7 Lukisan yang Menggambarkan Bahwa Hidup Itu Tidak Selamanya Indah

7 Lukisan yang Menggambarkan Bahwa Hidup Itu Tidak Selamanya Indah

 

Siapa yang masih menganggap bahwa hidup akan berjalan mulus dan indah seperti kisah dongeng Beauty and The Beast?

Tidak kawan, hidup berjalan tidak selamanya indah. Banyak hal-hal yang terjadi tidak sejalan dengan harapan kita. Mungkin kita berharap bahwa setiap harapan bisa terjadi atau ketika kita sudah berusaha dengan keras, kita berharap hasilnya baik. Tapi ternyata apa? Hasilnya terkadang berbeda dengan harapan. Mengakibatkan kita kecewa.

Melihat situasi ini, ARTI juga punya loh beberapa karya yang menggambarkan bahwa hidup tidak selamanya ini:

1. Marcus Cederberg – Coffe Break

Marcus Cederberg - Coffe Break
Marcus Cederberg – Coffe Break

Manusia dituntut untuk kerja keras demi mendapatkan apa yang dicita-citakan. Demi mengejar cita-cita itu, manusia akan melakukan apa saja termasuk juga kerja. Kerja adalah salah satu cara untuk mencari uang. Dengan memiliki uang, maka kita bisa memenuhi segala kebutuhan baik primer, sekunder, dan tersier.

Ada banyak macam kerjaan yang bisa kita kerjakan, mulai dari kerja kantoran, buruh, ataupun kontrak. Seperti karya dari Marcus Cederberg yang berjudul Coffee Break. Kita bisa melihat seorang buruh yang bekerja diatas besi-besi beton sedang beristirahat. Bagaimana resiko yang dihadapi oleh buruh ini bekerja demi mendapatkan uang. Kita yang masih bisa bekerja tanpa memiliki risiko tinggi bisa bersyukur ketika melihat kondisi ini.

2. Maarten Leon – Hard Decision

Maarten Leon - Hard Decision
Maarten Leon – Hard Decision

Manusia sering dihadapi oleh beberapa pilihan berat, apalagi ketika harus menentukan pilihan yang krusial demi masa depan. Ambil contoh mudah, ketika kita harus memilih sekolah, jurusan studi, kampus, atau pacar ?

Hal-hal ini tidak bisa diambil keputusan dengan cepat, harus dipikirkan sebaik mungkin. Memikirkan suatu hal terlalu keras juga tidak baik bagi mental. Ini bisa mengakibatkan burn out. Sama dengan kondisi yang digambarkan oleh karya dari Maarten Leon berjudul Hard Decision. Seseorang yang berpikir keras sampai dengan kepalanya berasap.

3. Buko2 – Time To Explore Krem

Buko2 - Time To Explore Krem
Buko2 – Time To Explore Krem

Selalu mencoba hal-hal baru di dalam perjalan hidup kamu atau kamu tidak akan pernah tahu potensi apa yang ada di dalam diri kamu. Tidak ada salahnya ketika kamu mencoba hal baru, dengan syarat kamu tahu apa yang kamu lakukan. Jangan mencoba hal baru tanpa tahu apa yang sedang kamu lakukan karena ini akan beresiko merusak timeline hidup kamu.

Karya dari Buko2 yang berjudul Time To Explore Krem ini menggambarkan seorang astronot yang akan terbang menggunakan pesawat roket di antariksa di dalam botol pasir. Sepertinya Buko2 ingin memberikan pesan kepada kita bahwa terus mencoba hal baru sebelum waktu kita habis.

4. Maarten Leon – Fishing For Compliments

Maarten Leon - Fishing For Compliments
Maarten Leon – Fishing For Compliments

Nelayan adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak di Indonesia karena negara Indonesia adalah negara kepulauan. Luas laut kita sangatlah luas, maka tidak aneh nelayan adalah mata pencaharian terbesar.

Maarten Leon menggambarkan seorang nelayan yang sedang melemparkan jaring ke laut. Dengan warna laut biru tua dan langit berwarna putih. Simple picture to describe a fisherman’s job.

5. Ninhol – Explorer

Ninhol - Explorer
Ninhol – Explorer

Menjalankan kehidupan walaupun dengan beban hidup yang berat adalah jalan bagi sebagian orang. Bisa jadi orang tidak ada pilihan lain selain menjalankan kondisi kehidupan seperti ini. Tapi percayalah ketika kita bisa menjalankan setiap fase kehidupan dengan baik dan terus berusaha untuk mencari hal baru maka hal baik akan datang kekita.

Ninhol menggambarkan kondisi ini di dalam karyanya yang bejudul Explorer. Seorang yang menggunakan helm astronot sedang naik sepeda dan menggunakan ransel berisikan planet-planet. Ibaratnya astornot ini sedang menjalankan hidupnya dengan membawa beban yang digambarkan dengan planet-planet di dalam tas ranselnya.

6. Orarastudio – Fuck This Shit

Orarastudio - Fuck This Shit
Orarastudio – Fuck This Shit

Kalau ini adalah sebuah ucapan yang muncul ketika kita merasa bahwa hidup ini tidak adil.  Manusia boleh mengeluh, ini adalah bentuk kekecewaan atau rasa lelah yang muncul ketika kita berusaha.

Orarastudio membuat sebuah karya berupa tulisan “Fuck This Shit” dan dikelilingi oleh bunga-bunga. Ibaratnya sebuah cemohan yang keluar di tengah situasi yang sangat indah. Ketika usaha yang sudah kita jalankan semaksimal mungkin tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

7. Nordiccreators – Just A Little Kiss Black 01

Nordiccreators - Just A Little Kiss Black 01
Nordiccreators – Just A Little Kiss Black 01

Cukup dengan gambaran bagaimana kerasnya kehidupan. Nordiccreators menggambarkan sebuah ciuman kecil yang bisa menghapus segala lelah yang sudah kita hadapi. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghapus rasa lelah. Salah satunya adalah dengan “a little kiss” dengan pasangan kita.

Kondisi mana yang paling menggambarkan perjuangan hidup kamu? Yuk komen dibawah.

Tetap semangat ya kawan dalam menjalani hidup walaupun terkadang hidup ini keras dan tidak adil. Percayalah akan ada hal baik di depanmu.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *