Bulan Ramadan, Bulan Penuh Berkah, Bulan Penuh Puasa, Bulan Penuh Takjil

Bulan Ramadan, Bulan Penuh Berkah, Bulan Penuh Puasa, Bulan Penuh Takjil

 

Bulan Ramadan, Bulan Penuh Berkah, Bulan Penuh Puasa, Bulan Penuh Takjil

 

ūüé∂ Ramadan tiba, ramadan tiba, ramadan tiba, Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan‚Ķ ūüé∂ Sebuah potongan lirik lagu yang sering kita dengar di mini market ketika sudah memasuki bulan Ramadan. Lagu ini ciptaan dari Opick dengan judul Ramadan Tiba. Lagu yang menandakan umat muslim sedunia memasuki bulan Ramadan, bulan penuh berkah, dimana umat muslim wajib menjalankan puasa selama 30 hari atau satu bulan penuh. Dimulai pada tanggal 1 Ramadan hinggal 1 Syawal atau Lebaran.

Photo by Simon Infanger on Unsplash

Suasana Ramadan sangat terasa ketika kita sudah mulai sering melihat iklan sirup Marjan di televisi dan orang-orang banyak belanja untuk kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa. Disitulah mulai terasa hawa-hawa bulan ramadan sudah tiba. Umat muslim diharapkan bisa memaksimalkan bulan penuh berkah ini untuk beribadah lebih karena memang dijanjikan pahala yang berlipat selama bulan puasa. Selain puasa, ibadah lain yang ada cuma ketika bulan Ramadan adalah solat teraweh. Ibadah solat yang dijalankan setelah solat Isya dan ditutup dengan solat witir. Waktu solat teraweh adalah setelah isya sampai dengan sebelum waktu subuh.

Muncul juga kegiatan-kegiatan yang khas selama bulan Ramadan yaitu buka puasa berasama, datang ke masjid untuk mendengar ceramah, solat teraweh berjamaah di masjid, sahur on the road, dan bagi-bagi rezeki untuk orang-orang tidak mampu di jalan. Khusus untuk sahur on the road, pihak kepolisian sudah melarang dan akan menindak tegas pihak-pihak yang masih melakukan sahur on the road selama bulan Ramadan. Sedangkan untuk kegiatan yang lain, tidak ada larangan secara khusus dari pemerintah, tapi karena kondisi saat ini yang masih belum 100% negara Indonesia terbebas dari virus Covid-19, dihimbau seluruh masyarakat untuk tidak berkumpul selama bulan Ramadan. Lebih baik melakukan kebiasaan- kebiasaan yang sudah disebutkan diatas di rumah saja.

Lagi pula dengan kita melakukan kegiatan-kegiatan ibadah dari rumah juga tidak akan mengurangi pahala dan melindungi diri kita serta orang disekitar kita dari kemungkinan terkena virus Covid-19. Walaupun seperti yang sudah kita ketahui, kondisi berangsur-angsur membaik. Orang-orang sudah mulai berani melakukan aktivitas secara normal walaupun tetap dengan protokol 5M. Tanda-tanda yang paling mudah adalah jalanan sudah sangat macet disemua titik ibu kota dan orang banyak yang berjualan takjil di pinggir jalan.

Nah bicara takjil, ARTI punya 6 rekomendasi hidangan takjil yang paling populer di Indonesia dan sering dicari orang selama bulan Ramadan.

1) Kurma

Kurma

Siapa yang tidak kenal kurma? Buah khas yang banyak dicari selama bulan Ramadan. Tidak jelas sebenarnya asal muasal buah ini, tapi buah ini sangat mudah ditemukan di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Buah yang memiliki tekstur dan rasa yang khas ini memiliki banyak bentuk dan varian sehingga harganya juga bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal sekali. Tapi satu yang pasti, rasa buah kurma manis dan manfaatnya yang sangat banyak sehingga pas makan ketika buka puasa.

2) Kolak

Kolak
Source: https://id.pinterest.com/

Ini adalah salah satu menu takjil yang bisa langsung ngeganjel perut kamu sampai sebelum solat teraweh. Bahan utama gula, santan, dan pandan membuat kolak menjadi hidangan takjil yang cukup mengenyangkan. Untuk isinya ada 2 variasi yang sering kita temukan yaitu pisang dan biji salak. Dua variasi kolak ini masih ditambahkan lagi additional bahan lain seperti kolang-kaling, labu, ubi, nangka, dan tape. Dengan begini, tidak heran menjadikan kolak salah satu hidangan takjil yang mengenyangkan dan ramai rasanya.

3) Es Buah dan Sop Buah

Es Buah dan Sop Buah
Source: https://id.pinterest.com/

Butuh yang segar-segar? Es buah atau sop buah jawabannya. Dari namanya saja kita sudah tau ya, es atau sop buah adalah kumpulan buah potong yang dijadikan satu  dan disajikan dalam keadaan fresh. Pertanyaannya adalah bedanya sop buah dan es buah apa? Sebenarnya yang membedakan hanyalah kuahnya. Es buah kuahnya lebih bening karena hanya menggunakan es dan susu kental manis sebagai kuahnya. Sedangkan sop buah teksut kuahnya lebih kental karena selain menggunakan es dan susu kental, beberapa sop buah menggunakan kuah dari jus.

4) Gorengan

Gorengan Bakwan
Source: https://id.pinterest.com/

Ini dia raja dari semua hidangan takjil yaitu gorengan. Konsep dari gorengan sebenarnya sederhana, berbagai jenis makanan dicelupkan ke dalam adonalan tepung dan digoreng dengan minyak yang banyak dan suhu tinggi hingga krispi. Banyak gorengan yang kita kenal seperti pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, cireng, risol, singkong goreng, dan bakwan. Tapi tetap fakta nenunjukan, gorengan terfavorit adalah bakwan. Tapi ingat, kami tidak menyarankan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan mengingat minyak yang digunakan sangat banyak dan ada risiko untuk kesehatan kita.

5) Es Kelapa Muda

Es kelapa muda
Source: https://id.pinterest.com/

Satu lagi menu takjil yang segar-segar adalah kelapa muda. Es kelapa muda memang bukan minuman khas selama bulan Ramadan tapi banyak orang yang membeli es kelapa muda untuk menu takjil karena selain menyegarkan juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

6) Martabak

Martabak
Source: https://id.pinterest.com/

Martabak juga bukan menu khas selama bulan Ramadan tapi banyak orang-orang yang membeli martabak untuk menu berbuka puasa. Saat ini kita bisa menemukan beragam jenis martabak, ada martabak tipis, tebal dengan topping rasa red velvet, atau tobleron. Kami menyarankan martabak telor atau manis untuk menu takjil. Karena dua varian ini merupakan varian original dari martabak itu sendiri. Bagi yang mau rasa gurih-gurih silahkan membeli martabak telur, sedangkan yang ingin rasa manis silahkan membeli martabak manis.

Itu dia 6 rekomendasi makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi ketika berbuka puasa. Masih banyak makanan lain yang bisa kamu konsumsi untuk berbuka puasa.  Ingat, ketika berbuka puasa tidak disarankan untuk langsung mengkonsumsi makanan berat dan langsung kenyang karena perut kita sudah kosong hampir setengah hari. Lebih baik diisi secara bertahap agar pencernaan kita juga bisa berkerja dengan seoptimal mungkin dan menyerap setiap saripati makanan yang kita kosumsi.

Sekian artikel singkat tentang menu-menu yang bisa kamu pilih untuk takjil atau berbuka puasa. Share juga dikolom komentar, menu berbuka puasa kamu apa sih?

Oh iya ARTI sedang ada program Ramadan Sale, jadi kamu akan mendapatkan diskon sebesar 15% untuk semua produk di ARTI plus potongan 5% yang akan didonasikan ke anak yatim piatu. Baca-baca juga artikel menarik lainnya di blog.arti.id untuk mendapatkan inspirasi lukisan dan bagaimana cara mendekor atau memilih lukisan yang tepat untuk ruangan kamu.

See you on the next blog, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *