Seandainya Ku Tinggal di Luar Angkasa

Seandainya Ku Tinggal di Luar Angkasa

Seandainya Ku Tinggal di Luar Angkasa

Pernah denger berita tentang rencana pendaratan manusia di planet mars? Ya, ini adalah rencana besar dari Elon Musk, CEO dari Tesla, sebuah perusahaan mobil bermesin listrik. Elon Musk mendirikan SpaceX pada tanggal 6 Mei 2002, sebuah perusahaan transportasi luar angkasa swasta.

Misi awal Musk adalah membawa turis untuk keluar angkasa dan mengorbit mengelilingi bumi lalu kembali. Rencana ini diperkirakan akan terealisasi akhir 2021. Sedangkan rencana besar Musk adalah meluncurkan pesawat ruang angkasa yang disebut Starship dan membawa awak manusia untuk membangun koloni di mars. FYI ya, jarak terdekat bumi dengan mars yang tercatat pada tahun 2003 adalah 56 juta km. Sedangkan rata-rata jarak bumi dengan mars sekitar 200 juta km Butuh waktu kurang lebih 6 bulan untuk sampai di planet merah, dengan kecepatan 40.000 km per jam.

Kita tidak perlu sampai berandai-andai hidup di mars untuk saat ini. Yang dekat saja dulu bulan, gimana sih bayangannya seandainya manusia sudah bisa tinggal di luar angkasa? Nah, beberapa karya di Arti sudah menggambarkan gimana keadaan seandainya kita bisa tinggal di luar angkasa, berikut karyanya:

1. Frank Moth – Saudade

Frank Moth - Saudade

Kita bisa naik gunung atau tebing di planet lain dan melihat indahnya angkasa dengan mata telanjang. Ini mungkin yang ingin diperlihatkan oleh Frank Moth. Karyanya yang cukup unik dengan memperlihatkan seseorang yang sedang berdiri diatas tebing dengan menggunakan jaket merah. Dengan latar belakang angkasa dan planet, ini mungkin yang terjadi bila manusia sudah bisa tinggal selain di planet bumi.

2. Buko2 – Space Trip

Buko2 - Space Trip

Buko2 mungkin ingin menggambarkan bagaimana manusia ketika sudah bisa melakukan perjalanan keluar angkasa dengan mudah. Ibaratnya, ke bulan tinggal naik jembatan saja sudah nyampai. Di dalam karyanya, Buko2 menggambarkan seseorang yang sedang berjalan menyebrangi jembatan ke arah bulan.

3. Frank Moth – We Used To Live There

Frank Moth - We Used To Live There

Nikmat mana lagi yang kau dustakan ketika bisa duduk berduaan dengan latar pemandangan bumi. Frank Moth mengilustrasikan di dalam karyanya ketika manusia sudah bisa dengan bebas travelling ke bulan. Duduk berdua di atas kursi kayu dengan pemandangan planet bumi. Kebalikan sekali dengan kondisi saat ini ya. Romantis ketika duduk berduaan di bawah sinar bulan.

4. Buko2 – Guiding Light

Buko2 - Guiding Light

Nah, untuk yang ini biasanya merupakan salah satu spot foto di Bali yaitu Pura Lempuyang. Banyak turis yang datang kesini untuk foto karena hasilnya seakan-akan kita foto diatas air. Tapi Buko2 melihat sisi lain, dia membayangkan seandainya ada Pura Lempuyang di bulan, maka hasil fotonya akan memperlihatkan background bumi dengan bulan yang terbelah-belah.

5. Frank Moth – We Have Been Promised Eternity

Frank Moth - We Have Been Promised Eternity

Tur mengeliingi bumi adalah salah satu impian terdekat dari Elon Musk. Karya dari Frank Moth sedikit menggambarkan, apa yang yang akan terjadi ketika manusia sudah bisa mengadakan tur mengelilingi bumi. Yang pasti harganya tidak akan murah ya.

6. Irie Wata – Exotica

Irie Wata - Exotica

Kalau yang ini, adalah gambaran penginapan yang akan berdiri di bulan. Irie Wata menggambarkan kondisi penginapan di bulan dengan background bumi. Ketika manusia sudah bisa mengadakan tur ke bulan, maka akan banyak pengusaha yang melihat ini sebagai peluang bisnis untuk membuka tempat penginapan. Ngebayangin ga sih kita menginap di bulan dan berenang di hotel dengan pemandangan bumi.

Ya, untuk sekarang kita bisa berandai-andai saja dulu. Siapa tahu kan 5 tahun atau 10 tahun lagi semua yang diimpikan oleh Elon Musk tercapai dan masyarakat di bumi bisa keluar angkasa melihat betapa indahnya bumi dari luar angkasa. Walaupun harganya nggak mungkin murah ya.

Sekian untuk artikel blog di Arti, nantikan artikel-artikel menarik lainnya. Sampai Jumpa ? ?‍♂️

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *