Fly Like a Bird: Menggunakan Lukisan Burung di dalam Rumah

Fly Like a Bird: Menggunakan Lukisan Burung di dalam Rumah

Fly Like a Bird: Menggunakan Lukisan Burung di dalam Rumah

Burung, ya siapa yang tidak kenal burung, hewan yang dikaruniai oleh Tuhan sepasang sayap. Dengan sayapnya, burung diberi kemampuan untuk terbang. Setiap burung juga memiliki kemampuan terbang yang berbeda-beda. Burung atau nama ilmiahnya disebut Aves adalah kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap (Wikipedia). Burung juga bisa disebut sebagai inspirasi bagaimana manusia bisa menciptakan sebuah pesawat.

Source: www.freepik.com/photos/nature (Nature photo created by wirestock)

Banyaknya spesies burung di dunia diperkirakan mencapai sekitar 8.800 – 10.200 spesies dan 1.500 jenis ada di Indonesia. Rata-rata spesies burung di dunia mampu menggunakan sayapnya untuk terbang, kecuali beberapa burung yang terdampak endemik di suatu wilayah tertentu, seperti penguin, burung unta, kasuari, dan sebagainya. Burung memiliki jantung dengan empat buah bilik, kaki depan berupa sayap, dan penglihatan yang sangat tajam. Fun Fact dari burung adalah burung terkecil adalah burung kolibri (5cm) dan yang terbesar adalah burung unta (2,75m) melebihi tinggi manusia.

Nah, di Arti banyak seniman yang menggunakan burung sebagai tema dari karyanya. Berikut ini beberapa karya dari seniman di Arti yang menggunakan burung sebagai objek utamanya:

1) SevenTreesDesign – Modern Humingbird

SevenTreesDesign - Modern Humingbird

Burung Kolibri atau Hummingbird adalah burung dengan ukuran terkecil di dunia. Burung ini sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Selatan. Burung Kolibri terkenal dengan kecantikan bulu ditubuhnya dan paruh yang panjang dan tajam. SevenTreesDesign mengambil inspirasi burung kolibri sebagai objek utama di karyanya. Dia menggambarkan burung Kolibri yang sedang terbang dengan latar belakang sedikit sentuhan kuas cat air berwarna hijau. Fun fact dari burung kolibri adalah dia memiliki detak jantung tercepat diantara hewan lainnya.

2) Kubistika – Tucan

Kubistika - Tucan

Kubistika menggunakan burung tukan di dalam karyanya yang ini sebagai objek utama. Burung tukan terlihat sedang bertengger diatas batang kayu. Burung Tukan termasuk ke dalam burung yang hidup di daerah tropis seperti hutan tropis. Burung tukan memiliki 37 jenis dan banyak hidup di daerah hutan Amerika Tengah dan Selatan. Keunikan dari Burung Tukan adalah diparuhnya yang besar. Paruh yang besar berfungsi sebagai alat makan dan menjangkau buah pada cabang pohon. Selain itu paruh burung tukan juga berfungsi untuk menarik perhatian pasangannya.

3) Victoria Frost – Pink Cockatoo

Victoria Frost - Pink Cockatoo

Burung kakatua atau dalam bahasa ilmiahnya Cacatuidae terkenal dengan tingkat kecerdasannya diatas burung-burung yang lain. Selain itu, burung kakatua memiliki bulu putih yang cantik dan suara yang sangat melengking. Victoria Frost di dalam karyanya yang ini menggunakan burung kakatua menjadi objek utama dengan warna belakang soft pink. Dikombinasikan dengan warna putih dari burung kakatua, artprint ini menjadi sebuah karya yang simpel dan tidak mencolok tetapi tetap eye catching.

4) MaiAutumn – Peacock Garden

MaiAutumn - Peacock Garden

Peacock atau biasa disebut burung merak jantan merupakan salah satu burung yang unik. Ketika burung merak mengembangkan bulu ekornya, maka akan terlihat keindahan dari bulu ekornya. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian merak betina. Kebalikan dari merak jantan, merak betina tidak memiliki bulu ekor yang menarik. MaiAutumn menggunakan burung merak di karyanya yang ini dan menggunakan efek cat air. Efek ini menyebabkan lukisan ini terlihat seperti basah dan warna-warna seolah tercampur.

5) Jonas Loose – Penguin On Vacation

Jonas Loose - PENGUIN ON VACATION

Yang terakhir adalah burung penguin. Burung penguin merupakan salah satu spesies burung yang tidak bisa terbang menggunakan sayapnya. Burung penguin banyak hidup di bumi bagian selatan. Tidak semua burung penguin hidup didingin, ada beberapa burung penguin yang hidup di daerah lebih hangat bahkan tropis. Burung penguin menggunakan sayapnya untuk berenang di air dan menjaga keseimbangan ketika berjalan. Jonas Loose dikaryanya yang ini menggambar seekor burung penguin yang sedang berjalan di tengah gurun pasir. Lukisan ini cukup unik dan cocok dipasang di ruangan yang banyak didatangi oleh orang, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Itu dia beberapa karya dari seniman di Arti yang menggunakan burung sebagai objek utama. Beberapa karya mungkin bisa menjadi inspirasi kamu ketika mencari lukisan yang cocok untuk ruangan kamu. Beberapa karya ada yang gambarkan dengan style yang simple atau ada juga yang unik. Semua kembali lagi ke selera kamu, mana yang menurut kamu bisa menjadi lukisan yang cocok untuk dipasang di ruangan rumah kamu.

Sekian artikel ini, semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi dari gambar-gambar yang memiliki tema burung. Kamu bisa juga loh mencari lukisan lain yang mengambil tema tentang hewan disini. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di blog.arti.id. See you on next blog, thank you. Bye-bye! 😁

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *