Kulineran Jepang Bersama Vincent Trinidad

Kulineran Jepang Bersama Vincent Trinidad

 

Kulineran Jepang Bersama Vincent Trinidad

Siapa yang disini tidak pernah makan masakan Jepang? Rasa-rasanya tidak ada ya. Hampir semua orang pernah mencicipi masakan Jepang. Apalagi, sekarang ini sudah banyak tempat makan atau restoran yang menyajikan masakan Jepang dengan harga yang terjangkau. Dulu mungkin masakan Jepang merupakan salah satu makanan yang ekslusif dan memiliki harga yang cukup mahal. Tapi sekarang, sudah banyak kedai-kedai kecil atau malahan homemade masakan Jepang yang menjual dengan harga ramah dikantung.

Banyak jenis makanan Jepang yang kita kenal seperti sushi, onigiri, tempura, sukiyaki, ramen, japanese soba, udon, karaage, yakitori, yakiniku, sashimi, gyudon, onigiri, dan banyak lagi. Kalau disebutkan semua, mungkin yang ada malahan jadi pengen makan. Tapi yang umum biasa kita makan adalah sushi, ramen, dan udon karena banyak restoran yang menjual menu ini dan harganya juga terjangkau.

Salah satu artis di Arti ada yang mengangkat tema makanan Jepang di dalam karyanya, yaitu Vincent Trinidad. Vincent Trinidad seorang seniman yang berasal dari kota Marikina, Filipina. Ketertarikannya kepada Retro Aesthetic dan Japanese Art Culture menginspirasi dia di dalam berkarya. Berikut ini beberapa art print yang mengangkat tema mengenai kuliner Jepang 🇯🇵 :

1) The Great Sushi Wave

Vincent Trinidad - The Great Sushi Wave

Sebuah mix 2 tema yang berbeda, yaitu badai ombak dengan makanan Jepang. Vincent Trinidad di dalam karyanya ini menggambarkan sushi yang sedang berada di tengah-tengah badai ombak. Masakan jepan yang terlihat ada sushi dan onigiri. Adapula sumpit dan bamboo mat yang digunakan untuk menggulung sushi. Dikejauhan terlihat gunung fuji dengan puncak saljunya. Kental sekali nuansa Jepangnya di gambar ini.

2) Super Ramen Bot

Vincent Trinidad - Super Ramen Bot

Robot adalah sesuatu yang identik dengan Jepang. Robot dianggap sebagai penyelemat manusia. Sudah banyak superhero di Jepang yang menggunakan robot sebagai alat bantunya. Salah satu contohnya adalah Gundam. Dalam karya yang ini, Vincent Trinidad menggambarkan seorang robot yang sedang makan ramen. Tidak lupa background berwarna kuning dan lampu lampion merah ada di gambar ini.

3) Neko Sushi Bar

Vincent Trinidad - Neko Sushi Bar

Meong meong, siapa disini yang suka dengan kucing? Salah satu hewan lucu yang tingkah lakunya suka ada-ada saja. Vincent Trinidad dalam karyanya yang ini menjadikan kucing sebagai Itamae atau seorang pembuat sushi. Lengkap dengan ikat kepalanya dan pakaian khas ala Jepang. Untuk sushi yang disajikan ada sashimi dan makizushi. Warna background solid hitam terkesan cukup dark untuk sebuah art print.

4) Tako Ramen

Vincent Trinidad - Tako Ramen

Pernah melihat gurita yang sedang bersantai diatas ramen? Cuma ada dikaryanya Vincent Trinidad dong. Dengan background berwarna hitam solid, dia menggambarkan seekor gurita yang sedang memegang sumpit bersantai di atas ramen. Ramen tersebut disajikan didalam mangkuk dengan topping lengkap seperti telur, udon soba, nori, dan char siu.

5) The Great Kanagawa Tea

Vincent Trinidad - The Great Kanagawa Tea

Setelah makan-makan ramen dan sushi, tidak lupa minumnya dong biar nggak seret. Teh Jepang atau biasanya kita sebut ocha adalah salah satu minuman khas asal Jepang bisa kita temukan di restoran Jepang. Vincent Trinidad menggunakan ombak besar “The Great Kanagawa” di dalam karyanya ini. Ombak besar itu seakan-akan ada di dalam cangkir teh. Tidak lupa desain cangkir ala Jepang dengan gunung fujinya.

Itulah 5 karya dari Vincent Trinidad yang mengangkat topik mengenai masakan Jepang. Masih banyak karya-karya dari Vincent Trinidad yang terinspirasi dari budaya Jepang. Faktor ini lah yang menyebabkan disemua karya dari Vincent Trinidad kental dengan budaya Jepang. Salah satu quotes dari Vincent Trinidad yang bisa menginspirasi kita dalam berkarya adalah:

“I just make what really inspires me the most and what I love to do. Creating art needs a lot of of intense focus and determination because it is really time consuming. You need to love the subjects that you are making to be sane.” – Vincent Trinidad (www.vincenttrinidadart.com)

Sekian artikel mengenai kuliner Jepang yang dibuat dalam sebuah karya art print. Menurut kalian, masakan Jepang apa yang paling enak menurut versi kalian? Komen jawaban kamu ya. See you on the next blog, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *