HUT RI Ke-77 : Fakta Unik Kemerdekaan Republik Indonesia

HUT RI Ke-77 : Fakta Unik Kemerdekaan Republik Indonesia

17 Agustus 1945  adalah hari yang sangat bersejarah untuk Negara Indonesia. Hari dimana Indonesia memproklamasikan kemederkaannya. Setiap tahunnya Penduduk Indonesia selalu memperingati perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai pihakpun ikut serta, diantaranya adalah banyaknya pelaku bisnis yang memberikan promo spesial hari kemerdekaan Indonesia. Tak terkecuali ARTI Indonesia yang sedang memberikan promo diskon 17% untuk seluruh produk lukisan yang ada di ARTI mulai tanggal 17-31 Agustus 2022. Namun di samping itu, ada yang tahu gak sih fakta unik seputar kemerdekaan Republik Indonesia? Simak Artikel ini sampai habis yah!

Fakta Unik Kemerdekaan Indonesia

Image from ARTI

 

  1. Proklamasi Kemerdekaan Dilaksanakan pada Bulan Ramadhan

Tanggal 17 Agustus pada tahun 1945 ternyata dalam kalender hijriah bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Oleh karena itu, pada saat proses pembacaan teks proklamasi peserta muslim yang hadir sedang menunaikan ibadah puasa ramadhan.

  1. Bendera Merah Putih Dijahit Tangan

Bendera merah putih yang dikibarkan saat pembacaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia adalah hasil jahitan tangan Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno. Namun sebetulnya bendera tersebut sudah di jahit sejak Oktober 1944, tepatnya dua minggu sebelum kelahiran putra sulungnya Ibu Fatmawati dan Bapak Presiden Soekarno.

  1. Teks Asli Proklamasi Sempat Dibuang di Tong Sampah

Teks asli proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada awalnya menggunakan tulisan tangan. Naskah proklamasi kemerdekaan ini dirumuskan oleh tiga orang yaitu Presiden Soekarno, Wakil Presiden Moh Hatta, dan Ahmad Soebardjo. Paragraf pertama adalah usulan Ahmad Soebardjo dan paragrag kedua adalah usulan Moh Hatta. Setelah naskah tersebut disetujui dalam forum yang dihadiri kurang lebih 40 orang, naskah tersebut disahkan dan di salin oleh Sayuti Melik menggunakan mesin tik. Oleh karena itu, teks asli proklamasi yang menggunakan tulisan tangan dibuang dikarenakan dianggap sudah tidak diperlukan lagi. Namun setelah itu Burhannudin Mohammad Diah mengambilnya kembali sebagai dokumen pribadi.

  1. Soekarno Sedang Sakit Ketika Pembacaan Teks Proklamasi

Saat membacakan teks proklamasi kemerdekaan, kondisi kesehatan presiden Soekarno sedang kurang baik. Presiden Soekarno sedang mengidap penyakit Malaria.

  1. Suara Pembacaan Teks Proklamasi Oleh Soekarno Direkam Ulang

Suara rekaman pembacaan teks proklamasi yang biasa kita dengar saat ini adalah hasil rekaman ulang dikarenakan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945 teknologi yang ada belum memadai sehingga tidak ada media yang dapat merekam video dengan suara. Pada tahun 1951, Presiden Soekarno melakukan rekaman di studio Radio Republik Indonesia (RRI) untuk melakukan perekaman pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Berikut adalah kelima fakta unik seputar kemerdekaan Republik Indonesia. Siapa disini yang sudah tahu semua? atau sebagian? atau bahkan belum tahu sama sekali? Unik sekali ya ternyata. Perayaan Kemerdekaan Indonesia ini memang selalu dinanti oleh penduduk Indonesia. Dalam rangka merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, ARTI mempersembahkan DISKON 17% BERLAKU 17-31 AGUSTUS 2022.

Selain itu, di momen kemerdekaan ini, ARTI ingin mengenalkan Seniman ARTI yang berasal dari Indonesia, berikut 9 Seniman lokal yang karya seni lukisnya terdapat di ARTI.

ARTI X KARYA ANAK BANGSA : 9 Seniman ARTI asal Indonesia

  1. Budi Rahardi – Cirebon
Image from ARTI
  1. Jaccalartstories – Tangerang
Image from ARTI
  1. Technicolorable – Indonesia
Image from ARTI
  1. Pajang Art – Jakarta
Image from ARTI
  1. Wendy Wibowo – Surabaya
Image from ARTI
  1. Hynvale – Indonesia
Image from ARTI
  1. Dhika Anjani – Jakarta
Image from ARTI
  1. Bintang Padu- Bali
Image from ARTI
  1. Mr A – Indonesia
Image from ARTI

Itulah ke-9 Seniman Lokal ARTI dari berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai ciri khasnya tersendiri. ARTI juga memberikan komisi kepada para seniman dari setiap penjualannya. Yuk belanja lukisan di ARTI untuk membuat rumahmu makin cantik. Mumpung lagi ada diskon besar-besar lho. Chek out sekarang, jangan sampai kehabisan!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *