Apa Itu Lukisan Geometris?

Apa Itu Lukisan Geometris?

Lukisan geometris? Apa itu? Lukisan geometris adalah lukisan yang menggunakan motif abstrak seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Namun, kapan lukisan geometris itu muncul? Siapa pelopornya? Apa saja yang termasuk ke dalam bentuk-bentuk geometris? Dan siapa saja seniman-seniman yang populer dalam bidang lukisan geometris pada era modern? Penasaran kan? Baca artikel ini sampai habis yah!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lukisan Geometris

  • Sejarah Lukisan Geometris

Dikutip dari Wikipedia, Seni Geometris adalah suatu fase dalam seni Yunani yang ditandai dengan munculnya motif-motif Geometris dalam lukisan-lukisan vas. Puncak eksistensi seni geometris terjadi pada akhir Zaman kegelapan Yunani, yaitu sekitar 900 – 700 sebelum masehi. Pada Zaman tersebut Seni Geometris berpusat di Athena dan menyebar di sekitar kota-kota dagang di Kepulauan Aigea.

Adapun tokoh seni geometris bernama Kazimir Severinovich Malevich, beliau adalah seorang pelukis berkebangsaan Rusia yang merupakan pelopor seni abstrak geometris.

Berikut adalah hasil karya seni lukis yang beliau ciptakan:

Lukisan Geometris karya Kazimir Malevich 
  • Bentuk-bentuk geometris

Bentuk-bentuk geometris yaitu perpaduan segiempat, segitiga atau lingkaran atau dengan kata lain seperti bentuk bola, bujur sangkar, tabung, limas, dan sebagainya. Bentuk geometris juga sering dikatakan sebagai bentuk mutlak atau murni.

  • 5 Tokoh modern Seniman geometris
  1. Virginia Garcia Costa, seniman Argentina berkebangsaan Swiss yang menciptakan karya seni lukis dengan konsep potongan geometris pahatan yang terinspirasi oleh elemen alam.

    Lukisan Geometris karya Virginia Gracia Costa
  2. Slavomir Zombek, Seniman asal Amerika dengan backrground arsitektur yang kuat terlihat dan penuh jiwa ketelitian sehingga menghasilkan karya seni lukis dengan konsep abstrak geometris. keseimbangan, proporsi, skala dan ruang menjadi pertimbangan utama Slavomir di semua lukisan yang ia buat.

    Lukisan Geometris karya Slavomir Zombek
  3. Georgia Nassikas, Seniman yang menciptakan karya seni lukis dari potongan-potongan geometris dengan menggunakan lilin dan cat minyak.

    Lukisan Geometris karya Georgia Nassikas
  4. Hetty Haxworth, Seniman seni grafis kelahiran Oxford mengambil inspirasi dari bentuk-bentuk organik yang dia amati di lingkungan pedesaan Skotlandia.

    Lukisan Geometris karya Hetty Haxworth
  5. Liat Elbling, Seniman Liat membuat karya seni model geometris dari kayu, MDF, plester dan styrofoam yang kemudian ia susun di atas permukaan dan difoto. fokus utamanya adalah perspektif, cahaya dan bayangan serta hubungan antara dua dan tiga dimensi.

    Lukisan Geometris karya Liat Elbling

Koleksi Lukisan Geometris di Arti

Koleksi Lukisan Geometris ARTI
Koleksi Lukisan Geometris ARTI
Koleksi Lukisan Geometris ARTI

Menarik bukan pengetahuan seputar lukisan geometris? Kamu juga milikin lukisan-lukisan geometris karya seniman lokal dan internasional lho. di ARTI ada ribuan koleksi lukisan geometris. Berikut cara ordernya:

  1. Buka browser kamu dan tulis alamat website arti “www.arti.id
  2. Pilih fitur “Style” kemudian klik “Shop by Theme”
  3. Pilih lukisan geometris mana yang kamu sukai
  4. Pilih ukuran, jenis frame, Pakai Matte/No Mate
  5. Klik Add to cart dan Check Out segera orderan kamu
  6. Lukisan Geometris kamu segera di proses dan akan dikirim ke alamat kamu

Demikianlah pengetahuan seputar lukisan geometris, lukisan yang terlihat sederhana, abstrak namun sebetulnya seniman-senimannya membuat setiap karya seni lukisnya dengan filosofi yang mendalam. Sejarah seni geometris yang ternyata ditemukan pada abad sebelum masehi, kemudian dikembangkan oleh seniman-seniman pada setiap zamannya hingga akhirnya eksistensinya terus ada hingga saat ini.

Oleh karena itu ayo hargai karya-karya seniman geometris yang telah menciptakan karya seni lukisnya dengan begitu indah dengan cara membeli di arti.id. Karena di Arti, seniman-seniman yang terjual karya seni lukisnya akan mendapat komisi dari hasil karya seni lukisnya yang telah dibeli penggemarnya.

See on the next article guys….

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *