Garis-Garis Keindahan dalam Seni

Garis-Garis Keindahan dalam Seni

Garis-Garis Keindahan dalam Seni

Halo pembaca setia blog Arti, bagaimana kabar kalian? Memulai tahun 2021, semoga kita semua bisa menjalaninya dengan penuh semangat. Tahun 2020 sudah berlalu dan bisa kita jadikan pelajaran untuk melakukan hal yang lebih baik ditahun 2021. Artikel kami yang sekarang akan membahas tentang garis dan karya-karya dari artis di Arti yang menggunakan tema garis.

Garis menurut Wikipedia adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak dan garis hanya memiliki satu dimensi yaitu panjang. Masih menurut Wikipedia, ada 3 jenis garis yaitu garis lurus, garis lengkung datar, dan garis lengkung ruang. Nah, kalau menurut kelaspintar.id, garis adalah kumpulan titik-titik yang beraturan dan berkesinambungan serta memanjang kedua arah. Dari kedua pengertian ini bisa kita ambil kesimpulan yaitu garis adalah sekumpulan titik yang ditarik sehingga menjadi memanjang dan memiliki dua arah.

Dalam seni, hampir setiap karya yang dihasilkan pasti memiliki unsur garis. Entah menjadi menebal objek atau memang tema dari karya itu sendiri. Tapi yang pasti, dengan adanya garis bisa menjadi pemisah antara 2 objek atau lebih. Nah, begitu pula di Arti, banyak artis yang menggunakan tema garis dalam membuat karyanya. Garis disini merupakan garis yang tegas dan memang objek dari karyanya merupakan garis. Berikut ini karya-karya tersebut:

1) VivianaGonzales – Line Art Improvisation 4

VivianaGonzales - Line Art Improvisation 4

Apa yang pertama kali muncul dipikiran kalian ketika melihat art print ini? “Lukisan garis apaan nih?” Ya, karya dari VivianaGonzales ini mengambil objek utama adalah sebuah tarikan garis yang mempunyai arah tidak menentu. Warna dasar merah dengan sedikit efek kuas dan garis berwarna hitam. Kalau kalian jeli ada lingkaran yang tidak begitu besar dilukisan ini dan lingkaran itu terbentuk dari warna yang lebih terang.

2) Nur-Mut – Verticals 1

Nur-Mut - Verticals 1

Kalau yang ini objek garis yang didapat dari objek di sekitar kita. Karya dari Nur-Mut seperti orang mengambil foto dari luar tralis kayu vertikal yang di dalamnya ada jendela horizontal. Ide dari karya ini cukup simple tapi hasilnya oke banget. Garis vertikal lebih terang dan dominan dibandingkan garis horizontal yang berada di belakang, lebih gelap.

3) OraraStudio – Black Gold Abstract

OraraStudio - Black Gold Abstract

Karya dari OraraStudio ini mengambil objek garis pendek-pendek. Berbeda dengan karya dari VivianaGonzales yang menarik garis panjang. Garis disusun secara horizontal dan pendek-pendek. Yang membuat karya ini tidak membosankan dan eye catching adalah bagaimana OraraStudio menyusun garis-garis pendek itu. Diantara susunan garis yang sudah sejajar ada 6 garis yang tidak sesuai, baik arah atau warna. Pemilihan warna juga simple, hanya ada 2 warna yaitu hitam dan emas.

4) Marcus Cederberg – Coffee Break

Marcus Cederberg - Coffee Break

Melihat dari judulnya, Marcus Cederberg ingin memperlihatkan kondisi jam istirahat di tengah konstruksi bangunan. Kita akan menemukan unsur garis di art print ini dari tiang-tiang bangunan konstruksi. Uniknya lagi, cuma ada satu orang yang terlihat sedang duduk di tiang konstruksi. Ini sih sudah menggambarkan banget jam istirahat, karena konstruksi ini terlihat sepi.

5) Maarten Leon – River Cleanse

Maarten Leon - River Cleanse

Masih mirip nih idenya dengan VivianaGonzales, sebuah tarikan garis yang tidak putus. Maarten Leon ingin menggambarkan seorang sedang membersihkan sebuah sungai. Garis biru ini diumpamakan sebagai sungai yang kotor. Kita bisa melihat kotoran lainnya di garis biru itu. Orang itu sedang membersihkan kotoran yang melewati garis biru.

6) DominiqueVari – MidMod Geo 7 Terracotta Double Rainbows

DominiqueVari - MidMod Geo 7 Terracotta Double Rainbows

Coba kalian lihat karya ini dari jauh. Terlihat seperti 2 lingkaran yang sedang bertemu. Tapi kalau kalian lihat lebih dekat, aka kalian akan melihat bahwa lingkaran ini merupakan gabungan dari garis-garis yang ditumpuk. DominiqueVari juga menambahkan efek gradasi warna dengan membedakan warna antara satu garis dengan garis yang lain. Warna yang dipilih adalah gradasi warna orange tua ke warna orange muda. Sebuah karya yang brilliant.

Itulah 6 karya yang menggunakan garis menjadi tema dari karyanya. Masih banyak lagi artis di Arti yang menggunakan garis menjadi tema utama. Ingat, garis bisa membentuk objek apa saja loh, jadi jangan meremehkan kekuatan dari sebuah garis. Sekian artikel Arti yang membahas mengenai keindahan dari sebuah garis di karya seni. Sampai jumpa diartikel Arti selanjutnya.

Bye-bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *