Belanja Online: Kebiasaan yang Menjadi Budaya Masyarakat Indonesia

Belanja Online: Kebiasaan yang Menjadi Budaya Masyarakat Indonesia

 

Belanja Online: Kebiasaan yang Menjadi Budaya Masyarakat Indonesia

 

Siapa yang tidak pernah belanja online? Sebuah tren belanja baru yang dapat memudahkan orang untuk membeli suatu barang yang diinginkan tanpa harus datang ke toko. Tren ini terus berkembang semenjak diperkenalkannya internet di dunia. Masyarakat sangat memanfaatkan internet dengan baik, salah satunya adalah dengan mendirikan toko online yang mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli secara online tanpa harus bertatap muka dan datang ke toko. Toko online juga menghilangkan gap lokasi penjualan yang menjadikan siapa pun di seluruh dunia dapat menjual produknya ke masyarakat di dunia. Apa lagi sistem pembayaran non tunai dan jasa ekspedisi pengiriman sudah mendukung penuh ekosistem toko online untuk melakukan transaksi dan pengiriman internasional.

Yuk kita bahas sedikit sejarah toko online di Indonesia. Semua berawal dari masuknya internet di Indonesia yang menjadi syarat utama bagaimana toko online bisa berdiri. IndoNet sebagai ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi diberbagai macam bidang, tidak terkecuali toko online. Bhinneka sebenarnya merupakan toko online pertama di Indonesia yang menjual semua yang berhubungan dengan komputer, tapi sayangnya mereka pada saat itu hanya menampilkan company profile dan produk yang mereka jual di website. Untuk transaksi tetap harus datang ke offline store.

Bhinneka

Barulah pada tahun 1999, KASKUS berdiri yang menjadi cikal bakal toko online di Indonesia. Sebenarnya KASKUS itu sendiri merupakan forum yang membahas topik apa saja tanpa terkecuali. Tapi ada thread tersendiri yang biasa disebut dengan FJB (Forum Jual Beli) dimana kita bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Untuk transaksi pada saat itu masih menggunakan metode COD (Cash On Delivery) yang paling aman. Barulah setelah KASKUS booming, Bhinneka mengupdate laman websitenya dan dikenal menjadi Bhinneka.com dimana kamu sekarang bisa melakukan transaksi pembelian secara online.

FJB Kaskus

Dari situlah semakin berkembang toko online di Indonesia seperti glodokshop.com dan yang paling terkenal tokobagus.com yang sekarang sudah berubah menjadi OLX yang berfokus untuk jual beli barang second. Dengan berkembangnya toko online di Indonesia, sistem pembayaran juga mengalami perkembangan. Pada awal toko online berdiri, sistem pembayaran masih menggunakan cash/transfer dengan metode COD. Tahun 2007 munculah DOKU sebagai penyedia layanan pembayaran elektronik pertama di Indonesia. Mereka berusaha untuk melengkapi ekosistem dari toko online.

Doku

Perkembangan toko online pun semakin tidak terbendung. Masyarakat sering menyebutnya marketplace. Marketplace itu sendiri memiliki arti sebagai perantara antara penjual dengan pembeli dalam melakukan transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan dan sistem pembayaran yang aman. Tahun 2009 lahirlah Tokopedia yang sekarang kita kenal sebagai marketplace terbesar di Indoensia dan tahun 2010 muncul Bukalapak. Tidak berhenti disitu, ada beberapa marketplace yang didirikan karena fokus diindustri tertentu seperti TIKET dan Traveloka yang fokus diindustri traveling, Zalora dan BERRYBENKA yang fokus di fashion.

Zalora Berrybenka Tiket Traveloka Marketplace

Tidak terkecuali dengan industri seni, ARTI adalah sebuah marketplace lukisan artprint terbesar di Indonesia. ARTI memiliki lebih dari 50 seniman lokal dan internasional dan 1500 lebih karya-karya seni yang siap untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Tujuan dari ARTI adalah ingin menyebarkan keindahan dan makna dari setiap karya seni ke seluruh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang ARTI umurnya masih mudah, berdiri tahun 2019 dan masih terus melakukan pengembangan dari sisi pelayanan dan produksi.

Kami ingin setiap masyarakat di Indonesia bisa menjangkau ARTI dengan mudah. Kami menyediakan website, tempat dimana seluruh masyarakat bisa melihat katalog produk kami, seniman yang tergabung, harga produk, dan melakukan transaksi pembelian. Selain website, kami juga sudah tergabung di 2 marketplace terbesar di Indonesia, yaitu Shopee dan Tokopedia. Mau yang lebih simple lagi? Kamu bisa langsung contact Whatsapp ARTI untuk bertanya langsung dengan tim sales kami. Berikut ini ada 4 cara kamu melakukan transaksi di ARTI, yaitu:

1. Website: www.arti.id

Website ARTI marketplace lukisan terbesar di Indonesia

2. Whatsapp: 0811-1177-333

Whatsapp ARTI

3. Tokopedia: Arti Official Store

Tokopedia ARTI Official Store

4. Shopee: Arti Seni Official

Shopee ARTI Seni Official

Melalui 4 cara itu, kami yakin bahwa masyarakat akan semakin mudah untuk menjangkau ARTI. Pelayanan kepada customer kami adalah nomor satu, karena kami yakin kepuasaan customer adalah cara yang paling efektif untuk menyebarkan keindahan dan makna dari setiap karya seni.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *