8 Jenis Keramik Favorit yang Bisa Kamu Pilih Untuk Ruangan Kamu

8 Jenis Keramik Favorit yang Bisa Kamu Pilih Untuk Ruangan Kamu

 

8 Jenis Keramik Favorit yang Bisa Kamu Pilih Untuk Ruangan Kamu

 

Keramik adalah salah satu jenis pelapis fondasi lantai yang digunakan dirumah. Selain digunakan untuk lantai, banyak keramik juga digunakan untuk melapisi dinding ruangan karena motif yang tidak monoton dan perawatan yang lebih mudah dibandingkan menggunakan cat.

Lobby Ruangan
Source: Pinterest

Ada banyak jenis keramik yang bisa kita temukan ditoko bangunan dan menjadi bahan pertimbangan apakah cocok untuk tema rumah. Beragam jenis keramik ini memiliki motif dan bahan dasar yang beragam dan menjadikan harga yang juga bervariasi. Bahan dasar juga mempengaruhi daya tahan dari keramik dan motif yang dihasilkan. Outputnya adalah keramik ini bisa mempengaruhi bagaimana rumah menjadi memiliki gaya, baik elegan atau klasik. Selain itu menggunakan kramik yang tepat pada ruangan tertentu bisa mempengaruhi daya tahan dari keramik itu sendiri.

Tim ARTI sudah memilih 8 jenis keramik yang umum digunakan di rumah, penginapan, dan juga rumah makan.

1. Keramik Biasa

Keramik Biasa
Source: Unspash – Callum Shaw

Ini adalah jenis keramik yang umum kita temukan di rumah-rumah. Bahan utama keramik biasa adalah tanah liat yang diproses melalui percetakan dan pembakaran.Ukuran, warna, dan kualitas beragam. Kita bisa menggunakan keramik biasa untuk ruangan dalam rumah, kamar mandi, dan teras rumah.

2. Keramik Teraso

Keramik Teraso
Source: Pinterest

Keramik teraso sekarang kembali ngetren dan banyak dipakai di rumah, penginapan, dan rumah makan bernuansa klasik. Bahan dasar keramik ini adalah pecahan batu marmer yang dicampur dengan semen dan pasir. Motif yang ditimbulkan adalah bintik-bintik unik dan lebih awet dibandingkan kramik biasa. Keramik teraso banyak digunakan di teras rumah dan ruang tamu.

3. Keramik Marmer

Keramik Marmer
Source: Pexels – Max Vakhtbovych

Salah satu jenis keramik yang bisa membawa nuansa mewah dan elegan. Ciri khas dari keramik marmer adalah adanya guratan motif serat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Motif ini tercipta dari proses proses alami dan kristalisasi batu kapur. Keramik marmer cocok untuk digunakan disemua bagian rumah. Tapi butuh perawatan khusus untuk keramik marmer agar terus terlihat mengkilap.

4. Keramik Granit

Keramik Granit
Source: Unsplash – Erica Indriana

Keramik granit menjadi pilihan yang tepat apabila kita ingin ruangan terlihat modern dan mewah tapi dengan budget yang lebih terjangkau. Bahan utama dari keramik granit adalah batu alam dari pegunungan atau tambang. Motif yang dihasilkan dikeramik granit hampir mirip dengan marmer tapi dengan kualitas yang sedikit di bawah marmer. Penggunaan keramik granit lebih ke dalam rumah karena lebih mudah perawatannya.

5. Keramik Porselen

Keramik Porselen
Source: Freepik – Topntp26

Keramik porselen adalah jenis keramik yang mirip dengan keramik biasa tapi memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih mengkilap. Bahan dasar keramik porselen adalah tanah liat putih dan ditambah gloss berupa kaca. Makanya hasil akhir dari keramik porselen lebih cerah dan terkesan lebih elegan dan mewah. Keramik porselen banyak digunakan di kamar mandi sampai dengan teras rumah.

6. Keramik Kuadrat

Keramik Kuadrat
Source: Pinterest

Ini adalah jenis keramik yang banyak digunakan untuk bagian luar rumah seperti teras dan garasi. Keramik ini dibuat dari proses tanah liat yang dipanaskan pada suhu tinggi. Hasilnya adalah keramik dengan tingkat porositas yang rendah dan daya tahan keramik yang lebih tahan lama. Warna yang dihasilkan juga coklat atau agak kemerahan dan permukaan yang doff.

7. Keramik Motif

Keramik Motif
Source: Pinterest

Selain keramik teraso, keramik motif banyak digunakan dirumah-rumah bergaya klasik. Keramik motif biasanya dipasang dengan dikombinasikan jenis keramik lain. Banyak juga yang menggunakan keramik motif untuk dipasangkan di dinding. Teknologi yang digunakan dalam pembuatannya adalah menggunakan pencetakan gambar dan warna. Keramik motif banyak digunakan di kamar mandi dan dapur.

8. Keramik Mozaik

Keramik Mozaik
Source: Pexels – Max Vakhtbovych

Jenis keramik mozaik adalah jenis keramik yang disusun dari potongan-potongan kaca atau keramik terus disusun dan dirangkai dengan pola tertentu. Keramik mozaik juga memiliki tingkat kepadatan yang tinggi sehingga banyak digunakan di kamar mandi dan dapur. Ada dua jenis keramik yaitu mozaik tanpa glasir dan mozaik berlapis kaca.

 

Ini adalah 8 jenis keramik yang banyak digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Dari banyaknya jenis keramik yang ada, keramik biasa masih jadi pilihan utama kebanyak rumah. Selain karena harga yang masih terjangkau, ukuran yang bisa kita pilih juga beragam. Untuk rumah yang ingin terlihat mewah dan elegan pilihan terbaik adalah menggunakan keramik marmer atau granit. Mau rumah bergaya klasik? Keramik teraso dengan kombinasi keramik motif adalah pilihan yang tepat.

ARTI Room Mockup

Selain itu, jangan lupa dinding kamu juga harus dihias. Lukisan art print dan canvas print bisa menjadi pilihan kamu. ARTI adalah marketplace lukisan art print dan canvas print terbesar di Indonesia. Ada lebih dari 1500 karya dari seniman lokal dan internasional yang bisa kamu pilih. Kamu juga mempunyai kebebasan untuk memilih 6 jenis frame yang ada di ARTI. Yuk konsultasi gratis dengan tim ARTI via Whatsapp di nomor: 0811-1177-333 atau 0811-1010-037

Sekian untuk artikel ini, sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya. Bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *