-1010-037.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *