Apasih yang Bisa Kita Lakukan Ketika Ngabuburit (Lukisan ARTI Version)

Apasih yang Bisa Kita Lakukan Ketika Ngabuburit (Lukisan ARTI Version)

 

Ngabuburit adalah tradisi yang ada hanya pada bulan Ramadan. Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda ngalantung ngadagoan yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Alhasil munculah kata ngabuburit yang artinya kegiatan menunggu waktu berbuka puasa.

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan ketika menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa. Dengan semakin membaiknya kondisi pandemik Covid dan masyarakat sudah kembali beraktivitas di luar rumah, kita bisa melihat kegiatan ngabuburit tahun 2022 kembali seperti normal.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan ketika ngabuburit. Tapi seluruh kegiatan ini dihubungkan dengan karya-karya yang ada di ARTI ya.

Melakukan Kegiatan Kreativitas

Jason Ratliff - Cut and Paste

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan ketika ngabuburit, salah satunya kegiatan kreativitas. Kegiatan kreativitas bisa berupa ide-ide kreatif yang muncul lalu dieksekusi untuk diwujudkan. Kegiatan ini digambarkan dengan berupa Cut and Paste karya dari Jason Ratliff. Karya dia berupa gunting dan lem kertas yang diangkat oleh orang-orang. Ini seperti melambangkan orang-orang yang sedang melakukan kegiatan kreatif.

Mendengarkan Musik

Buko2 - The Dark Side Of The Moon 6

Sambil menunggu bedug maghrib, beberapa orang ada yang senang mendengarkan musik bahkan sambil bermain alat musik. Seniman Buko2 dengan karyanya The Dark Side of The Moon 6 menggambarkan piringan hitam yang menutupi sebagian sisi dari bulan sehingga membentuk bulan sabit.

Jalan-Jalan

Irie Wata - Back to the Future

Ini adalah hal yang banyak dilakukan oleh banyak orang ketika ngabuburit yaitu jalan-jalan. Jalan-jalan disini bisa hanya jalan-jalan keliling komplek atau jalan-jalan ke rumah temen atau bisa juga jalan-jalan ke tempat bukber. Irie Wata dalam karyanya Back to The Future menggambarkan sebuah jalan atas bawah dengan teknik digital collage. Jalan diatas merupakan jalan di tengah hutan, sedangkan jalan di bawah merupakan jalan di tengah kota.

Mempersiapkan Makanan untuk Berbuka

83Oranges - Chai

Apalagi kegiatan yang paling bermanfaat selain mempersiapkan menu untuk berbuka. Banyak orang yang mengisi waktu ngabuburitnya dengan mempersiapkan makanan untuk berbuka, seperti kelapa muda, gorengan, kolak, dan banyak lagi. 83Oranges dengan karyanya berjudul Chai menggambarkan seseorang yang sedang menuangkan teh ke gelas di atas meja. Tidak lupa ada juga seperti kacang-kacangan diatas meja tersebut.

Olahraga

83Oranges - Headstand

Puasa tidak menghalangi kita untuk berolaharaga. Waktu yang paling pas untuk berolahraga adalah sebelum berbuka puasa. Ini juga bisa menjadi salah satu cara kita untuk ngabuburit. 83Oranges dengan karyanya berjudul Headstand menggambarkan seseorang yang sedang melakukan headstand dan tidak lupa dengan kucing hitamnya yang duduk di atasnya.

Tidur

Maarten Leon - Morning Rituals

Terakhir tidur. Kegiatan apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu dengan santai dan tidak terasa selain tidur. Sampai-sampai ada yang beranggapan bahwa lebih baik tidur dari pada melakukan dosa selama bulan puasa. Maarten Leon dalam karyanya yang berjudul Morning Rituals menggambarkan seorang wanita yang sedang tiduran di atas cangkir.

Itu dia keenam kegiatan yang bisa kita lakukan ketika ngabuburit. Memang, hal terbaik yang bisa kita lakukan ketika ngabuburit adalah beribadah seperti membaca Al-Quran. Tapi masih banyak lagi hal-hal positif yang bisa kita lakukan ketika ngabuburit yang belum disebutkan di atas.

Dalam rangka bulan Ramadan, ARTI memberikan Diskon 10% + 150k untuk semua produk. Caranya kamu tinggal memasukan kode promo ARTIRAMADAN22 ketika akan melakukan proses pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap silahkan Whatsapp 0811-1177-333 atau 0811-1010-037. Tim ARTI siap membantu ??

Sampai jumpa diartikel-artikel menarik lainnya, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *