#GreenArt: Alam yang Menyejukkan dan Adem Dimata

#GreenArt: Alam yang Menyejukkan dan Adem Dimata

#GreenArt: Alam yang Menyejukkan dan Adem Dimata

Hijau, warna yang sangat identik dengan alam karena berhubungan dengan pepohonan dan dedaunan. Hijau juga termasuk warna yang sejuk untuk dipandang karena dimaknai dengan warna rileks. Setelah kita membahas filosofi warna merah dan biru, sekarang kita akan membahas warna hijau. Hijau sendiri termasuk ke dalam golongan warna sekunder, karena merupakan percampuran antara warna kuning dan warna biru.

Selain dihubungkan dengan alam dan lingkungan, warna hijau juga merujuk kepada keuangan dan kekayaan. Alam dan keuangan mewakili esensi kehidupan yang saling berkesinambungan.  Kehidupan yang terus bertumbuh melahirkan kesejahteraan, kekayaan, dan stabilitas. Warna hijau juga bisa menggambarkan karakteristik seseorang seperti:

  • Mencintai nuansa alam terbuka dan alami.
  • Memiliki sikap tenang dan penuh kasih sayang.
  • Memiliki kepedulian terhadap sesama.
  • Berhati-hati dalam melakukan tindakan.
  • Mudah cemburu.

Dalam karya seni, warna hijau memiliki makna tenang, sejuk, semangat, dan harapan. Berikut ini beberapa karya di Arti yang menggunakan warna hijau:

1) Nur – Mut – Craving Bananas 2

Nur - Mut - Craving Bananas 2

Hijau yang identik dengan alam, tertuang jelas di dalam karya dari Nur Mut ini. Dia menggunakan daun pisang menjadi objek utama di dalam karyanya ini. Daun pisang ini terlihat sangat dekat sekali mengasosiasikan kedekatan si penikmat seni ini dengan alam.

2) Daniel Coulmann – Football

Daniel Coulmann - Football

Cukup simpel karya dari Daniel Coulmann yang menggambarkan objek bola di atas garis lapangan. Secara detail bola memiliki bayangan yang melewati garis lapangan, sedangkan bolanya itu sendiri tidak melewati garis lapangan. Unsur warna hijau ada di lapangan sepak bola yang menggunakan rumput berwarna hijau.

3) Jonas Loose – Chamelephone

Jonas Loose - CHAMELEPHONE

Bunglon atau bahasa Inggrisnya Chameleon memiliki kelebihan dalam beradaptasi dengan lingkungan. Mereka bisa merubah warna tubuhnya sesuai dengan warna objek disekitarnya. Jonas Loose dalam karyanya ini mengambil warna hijau menjadi warna yang paling mendominasi. Selain bunglon, adapula objek lain yaitu telepon.

4) Jonas Loose – T-Rex Bike

Jonas Loose - T-Rex Bike

Karya selanjutnya dari Jonas Loose yang ini cukup unik. Dia menggunakan T-Rex dan sepeda menjadi objek utama. T-Rex berwarna hijau terlihat riang dan sedang menggowes sepedanya. Warna hijau tosca menjadi warna background di karya ini dan sedikit sentuhan warna merah di body dari sepeda.

5) Agrahovsky – Pau at The Beach

Agrahovsky - Pau at The Beach

Karya dari Agrahovsky menggunakan perempuan menjadi objek utamanya. Perempuan yang menggunakan kacamata hitam ini sedang bersantai meniupkan permen karetnya menjadi sebuah balon. Perempuan ini mengenakan bikin berwarna hitam dan kemeja putih yang kebesaran. Warna hijau di pintu kayu menjadi background di karyanya ini.

6) Irie Wata – Diveintothepast

Irie Wata - Diveintothepast

Irie Wata merupakan salah satu artis di Arti yang mengeluarkan karya-karyanya out of the box. Karyanya yang satu ini menggambarkan kolam renang umum yang ditempatkan di tengah hutan. Unikanya air dari kolam renang ini tembus ke dalam hutan dan kita bisa melihat bahwa ada seorang lelaki dan perempuan berdiri di tengah hutan. Unsur hijau dari hutan cukup mendominasi di dalam karya ini, walaupun ada elemen warna merah, coklat, dan biru muda di kolam renang.

Itulah beberapa karya di Arti yang menggunakan tema berwarna hijau. Masih banyak lagi artis-artis di Arti yang menggunakan tema warna hijau dan kamu bisa cek di sini. Nantikan artikel di blog Arti yang membahas tentang tema warna. See you! 😁

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *