Inspirasi Lukisan: Membangun Mood Ketika Berada di Dapur

Inspirasi Lukisan: Membangun Mood Ketika Berada di Dapur

 

Inspirasi Lukisan: Membangun Mood Ketika Berada di Dapur

 

Dapur secara awam biasa disebut sebagai tempat dimana masakan dibuat atau diracik. Dapur identik dengan kompor untuk memasak, tempat cuci piring, tempat menaruh bumbu masak, peralatan masak, dan peralatan makan. Umumnya orang-orang hanya memiliki satu dapur di rumahnya, yaitu tempat dimana segala kegiatan masak-memasak hingga cuci mencuci dilakukan. Tapi seiring dengan berkembangnya kebiasaan manusia dan ilmu yang menunjangnya, banyak masyarakat yang mengklasifikasikan dapur menjadi dapur basah dan dapur kering.

Wet Kitchen Dapur Basah
Photo by Fred Kleber on Unsplash

Dapur basah dan dapur kering yang membedakan adalah dari sisi fungsinya. Dapur basah merupakan dapur yang saat ini biasa kita temukan di rumah-rumah. Fungsinya adalah mengolah bahan masakan mentah menjadi sebuah makanan yang siap untuk disantap. Kotor dan basah biasanya melekat dengan dapur basah, oleh karena itu posisinya agak dibelakang rumah atau tertutup karena tidak ingin diperlihatkan ketamu.

Dry Kitchen Dapur Kering
Photo by Jean van der Meulen from Pexels

Kebalikan dengan dapur basah, dapur kering merupakan tempat dimana kita membuat makanan yang ringkas dan siap saji seperti minuman dan sarapan. Kita tidak perlu sampai memasak berat, biasanya cukup dihangatkan di microwave. Beberapa orang malahan menjadikan dapur kering sebagai tempat kumpul keluarga karena disini bisa menjadi tempat makan yang singkat seperti sarapan. Mereka menyediakan meja kecil untuk duduk.

Ada 3 area utama kerja di dapur yaitu area penyimpanan, area meracik dan mencuci bahan, dan area memasak. Ketiga area ini umum kita ditemukan di dapur dan memang merupakan keharusan agar fungsi dari dapur itu sendiri menjadi optimal. Area penyimpanan biasa dihubungkan dengan kulkas dan lemari atau rak penyimpanan bumbu masak. Area meracik dan mencuci bahan biasanya berhubungan dengan tempat cuci piring dan meja peracikan. Terakhir area memasak dihubungkan dengan kompor dan oven.

Walaupun dapur identik dengan kotor dan basah, tapi kita tidak boleh melupakan unsur keindahan dan estetika dari dapur. Kita harus bisa membuat dapur menjadi lebih nyaman agar mood memasak meningkat dan hasil masakan menjadi enak. Memasang lukisan dinding berupa art print bisa menjadi solusinya. ARTI mempunyai beberapa karya seni dari beberapa seniman yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam mendekor dapur:

1) SisiAndSeb – Pineapple Head

SisiAndSeb - Pineapple Head

2) Raisa Zwart – Cannes 9

Raisa Zwart - Cannes 9

3) OraraStudio – Donut Worry

OraraStudio - Donut Worry

4) JBJArt – Patent Art Cook Egg Whipper 1896

JBJArt - Patent Art Cook Egg Whipper 1896

5) Jonas Loose – Catshake

Jonas Loose - Catshake

Itu dia karya pilihan kami yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam mendekor dapur, masih banyak lagi karya lain yang bisa kamu pilih disini. Jadikan dapur menjadi tempat nyaman ketika kamu memasak karena mood bisa mempengaruhi hasil dari masakan. Mood yang baik akan menghasilkan sebuah masakan yang enak untuk dihidangkan. Malahan mungkin bisa menambah kreasi memasak kamu.

Baca juga arikel-artikel menarik lainnya di blog.arti.id dan temukan inspirasi dalam memilih lukisan dan mendekorasi ruangan. Sampai jumpa diartikel-artikel menarik lainnya. Bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *