Mengenal Seni Kaligrafi Islam dan Beberapa Karya Kaligrafi di Arti

Mengenal Seni Kaligrafi Islam dan Beberapa Karya Kaligrafi di Arti

 

Sering sekali kita melihat tulisan Arab yang memiliki gaya tersendiri sehingga tulisan itu menjadi lebih cantik dan enak dipandang. Seni dalam menulis Arab ini biasa disebut dengan kaligrafi Arab. Seni kaligrafi Arab lebih terkenal di Indonesia dibandingkan dengan seni kaligrafi lainnya. Hal ini disebabkan karena perkembangan Islam di Indonesia yang sudah ada sejak zaman kerajaan Islam di Indonesia. Seni kaligrafi merupakan salah satu cara bagaimana Islam diperkenalkan di Indonesia yang dibawa oleh pedagang-pedangan dari Timur Tengah.

Kaligrafi sendiri berasal dari bahasa latin yang terdiri dari Kalios (calios) yang artinya indah dan graf (graph) yang berarti gambar atau tulisan. Jadi kaligrafi adalah tulisan atau gambar yang indah. Kaligrafi di Islam merupakan salah satu seni rupa yang dihormati karena merupakan alat untuk melestarikan Al-Quran. Di Indonesia sendiri sejak abad ke-12, seniman di Indonesia membuat kaligrafi dengan cara dipahat dengan berbagai gaya dan ciri khas. Inilah yang menjadikan seni kaligrafi Arab di Indonesia berkembang pesat.

Beberapa fungsi kaligrafi Islam adalah:

  • Media ibadah dan dakwah
  • Media komunikasi
  • Sarana penyaluran kreativitas seni
  • Sebagai sarana penghias

Beberapa seniman di ARTI juga membuat karya dengan menggunakan seni kaligrafi Islam. Ada 2 seniman kami yang menggunakan seni kaligrafi dibeberapa karyanya, Simply Adore dan Jaccal Art Stories. Berikut ini beberapa karyanya:

Simply Adore – Blue Dzikir

Simply Adore - Blue Dzikir

Kalimat dzikir adalah salah satu kalimat yang sering kita lafadzkan setelah melakukan ibadah sholat 5 waktu. Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahuakbar adalah ketiga kalimat dzikir yang pasti kita ucapkan. Simply Adore membuat ketiga kalimat ini menjadi sebuah kaligrafi indah yang dimasukan ke dalam lingkaran berwarna biru.

Jaccal Art Stories – Abstract Ayat Kursi

Jaccal Art Stories - Abstract Ayat Kursi

Salah satu ayat Al-Qurat yang sering dijadikan kaligrafi adalah ayat kursi. Beberapa keutamaan dari kita membaca Ayat Kursi adalah dibukakannya pintu rezeki, dimudahkan segala urusan, dan mendapatkan perlindungan Allah. Jaccal Art Stories membuat kaligrafi ayat kursi dalam bentuk abstract art dengan warna coklat sebagai warna yang dominan.

Simply Adore – Shahadah Shapes

Simply Adore - Shahadah Shapes

Kalimat shahadah atau syahadat adalah sebuah pernyataan setiap umat muslim yang meyakinkan bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Kalimat ini dibuat oleh Simply Adore dalam bentuk kaligrafi yang berlatarkan objek abstrak dan garis berwarna kuning. Tema karya ini abstrak dengan warna hijau yang sangat dominan.

Jaccal Art Stories – Al Ikhlas Gold

Jaccal Art Stories - Al Ikhlas Gold

Al-Ikhlas adalah salah satu surat pendek di Al-Quran yang memiliki manfaat luar biasa ketika membacanya. Beberapa manfaat ketika membaca surat Al-Ikhlas: setara seperti sepertiga Al-Quran, membuka pintu surga, doa akan dijabah, dan dijaga oleh malaikat. Jaccal Art Stories disini membuat kaligrafinya dengan bentuk lingkaran dengan warna dominan emas. Simpel tapi tetap artistik.

Simply Adore – Kufi Bismillah

Simply Adore - Kufi Bismillah

Kufi adalah bentuk kaligrafi tertua dari berbagai aksara Arab. Ciri khas dari kaligrafi kufi adalah bentuk-bentuk yang tegak dan runcing pada ujung-ujungnya. Simply Adore membuat kalimat Bismillah dalam bentuk kaligrafi kufi yang berwarna emas. Kalau kita lihat dari jauh seperti ada 4 persegi panjang yang disusun dengan indah.

Jaccal Art Stories – Tauhid Blue Abstract

Jaccal Art Stories - Tauhid Blue Abstract

Kalimat tauhid yang dibuat oleh Jaccal Art Stories ini menggabungkan antara kaligrafi dengan objek abstrak yang ada di belakangnya. Warna kaligrafinya sendiri adalah biru muda dengan warna latar belakang abu-abu dan biru tua bercampur hitam.

Itu dia beberapa karya kaligrafi Islam yang ada di ARTI dari 2 seniman kami, Simply Adore dan Jaccal Art Stories. Masih banyak lagi karya-karya kaligrafi Islam dan yang bertemakan Islami di ARTI. Yuk cek di website ARTI www.arti.id . Atau kalau kamu mau konsultasi seputar lukisan dan ruangan bisa Whatsapp ke nomor 0811-1177-333 atau 0811-1010-037.

Follow juga Instagram kami @arti.id.art dan Youtube Arti TV. Sampai jumpa diartikel-artikel menarik lainnya. See you, bye!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *