Belanja di Instagram dengan Product Tag

Belanja di Instagram dengan Product Tag

 

Belanja di Instagram dengan Product Tag

 

Man Shopping on Instagram
Source: Freepik – Rawpixel

Oktober 2020 yang lalu, Facebook sebagai induk dari Instagram meluncurkan salah satu fitur terbaru yaitu Instagram Shopping. Fitur ini bisa kamu gunakan di aplikasi Instagram yang berfungsi untuk memudahkan pengguna Instagram memilih produk dan berbelanja langsung via website. Pada dasarnya Instagram Shopping menggunakan fitur product tagging, jadi pengguna Instagram bisa langsung melihat harga produk dan berbelanja dengan mengklik tag yang sudah dipasangkan di setiap post.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur photo tagging yang selama ini sudah kita kenal. Fitur foto tagging berfungsi untuk tag akun dari orang-orang yang ada di foto kita. Instagram mengembangkan fitur ini dengan menambahkan fitur product tag. Jadi, dengan metode yang sama bisa mendapatkan fitur yang berbeda dengan tujuan yang sama yaitu memudahkan pengguna Instagram untuk mengetahui setiap detail yang ada disetiap postingan Instagram.

Berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2018, 80% dari pengguna Instagram pasti mengikuti sebuah bisnis atau brand. Melihat kondisi ini, Instagram melihahat sebuat kesempatan untuk menjadi penghubung antara bisnis dengan customer. Dari sisi pemiliki bisnis, dengan adanya Instagram Shopping memudahkan mereka untuk memasarkan dan menjual produk. Dari sisi customer, Instagram Shopping memudahkan untuk mengetahui harga dari sebuah produk, spesifikasi, dan melakukan pembelian via website.

Bagaimana cara mengetaui sebuah produk ada di Instagram Shopping atau menggunakan fitur Product Tag dari sisi customer? Tenang, ARTI akan menjelaskan seputar fitur ini. Sayang loh kalo fitur keren ini kamu nggak tau. Yuk cekidot:

Pastikan Ada Logo Tas Belanja

Logo Instagram Product Tag

Kalau kamu masuk ke akun sebuah bisnis atau brand, kamu akan melihat sebuah logo tas belanja di pojok kanan atas di postingan feed. Ini menandakan bahwa postingan tersebet mengadung product tag untuk Instagram Shopping. Kamu bisa melihat harga di produk postingan feed tersebut.

Product Tag

Setelah kamu klik postingan yang ada logo tas belanja, kamu akan memiliki 2 cara untuk melihat harga dan spesifikasi dari produk tersebut.

a.) Tap sekali di gambar untuk memunculkan product tag. Cara ini sebenarnya sama ketika kita ingin melihat orang-orang yang di tag di postingan Instagram. Tapi bedanya kalau ini yang muncul adalah produk bukan orang.

Product Tag A

b.) Tap gambar tas belanja di pojok kiri bawah dan kamu akan masuk ke produk apa saja yang di tag di gambar tersebut. Setelah itu tap pada produk yang ingin kamu lihat detailnya.

Product Tag B

Shop

Instagram Shopping Product

Berikutnya kamu akan masuk ke halaman Instagram Shop. Disini kamu bisa melihat lebih detail dari produk tersebut, dari harga, spesifikasi, dan link untuk pembelian atau kirim pesan untuk bertanya-tanya.

Masuk ke Product Website

Website Product

Kalau kamu oke dan klik untuk membeli, maka kamu akan masuk ke link website dari produk yang kamu mau beli. Sudah deh, tinggal kamu sesuaikan spesifikasi dan lanjutkan proses pembelian.

Inilah bagaimana cara kamu mengetahui dan menggunakan fitur product tagging yang ada di Instagram. Fitur ini memang masih baru banget diluncurkan oleh Instagram dan masih asing sekali digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia karena memang baru diluncurkan pada Oktober 2020. Berbeda dengan photo tagging yang sudah banyak digunakan oleh hampir semua orang ketika posting foto atau video di Instagram.

Jangan lupa follow Instagram ARTI ya di @arti.id.art dan visit www.arti.id untuk melihat seluruh produk kita. Oh iya, ARTI lagi diskon 10% untuk semua produk! Cus langsung belanja. ARTI ada di Tokopedia dan Shopee. Yang mau konsultasi mengenai lukisan dan pemesanan juga bisa melalui Whatsapp: 0811-1177-333 atau 0811-1010-037.

 

See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *