Tips Dekorasi Ruangan Rumah Berdasarkan Psikologi Warna

Tips Dekorasi Ruangan Rumah Berdasarkan Psikologi Warna

Mendekorasi setiap ruangan rumah memang memiliki banyak indikator yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah memilih tema warna ruangan yang selaras agar dapat menampilkan suasana ruangan yang nyaman dan berkarakter. Dalam menentukan pilihan warna yang sesuai dengan ruangan-ruangan di rumahmu, kamu dapat memilih dengan metode pemilihan warna berdasarkan psikologi warna. “Gimana caranya tuh?” Penasaran kan? Simak sampai habis yah!

Tips Memilih Tema Warna Untuk Setiap Ruangan Rumah Berdasarkan Psikologi Warna

  1. Foyer
Wall Art by ARTI

Foyer atau yang biasa disebut Lobby adalah ruang teras di dekat pintu masuk bangunan yang biasanya dilengkapi dengan berbagai perangkat meja dan kursi, yang berfungsi sebagai ruang duduk atau ruang tunggu. Foyer merupakan ruangan yang pertama kali dilihat oleh orang lain atau bisa disebut juga dengan istilah “welcome-room”. Maka dari itu pilihlah warna-warna cerah seperti krem, biru muda, pink, kuning, dll. Sehingga foyer tersebut akan memberikan suasana yang ceria dan positif saat menyambut tamu datang.

  1. Kamar Tidur
Wall Art by ARTI

Kamar tidur merupakan ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah, oleh karena itu kamar tidur selalu menjadi fokus pertama agar menghasilkan ruang yang nyaman untuk beristirahat dari kepenatan sehari-hari. Pilihlah warna-warna yang menenangkan, contohnya warna biru. Menurut psikologi, qarna biru menunjukkan kepribadian yang santai, tenang, dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Suasana tenang dan nyaman tentunya akan membuat lebih nyenyak saat tidur, sehingga ada perasaan nyaman dan ceria saat bangun pagi.

  1. Ruang Makan
Wall Art by ARTI

Ruang makan didekorasi dengan tujuan agar nafsu makan tetep terjaga. Warna hijau dapat memberikan nuansa natural, sehingga terasa segar dan bersemangat. Maka dari itu pilihlah warna-warna menenangkan agar saat menyantap makanan suasana menjadi segar dan nyaman sehingga menghasilkan nafsu makan yang baik.

 

  1. Ruang Tamu
Wall Art by ARTI

Salah satu warna yang cocok untuk ruang tamu adalah warna coklat muda atau cream. Warna cream menggambarkan kehangatan sehingga akan menciptakan kebersamaan di ruang tamu yang lebih berkualitas.

Kamar Mandi

Wall Art by ARTI

Kamar mandi sebaiknya didekorasi dengan warna-warna ‘clean’ agar tercipta suasana fresh, bersih dan higienis. Oleh karena itu, kamu dapat memiliki dekorasi dengan dominasi warna putih untuk kamar mandi.

  1. Dapur
Wall Art by ARTI

Terakhir, untuk dapur kamu dapat memilih warna gelap seperti hitam atau abu-abu tua. Warna gelap akan menampilkan nuansa daour yang lebih tegas.

Demikianlah tips yang dapat kamu jadikan referensi dalam mendekorasi ruangan yang ada di rumah kamu. Menarik bukan? Untuk lebih mempercantik ruanganmu, kamu juga bisa menaruh lukisan-lukisan yang sesuai dengan tema interiormu. Di arti.id ada 2500+ lukisan dari seniman lokal dan internasional yang bisa kamu pilih. Kualitasnya dijamin premium lhoo. Yuk check sekarang di arti.id

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *