Apa itu Fotografi? Apakah Termasuk Bagian dari Seni?

Apa itu Fotografi? Apakah Termasuk Bagian dari Seni?

Apa itu Fotografi? Apakah Termasuk Bagian dari Seni?

 

Sering sekali kita mendengar istilah foto, fotografi, dan fotografer di dunia perkameraan. Nah, apakah kamu tau arti dari ketiga istilah itu? Oke, kami akan jelaskan makna dari masing-masing kata tersebut. Kami mengambil sumber dari KBBI online dan Wikipedia.

Photo Photography Photographer Camera
Photo by Jon Tyson on Unsplash

– Foto menurut KBBI adalah potret, gambaran, atau pantulan, sedangkan menurut Wikipedia adalah  gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu.

– Fotografi menurut KBBI adalah seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan, sedangkan menurut Wikipedia adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

– Fotografer menurut KBBI adalah juru foto, tukang potret, pemotret, atau juru potret, sedangkan menurut Wikipedia adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya.

Dari ketiga istilah itu, kita sekarang akan membahas mengenai fotografi. Masih banyak yang menganggap bahwa fotografi berbeda dengan seni karena semua orang bisa melakukannya asalkan mempunyai kamera. Pada kenyataannya, fotografi merupakan bagian dari seni karena menghasilkan sebuah karya berbentuk objek tertentu yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Yang membedakan fotografi dengan seni lain adalah bagaimana sebuah karya fotografi dihasilkan. Dan percayalah, tidak semua orang yang punya kamera bisa menghasilkan sebuah karya fotografi yang bagus. Kamera mahal tidak menjamin hasilnya juga bagus, tetapi kembali lagi ke keahlian orang menggunakan kamera. Biasanya disebut dengan “man behind the camera”.

Seiring kemajuan teknologi, sekarang sudah banyak hasil-hasil karya fotografi yang luar biasa dihasilkan oleh orang-orang yang hanya menggunakan kamera handphone. Orang tidak lagi mengandalkan kamera DSLR atau Mirrorless untuk menghasilkan foto yang bagus. Handphone sekarang juga sudah bisa memproses objek menjadi sebuah karya seni yang luar biasa. Tapi tetap, untuk di beberapa aspek, kamera DSLR atau Mirrorless tetap lebih unggul dibandingkan kamera handphone.

ARTI sebagai marketplace lukisan berbentuk art print dan canvas print juga memiliki beberapa karya dari seniman di dunia yang mengeluarkan karya seninya menggunakan teknik fotografi. Ini dia 5 rekomendasi beberapa karyanya:

1. Andreas Lundskog – Yellow

Andreas Lundskog - Yellow

Ini merupakan salah satu karya di ARTI yang Most Wanted. Warna kuning dibatu di antara bebatuan lain dipinggir laut sangatlah artistik. Teknik pengambilan gambar yang bagus serta komposisi warna yang sesuai menjadikan karya ini cocok untuk dipasang di ruang keluarga atau ruang tamu rumah anda. Karya dari Andreas Lundskog akan lebih terlihat hidup kalau kamu menggunakan canvas print.

2. SisiAndSeb – In The Desert II

SisiAndSeb - In The Desert II

Tema jadul sepertinya cocok diberikan kepada karya dari SisiAndSeb. Penempatan komposisi mobil ditengah yang menjadikannya sebagai objek utama digambar sangat bagus. Warna yang agak sedikit orange dan lokasi yang berada di tengah padang pasir sudah paling cocok digunakan digambar ini.

3. Nur Mut – The Path Ahead

Nur Mut - The Path Ahead

Teknik fotografi dengan menggunakan warna hitam putih atau biasa disebut monochrome juga ada di ARTI. Nur Mut merupakan salah satu seniman yang menggunakan teknik monochrome dibeberapa karyanya. Menggambil objek bukit dengan banyaknya pepohonan dan ada jalan ditengah-tengah bukit merupakan komposisi gambar yang natural. Karya ini bisa dipasangkan disemua ruangan di rumah kamu dan yang pastinya eye catching.

4. RubyAndB-Studio – Paris 02

RubyAndB-studio - Paris 02

Untuk yang satu ini, kita akan mengambil salah satu landmark atau tempat objek wisata yang paling terkenal di Prancis yaitu Menara Eiffel. RubyAndB-Studio mengambil sudut pandang yang luas dengan menggunakan objek tunggal yang jauh berupa Menara Eiffel. Kesan jauh dan luas menjadikan karya ini apabila dipasangkan diruangan kamu akan memberikan efek besar dan luas.

5. Nur Mut – Long Leaves 1

Nur Mut - Long Leaves 1

Oke, kita sekarang akan melihat yang hijau-hijau. Karya lain dari Nur Mut berupa tanaman hijau yang terlihat seperti daun pandan. Teknik pengambilan gambar yang close up menjadikan kita hanya fokus ke daun saja. Karya ini cocok untuk dipasangkan secara set dengan 1 gambar lain atau lebih. Sayang sekali apabila karya ini hanya sendirian di tengah ruangan.

Ini adalah 5 karya fotografi dari beberapa seniman di ARTI. Masih banyak lagi karya-karya lain di ARTI yang bertemakan fotografi yang bisa kamu pilih disini. Jadi karya seni tidaklah harus berupa gambar yang dilukis, patung yang dipahat, atau lantunan musik. Fotografi juga termasuk bagian dari seni yang menggunakan teknik pengambilan gambar dengan menggunakan alat bantu berupa kamera. Pada akhirnya kita sendiri yang menentukan apakah sebuah karya seni cocok dengan selera kita atau tidak.

Sekian artikel blog ini, kamu bisa eksplor lebih banyak lagi art print di website kami www.arti.id atau kalau kalian mau konsultasi mengenai lukisan art print bisa Whatsapp ke nomor 0811-1177-333. Sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya. Bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *