LUKISAN MONA LISA DILEMPAR KUE? INILAH SEJARAH & FAKTA DARI LUKISAN MONA LISA!

LUKISAN MONA LISA DILEMPAR KUE? INILAH SEJARAH & FAKTA DARI LUKISAN MONA LISA!
Lukisan Monalisa dilempar Kue
Sumber: @klevisl007 via Reuters

Pada tanggal 29 Mei 2022 lukisan Mona Lisa yang terletak di Museum Louvre, Paris, Perancis dilempari kue oleh pengunjung yang berpura-pura sebagai nenek tua. Namun pada akhirnya pelaku diamankan petugas dan ditindaklanjuti untuk dimintai keterangan terkait motif yang telah dilakukan kepada lukisan Mona Lisa tersebut. Kabar baiknya, noda kue tidak mengenai lukisan Mona Lisa secara langsung, karena lukisan Mona Lisa dilindungi oleh kaca yang cukup tebal sehingga mudah juga untuk dibersihkan. Begitu banyak amarah pengunjung yang ditimbulkan karena perbuatan pelaku tersebut. Namun apa sih yang membuat karya masterpiece dari Leonardo da Vinci ini begitu populer di seluruh dunia?

Berikut penjelasan mengenai sejarah serta fakta-fakta mengenai lukisan Mona Lisa!

lukisan monalisa
Da Vinci Mona Lisa by Old Masters

Lukisan Mona Lisa adalah lukisan yang dilukis oleh Leonardo da Vinci di Florence pada sekitar tahun 1503 – 1504. Kala itu, Leonardo da Vinci ingin membuat sebuah lukisan seorang wanita yang menggambarkan sosok yang mirip dengan karakter Bunda Maria yang memiliki kepribadian rendah hati dan berparas feminin. Untuk mendapatkan gambaran tersebut Leonardo da Vinci mendatangi seorang model bernama Lisa del Giocondo yang merupakan seorang bangsawan Italia untuk dimintai berpose sesuai yang beliau inginkan. Adapun kata Mona itu sendiri adalah panggilan mesra kepada seorang perempuan yang disayangi.

Lukisan yang dibuat menggunakan cat minyak ini bertujuan untuk membuat visual lukisan tubuh wanita terlihat lebih nyata. Sehingga membuat hasil dari lukisan ini begitu mempesona. Leonardo da Vinci juga dikenal sebagai maestro yang sangat handal menciptakan karya-karya masterpiece, salah satunya Lukisan Mona Lisa yang dibuat menggunakan teknik melukis yang sulit untuk dilakukan yaitu gradasi warna yang bertujuan menciptakan efek tiga dimensi pada lukisannya, seolah-olah seperti seorang wanita yang hidup di dalamnya. Hal tersebut mendatangkan begitu banyak kekaguman sehingga disebut sebagai saksi bisu kehebatan manusia di zaman renaissance.

Adapun fakta-takta lukisan Mona Lisa, diantaranya:

  1. Lukisan Mona Lisa Pernah Dicuri, Vincenzo Peruggia adalah orang yang pernah mencuri lukisan Mona Lisa pada tanggal 21 Agustus 1911. Mantan karyawan Museum Louvre tersebut mencuri lukisan Mona Lisa dan menyembunyikannya di basement apartemennya. Namun setelah dua tahun polisi menangkapnya pada saat proses transaksi penjualan dengan art dealer di Florence.
  2. Lukisan Mona Lisa Pernah Dilempari Cangkir, Pada tahun 2009 lukisan Mona Lisa juga pernah dirusak oleh perempuan asal Rusia dengan cara dilempari cangkir teh. Adapun motif pelaku tersebut didasari oleh rasa kesalnya kepada pemerintah setempat dikarenakan pengajuan kewarganegaraan Prancisnya ditolak.
  3. Lukisan yang Memecahkan Rekor Dunia, Lukisan Monalisa pernah mendapatkan rekor Dunia dikarenakan nilai asuransinya begitu fantastis untuk sebuah lukisan yaitu sekitar 100 juta USD pada saat 1960-an atau setara dengan 870 juta USD untuk saat ini.

 

Lukisan Mona Lisa
Da Vinci Mona Lisa by Old Masters

Demikianlah sejarah dan fakta-fakta mengenai lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, lukisan yang membuat banyak pasang mata jatuh hati dengan keindahan dan keautentikannya. Decak kagum begitu memuncak untuk sang maestro yang telah menciptakan lukisan terbaiknya sehingga membuat banyak sekali orang yang ingin memilikinya. But, Don’t Worry! New Collection dari ARTI menghadirkan karya dari Old Masters yaitu Art Da Vinci Mona Lisa by Old Masters yang bisa kamu beli dengan menyesuaikan ukuran dan tipe jenis bahan dan bingkai lukisan. Miliki Segera! Klik disini untuk membeli.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *