Rumah Tropis: Pilihan Rumah yang Asri dengan Dekorasi Modern dan Minimalis

Rumah Tropis: Pilihan Rumah yang Asri dengan Dekorasi Modern dan Minimalis

 

Rumah Tropis: Pilihan Rumah yang Asri dengan Dekorasi Modern dan Minimalis

 

Indonesia merupakan negara dengan kondisi iklim tropis. Negara kita berada tepat melewati garis Khatulistiwa yang berada di Kota Pontianak. Garis khatulistiwa atau ekuator merupakan garis imajinasi pada poros titik nol yang membelah bumi menjadi kutub utara dan kutub selatan. Tidak heran karena kita berada dititik terjauh dari kutub utara dan selatan, maka Indonesia masuk kedalam kategori negara yang memiliki iklim tropis dengan 2 musim yaitu hujan dan panas. Terlebih lagi musim panas memiliki waktu yang lebih panjang dipanjang dibandingkan musim hujannya. Oleh karena itu tingkat kelembaban di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara lain.

Kelebihan sebagai negara yang hanya memiliki 2 musim yaitu memiliki tanah yang lebih gembur dan cocok untuk bercocok tanam. Seperti yang kita lihat, Indonesia memiliki tanah subur, makanya banyak tumbuhan yang tumbuh di Indonesia dan pertanian merupakan salah satu mata pencaharian yang tinggi. Selain itu, kita bisa menemukan hutan yang sangat luas di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Walaupun sekarang luas hutan kita mulai berkurang karena penebangan ilegal dan kebakaran hutan.

Melihat kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia, panas matahari sangat terik, tingkat kelebaban yang tinggi, curah hujan, dan pergerakan angin maka kita bisa memanfaatkan itu semua ketika membangun sebuah rumah. Saat ini banyak rumah-rumah yang memiliki desain rumah tropis modern dengan memanfaatkan kondisi dari iklim tropis. Tujuan dari dibangunnya rumah dengan konsep rumah tropis modern adalah memiliki rumah dengan model modern dengan memasukkan unsur-unsur alam kedalamnya agar rumah lebih asri dan nyaman.

Kalau kamu ingin membangun rumah dengan konsep desain tropis modern, ARTI memiliki 6 tips agar rumah kamu memiliki desain tropis modern. Ini 6 tipsnya:

1) Buat Jendela Lebih Besar dan Banyak

Buat Jendela Lebih Besar dan Banyak
Source: https://id.pinterest.com/

Rumah dengan konsep tropis modern akan memanfaatkan alam semaksimal mungkin. Menggunakan jendela banyak dan lebih besar bertujuan untuk memaksimalkan sinar matahari agar bisa masuk menerangi ruangan. Jendela yang banyak dan besar juga akan membuat suasana rumah terasa lebih luas.

2) Langit-langit yang Tinggi

Langit-langit yang Tinggi
Source: https://id.pinterest.com/

Elemen udara juga diperimbangkan ketika kita membangun sebuah rumah tropis modern. Langit-langit yang tinggi merupakan salah satu cara agar sikurlasi udara di dalam rumah menjadi baik. Rumah tidak akan terasa pengap dan suhu ruangan juga akan lebih dingin dibandingkan dengan rumah dengan langit-langit yang pendek.

3) Masukan Tanaman ke dalam Rumah

Masukan Tanaman ke dalam Rumah
Source: https://id.pinterest.com/

Hijau-hijau daun akan menambah suasana dalam rumah menjadi lebih asri. Kamu bisa memasukan tanaman gantung ataupun tanaman hias ruangan. Lebih baik lagi tanaman yang hidup dan tahan pada kondisi dalam ruangan. Kami sudah pernah membahas 6 tanaman yang cocok diletakkan di dalam ruangan disini.

4) Pilih Warna yang Terang

Pilih Warna yang Terang
Source: https://id.pinterest.com/

Rumah dengan konsep tropical modern menggunakan warna-warna yang cerah karena cocok dengan warna elemen alam seperti hijau, coklat, dan biru. Warna terang juga membawa suasana ruangan menjadi lebih happy dan tenang. Selain itu ruangan akan terasa luas.

5) Pilih Hias Dinding dengan Warna dan Elemen yang Selaras Interior

Pilih Hias Dinding dengan Warna dan Elemen yang Selaras Interior

Jangan lupa hiasan dinding sebagai aksesoris rumah kamu. Lukisan art print dan canvas print bisa menjadi pilihan kamu ketika mendekorasi ruangan. Kamu bisa memilih gambar yang sewarna dengan ruangan kamu dengan frame lukisan coklat muda. Sesuaikan tema ruangan dengan selera gambar kamu.

6) Masukan Elemen Kayu ke dalam Interior

Masukan Elemen Kayu ke dalam Interior
Source: https://id.pinterest.com/

Ini yang terakhir, elemen kayu. Kayu merupakan suatu elemen alam yang banyak kita temukan di dalam rumah. Mulai dari kursi, meja, sampai dengan aksesoris dinding seperti frame lukisan banyak yang menggunakan elemen kayu. Tujuan dari penggunaan elemen kayu lebih ke estetika dan menggambarkan kondisi rumah yang alam banget.

Itu dia 6 tips untuk kamu yang ingin membangun atau merenovasi rumah menjadi rumah dengan konsep desain tropis modern. Rumah tropis modern sebenarnya ingin memanfaatkan elemen alam semaksimal mungkin dan menjadikan rumah lebih asri dan nyaman. Sinar matahari yang bisa masuk ke rumah dan sirkulasi udara yang baik adalah contoh hasil yang bisa kita dapatkan dari rumah berkonsep tropis modern. Beberapa orang malahan membangun rumah tropis modern karenan ingin tinggal di rumah serasa liburan.

Sekian artikel blog ARTI semoga bermanfaat kita semua. Baca-baca juga atikel menarik lainnya di blog.arti.id dan temukan beragaram inspirasi mendekor ruangan dan memilih lukisan yang cocok untuk kamu. See you on the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *