Dream Bigger, Train Harder, Reach Higher

Dream Bigger, Train Harder, Reach Higher

 

Ini adalah sebuah kata mutiara yang begitu dalam maknanya. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya “Mimpilah sesuatu yang besar, berusaha dengan keras, capailah sesuatu yang lebih tinggi”.

Untuk kamu yang merasa dirinya tidak memiliki privilage dalam hal apapun, kunci sukses kamu adalah berusaha yang lebih keras dibandingkan orang lain. Ini adalah syarat mutlak ketika kamu ingin mencapai sesuatu yang besar. Usaha yang biasa saja hanya akan menghasilkan hal yang biasa saja. Kamu akan menjadi seseorang yang biasa sama dengan orang-orang yang ada disekitar kamu.

Untuk mencapi sesuatu yang lebih, maka usaha lebihlah yang akan membedakan kamu dengan orang-orang disekitar kamu. Hasilnya pun pasti akan berbeda. Ini sejalan dengan kata muatiara “Dream Bigger, train harder, reach higher”

Dibawah ini ada 6 Karya di ARTI yang bisa memotivasi kamu dalam mencapi cita-cita kamu:

1. OraraStudio – Don’t Be Like The Rest

Don’t Be Like The Rest

Seperti yang sudah dibahas di awal, untuk menjadi seseorang yang sukses, kita harus berbeda dari yang lain. OraraStudio juga membuat karya yang berjudul Don’t Be Like The Rest untuk mengajak kita jangan takut untuk berbeda.

Berbeda disini maksudnya dalam hal usaha dan kerja keras. Menjadi berbeda bukanlah hal yang aneh, apalagi dalam hal positif. Kalau kita sama dengan yang lainnya artinya hasil yang akan kita dapatkan juga akan sama saja dengan orang-orang disekitar kamu.

2. Maarten Leon – We Communicate Silently

We Communicate Silently

Pernah dengar kata mutiara “buku adalah jendela dunia”? Iya buku adalah sumber dari segala sumber informasi. Kita bisa mendapatkan segala informasi dan pembelajaran dari buku. Walaupun jaman sekarang sumber informasi kita bisa dapatkan dari internet yang lebih cepat dan singkat, tapi informasi dari buku tetaplah lebih jelas dan lengkap.

Maarten Leon di dalam karyanya We Communicate Silently juga menggambarkan buku adalah media komunikasi satu arah. Setiap orang yang membaca buku seperti berkomunikasi dengan tema buku yang dibaca tanpa mendapatkan feedback. Seperti membaca novel, kita bisa dibawa seakan-akan ada di dalam cerita novel tersebut.

3. Dhika Anjani – Rewrite The Star

Rewrite The Star

Cita-cita sering diibaratkan seperti bintang di langit, indah tapi sulit untuk digapai. Dhika Anjani di dalam karyanya Rewrite The Star, menggambarkan 2 orang yang sedang melukiskan bintang di langit. Kita harus bisa membuat dan menggapai bintang yang kita buat. Ibaratnya cita-cita yang kita punya harus bisa kita capai. Susah itu pasti, makanya kita harus berusaha dengan kerja keras. Karena usaha dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

4. Maarten Leon – Get Lost

Get Lost

Dalam menggapai cita-cita, pasti ada saja orang yang menghalangi atau menghambat kita. Ada baiknya orang-orang tersebut kita tinggalkan dan jauhi. Sama seperti karya dari Maarten Leon berjudul Get Lost, seorang perempuan yang menendang jatuh seorang pria.

Orang-orang yang menghambat kita itu tidak senang apabila kita sukses. Ada baiknya kita tendang saja orang-orang itu sehingga kita akan lebih mudah dalam mencapai tujuan dan cita-cita kita.

5. Ninhol – Pale Blue Dot

Pale Blue Dot

Ninhol dalam karyanya Pale Blue Dot menggambarkan sesorang yang sedang memeluk dunia. Ini bisa menggambarkan bahwa dalam proses belajar kita mencapai cita-cita, cobalah untuk tidak memilih-milih dalam mencoba hal baru. Karena dalam mencoba hal baru, kita akan tau mana yang baik untuk kita dan mana yang tidak.

Ketika kita menemukan hal negatif dalam belajar, maka ini bisa menjadi sebuah pembelajaran kedepannya untuk tidak mengulangi hal yang sama.

6. Buko2 – Cosmic Masterpiece

Cosmic Masterpiece

Ibaratkan hidup kamu ini seperti kerta putih yang kosong. Kalau kamu tidak mengisinya dengan pengalaman dan mencoba hal baru maka kerta itu akan selamanya putih. Tapi ketika kamu mau mencoba hal baru dan menjadikannya pengalaman, maka kertas putih itu akan berubah menjadi kertas yang banyak coretan.

Buko2 dalam karyanya Cosmic Masterpiece menggambarkan seorang astronot yang melukis dengan kuas sebuah tinta berupa planet-planet antariksa. Ini bisa kita analogikan astronot tersebut adalah kita yang sedang membuat coretan berupa pengalaman-pengalaman.

Itulah keenam karya seniman di ARTI yang bisa memotivasi kamu dalam menggapai tujuan hidup dan cita-cita. Ingat, kamu harus berani berbeda dalam hal berusaha dan kerja keras karena inilah yang akan membedakan kamu dengan orang-orang yang ada disekitar kamu. Faktor ini juga yang pada akhirnya bisa membuat kamu mendapatkan hasil lebih dibandingkan dengan orang lain.

Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental, karena terkadang banyak orang-orang yang sedang asyik fokus untuk kerja keras malahan lupa dengan kesehatan fisik dan mentalnya akhirnya malah sakit. Sebisa mungkin tetap menjaga pola hidup sehat, olahraga, dan istirahat cukup sepadat apapun aktivitas kamu.

Akhir kata, ayo semangat mengejar cita-cita dan tujuan hidup! Kalau kamu tertarik dengan karya-karya yang ada di artiketl ini, kamu bisa visit www.arti.id dan Instagram @arti.id.art untuk melihat koleksi karya-karya.

Sampai berjumpa di artikel-artikel menarik lainnya, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *