Matte, Penambah Cantik Sebuah Frame Lukisan

Matte, Penambah Cantik Sebuah Frame Lukisan

Matte, Penambah Cantik Sebuah Frame Lukisan

 

Ketika kita memiliki sebuah lukisan, foto, gambar, atau art print yang siap untuk dibingkai, terkadang kita ingin menambahkan sesuatu terhadap frame agar terlihat lebih cantik. Nah, matte bisa menjadi sebuah solusi untuk frame kamu biar lebih cantik dan terlihat beda dengan yang lain. Tapi, matte itu apa sih? Matte adalah sebuah kertas atau karton yang dipasang sebagai jarak antara gambar dengan frame pada sisi atas bawah dan kanan kiri.

Lalu muncul lagi pertanyaan, apakah perlu sebuah frame menggunakan matte? Jawabannya tergantung selera kamu. Matte sebenarnya adalah sebuah variasi dari frame dan kamu punya kebebasan untuk menggunakannya atau tidak. Matte sendiri tidak akan mempengaruhi hasil dari gambar ataupun frame itu sendiri karena terpisah dan hanya menjadi pemercantik sebuah bingkai karya seni. Ibaratnya, sebuah nasi uduk yang diatasnya ditambahkan bawang goreng. Tanpa bawang goreng pun, nasi uduk tetaplah sebuah nasi uduk karena tidak semua orang selera dengan bawang goreng 😁.

ARTI Matte Frame 25x25

ARTI sendiri menyediakan frame dengan matte atau tanpa matte. Ukuran matte yang ARTI gunakan adalah ukuran yang biasa digunakan sebagai standar matte yang bisa digunakan semua ukuran gambar yaitu masing-masing sisi 5 cm. Ukuran ini sangat cocok disemua ukuran gambar dan frame karena tidak akan mempengaruhi gambar dan mengganggu fokus orang terhadap gambar atau lukisan. Tapi kalau kamu mempunya referensi tersendiri untuk ukuran frame, kami siap membantu. ARTI menyediakan layanan custom ukuran matte.

Hal terbaik dari menggunakan frame dan custom matte adalah tidak ada aturan yang pasti untuk ukuran matte. Selama kamu senang dan merasa cocok dengan apa yang kamu pilih, itu adalah pilihan terbaik untuk kamu karena selera setiap orang berbeda dan kita tidak bisa memaksakan itu.

Matte Frame Wall Arts
Source: Pexels – Medhat Ayad

Sekarang ini sedang hype model gambar kecil ditengah dengan matte yang besar disekitarnya. Desain ini sering disebut dengan desain kontemporer atau modern. Desain modern sering sekali dihubungkan dengan minimalis. Hal ini menyebabkan matte dan frame yang lebih menonjol dibandingkan gambarnya itu sendiri. Apakah ini aneh? Menurut kami, ini adalah salah satu cara unik bagaimana membuat sebuah hal kecil menjadi eye catching. Orang akan mengira dengan mengecilkan gambar akan menyebabkan orang tidak fokus dengan gambarnya. Padahal dengan cara ini, orang akan semakin penasaran dengan gambar yang ada di dalam frame.

ARTI memiliki beberapa inspirasi matte yang bisa kamu gunakan. Ingat, tidak ada salah dan benar dalam menentukan ukuran matte dan frame. Selama kamu cocok dan suka, Just do it! Beberapa inspirasi art print plus matte yang bisa kamu pilih:

Triple Matte Frame

Ini adalah pilihan standart matte yang bisa kamu pilih di ARTI dengan ukuran masing-masing sisi 5 cm. Mulai dari ukuran gambar terkecil 20×30 sampai dengan yang terbesar 60×90 cocok menggunakan matte ukuran ini.

Single Matte

Yang ini adalah sebuah contoh single matte untuk ukuran art print 80×80. Matte bisa cocok dengan frame kayu muda. Ukuran yang digunakan juga universal yaitu 5 cm.

Matte by Akodhyat and Partners

Ini adalah sebuah pilihan matte bergaya kontemporer, dengan gambar kecil di tengah dan matte yang besar disekelilingnya. Pilihan dari Akodhyat and Partners untuk Show unit CitraGrand Semarang type Colette.

Matte by Christina CST

Ini adalah hasil dari salah satu hasil dari pilihan Christina Suwardi, seorang Interior Design CST. Dia memilih menggunakan custom ukuran gambar dan frame plus matte untuk membuat wall art set di dalam kamar.

Semoga beberapa pilihan yang sudah kami berikan bisa menjadi inspirasi kamu dalam memilih matte dan frame. ARTI memiliki pilihan apakah kamu ingin menggunakan matte dalam frame atau tidak. Silahkan visit www.arti.id untuk pemesanan atau kontak via Whatsapp ke nomor 0811-1177-333 untuk konsultasi mengenai art print dan pemilihan lukisan yang tepat.

Sekian artikel untuk saat ini. See you in the next article, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *