Ikan Koi, Simbol Cinta dan Persahabatan

Ikan Koi, Simbol Cinta dan Persahabatan

 

Ikan Koi, Simbol Cinta dan Persahabatan

 

Ikan Koi adalah spesies ikan yang berasal dari China. Pada abad ke 17 ikan koi diimpor ke Jepang dan dijadikan bahan makanan. Seiring berjalannya waktu, ikan koi tidak lagi dikonsumsi sebagai makanan tapi justru menjadi hiasan atau ikan peliharaan. Di Indonesia sendiri, kita bisa melihat ikan koi memenuhi kolam sebagai ikan hias baik dirumah maupun di mall-mall besar. Warna yang unik ditubuh ikan koi menjadikan ikan ini lebih menarik untuk dipelihara dibandingkan dikonsumsi.

Ikan koi sering sekali melambangkan kekayaan karena hubungannya dengan kebahagiaan. Orang yang memelihara ikan Koi apa lagi dengan jumlah 9 di suatu kolam dipercaya akan meningkatkan kebahagiaan seisi rumah dan membawa nasib baik. Dari sisi harga, ikan koi memiliki beragam harga, dari yang paling murah bibit ikan koi sekitar Rp4,000 an sampai dengan yang harganya ratusan juta juga ada.

Ikan koi termasuk ikan air tawar yang sangat mudah untuk dipelihara. Tidak perlu biaya mahal untuk memelihara ikan koi. Yang pasti kamu harus menyiapkan kolam ikan yang memiliki ukuran yang menyesuaikan ukuran ikan koi untuk bergerak bebas. Isi dengan air bersih dan pastikan untuk memasang filter air agar air tetap terjaga kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan air dan ekosistem kolam yang alami, lengkapi kolam dengan tanaman air. Berikan pelet yang berkualitas dan jangan memberikan makan ikan koi terlalu sering dan banyak. Itulah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan dalam memelihara ikan koi.

Source: Freepik

Ada beberapa hal unik dari ikan koi:

– Ikan koi tebesar memiliki berat 40kg dan panjang 120cm

– Ikan koi tertua berumur 226 tahun

– Ikan koi termahal terjual seharga Rp26 miliar di Jepang.

– Ikan koi termasuk jenis omnivora atau pemakan semuanya.

– Nenek moyang ikan koi adalah ikan mas. Hal ini ditemukan berdasarkan penemuan DNA yang sama.

ARTI juga memiliki karya seni yang menggunakan ikan koi sebagai objek karyanya. Berikut ini beberapa karya yang menggunakan ikan koi:

1) Beate Gobel Thoma – Garden of Fantasy

Beate Gobel Thoma - Garden of Fantasy

2) Fernando Vieira – Gladiator

Fernando Vieira - Gladiator

3) Fernando Vieira – Black Koi

Fernando Vieira - Black Koi

4) Fernando Vieira – Red and Silver

Fernando Vieira - Red and Silver

5) Fernando Vieira – Canvas Koi

Fernando Vieira - Canvas Koi

6) Fernando Vieira – KOI Aluminium

Fernando Vieira - KOI Aluminium

7) Fernando Vieira – Swimming In The Darkness

Fernando Vieira - Swimming In The Darkness

Itu dia 7 karya seni di ARTI yang menggunakan ikan koi sebagai objek utamanya. Dari beberapa karya yang ada memang seniman Fernando Vieira yang banyak menggunakan objek ikan koi. Lukisan ikan koi ini bisa kamu gunakan untuk menghiasi ruangan-ruangan dirumah kamu. Dan siapa yang tau, mungkin saja bisa membawa kebahagian dan nasib baik bagi seisi rumah.

Sekian artikel mengenai ikan koi, baca juga artikel menarik lainnya di blog.arti.id dan dapatkan inspirasi dalam mendekor rumah dan memilih lukisan yang tepat.

See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *