Gak Boleh Mudik Pulang Kampung! Apa yang Bisa Kita Lakakukan untuk Mengisi Libur Lebaran ini?

Gak Boleh Mudik Pulang Kampung! Apa yang Bisa Kita Lakakukan untuk Mengisi Libur Lebaran ini?

 

Gak Boleh Mudik Pulang Kampung! Apa yang Bisa Kita Lakakukan untuk Mengisi Libur Lebaran ini?

 

Wah pemerintah melarang kita untuk pulang mudik lebaran 2021. Sudah dua tahun ini kita tidak merasakan yang namanya pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga besar. Sudah dua tahun ini juga pandemi Covid-19 masih menghantui kita. Semua negara di dunia bersatu padu untuk berusaha melawan virus ini dan menekan penyebaran virus. Banyak negara yang menerapkan lockdown dan menutup akses keluar masuk negaranya, tidak terkecuali Indonesia. Tujuannya adalah menekan resiko penyebaran virus Covid 19 yang semakin meluas.

Ini juga yang mendorong negara Indonesia melakukan pelarangan mudik ditahun 2021. Setelah tahun 2020 dimana awal pandemi virus Covid 19 muncul, kita dihimbau untuk di rumah saja dan melarang masyarakat untuk pulang kampung lebaran. Tahun 2021 pemerintah Indonesia melarang untuk mudik lebaran karena angka penyebaran virus masih tinggi  Walaupun program vaksin sudah dijalankan tetap saja tingkat keefektifan dari vaksin itu sendiri belum 100% dan masih ada resiko bisa tertular virus Covid 19.

Traffic Jam
Source: Unsplash – Alexander Popov

Inilah yang mendorong kita sebagai masyarakat untuk bisa memanfaatkan moment lebaran dan libur nasional ini yang biasanya kita isi dengan pulang mudik untuk bersilaturahmi dengan hal-hal lain yang bermanfaat. Tidak pulang kampung bukan berarti memutus tali silaturahmi dan bukan pula menjadikan kita tidak tidak melakukan apa-apa selama lebaran dan libur nasional ini.

Berikut ini ada 5 hal yang bisa kamu lakukan selama libur lebaran:

1) Silaturahmi Online

Conference Video Call
Source: Unsplash – Chris Montgomery

Nggak pulang kampung bukan berarti nggak bisa silaturahmi. Jaman sekarang sudah banyak teknologi komunikasi yang mendukung kita untuk bisa berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Dari yang cuma komunikasi melalui suara sampai dengan video dan suara. Dari segi biaya juga komunikasi jaman sekarang tidak mahal. Kamu cukup menggunakan kuota internet untuk bisa voice call dan video call. Kalau kuota lagi tipis, bisa nih numpang wifi tetangga atau numpang di cafe.

Aplikasinya? Banyak banget. Mulai dari yang paling sering kita gunakan yaitu Whatsapp. Atau mau yang bisa conference video call biar bisa video call bareng keluarga besar bisa pakai Google Meet dan Zoom. Masih banyak lagi sebenarnya aplikasi lain seperti Line, Skype, dan Viber. Jadi nggak ada alasan lagi ya nggak mudik nggak bisa silaturahmi. Walaupun cuma virtual ya.

2) Datang ke Rumah Saudara yang Masih Sekota

Woman Man Meeting
Source: Freepik – Bearfotos

Karena kita nggak bisa keluar kota, jadi saudara dan keluarga yang sekota masih bisa dong kita datangi rumahnya untuk silaturahmi. Tapi tetap ingat protokol kesehatan dan jalankan 5M ya. Jangan mentang-mentang karena saudara atau sudah vaksin kita jadi lupa protokol kesehatan. Angka penyebaran virus masih tinggi, jadi alangkah baiknya kalau kita tetap waspada.

3) Membereskan Rumah

Bersyukur dan Bersabar

Libur lebaran  dimulai tanggal 12 – 16 Mei 2021. Sayang dong kalo kita lewatkan libur itu dengan sia-sia. Banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah, contohnya membereskan rumah. Mulai dari menata perabotan rumah, membereskan taman, kamar, lemari baju, sampai dengan mendekor ulang ruangan. Kita terkadang suka bosan susunan layout ruangan. Nah ini saat yang tepat untuk kamu menata ulang ruangan dan menambah dekorasi dinding agar ruangan kamu lebih hidup.

4) Menjalankan Hobi yang Tertunda

three-players-playing-basketball-outdoors-court
Source: Freepik

Nah buat kamu yang punya hobi tapi nggak bisa dilakukan karena sibuk kerja atau kuliah, inilah saat yang tepat untuk menjalankan hobi kamu. Yang hobi bermusik bisa mulai main musik lagi nih, ngulik-ngulik lagu baru. Yang hobi olahraga bisa nih mulai lagi olahraga joging, basket, golf, tenis, dan futsal. Ajak temen kamu untuk join biar ramai. Tapi temen yang sekota ya jangan yang beda kota.

5) Do Something That Wasting Your Time

Play VR and Playstation
Source: Freepik – Drobotdean

Untuk yang ini mungkin agak pro kontra ya. Menghabiskan waktu kamu dengan hal-hal yang dianggap orang sia-sia tapi kamu senang. Contoh main game dan menonton film series. Dua contoh ini mungkin dianggap buang-buang waktu untuk kebanyakan orang, tapi untuk beberapa orang aktivitas ini asyik. It’s ok untuk melakukan hal-hal yang minim manfaat asalkan jangan sampai lupa waktu dan kebablasan. Anggap dua aktivitas ini sebagai istirahat dari kepadatan aktivitas harian kita karena kita butuh refreshing dan istirahat untuk melakukan hal-hal yang kita senangi.

Masih banyak lagi sebenarnya hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengisi libur lebaran ini. Jadikan libur lebaran ini menjadi moment untuk kamu happy walaupun kamu tidak bisa mudik pulang kampung. Jaga tali silaturahmi dengan keluarga, saudara, kerabat, dan taman. Tetap waspada dengan virus Covid 19 dan menjalankan 5M karena pandemi belum selesai. Semoga tahun depan kondisi sudah kembali menjadi normal dan kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Sekian artikel blog ini, visit blog.arti.id untuk mendapatkan informasi mengenai lukisan dan dekorasi ruangan. Visit juga www.arti.id untuk mendapatkan lukisan art print atau canvas print pilihan kamu. Lagi ada diskon loh 15% untuk semua produk.

See you in the next blog. Bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *